Penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Sukmawati Sukmawati Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Dwi Risky Arifanti IAIN Palopo
  • Fitriani A Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2856

Keywords:

Time Token, Cooperatif Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: Mendeskripsikan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran dengan mengunakan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning dikategorikan rendah dan hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning dikategorikan tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bua Ponrang setelah penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperatif Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya. Bandung.

Handini, T. 2008. Upaya Meningkatkan Pemahaman Matematik Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Siklus Belajar Learning Cycle. Skripsi tidak diterbitkan. UPI. Bandung.

Ibrahim, Muslim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Muflihah. 2010. Penggunaan Media Flash Card dalam Pembelajaran Kata Kerja Bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa MAN I Malang. http://karya ilmiah. um. ac.id/index. php/sastra jerman/article/view/351Pendidikan Jurnal Penelitian dan Pendidikan.

Sanjaya,Wina. 2011. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Slavin E. Robert. 2007. Cooperatif Learning: Riset dan Praktik. Nusa Media. Bandung.

Suherman, E. 2009. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare; Jurnal Pendidikan dan Budaya. ISSN 1412-579x.

Tiro, Muhammad Arif. 2010. Dasar-dasar Statistika. Andira Publisher. Makassar.

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Sukmawati, S., Arifanti, D. R., & A, F. (2023). Penerapan Pendekatan Time Token Berbasis Cooperative Learning Pada Pembelajaran Matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 268–277. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2856