Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA

Authors

  • Nurfadillah Universitas Muhammadiyah Bone
  • Sirwanti Universitas Muhammadiyah Bone
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3387

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Masalah Open Ended, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep soswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah Open Ended pada siswa kelas X KM 5 SMA Negeri 13 Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR), dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan pembelajaran dan 1 pertemuan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal kemampuan pemahaman konsep, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas siswa dan aktivitas guru) dan angket respons siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KM 5 sebanyak 36 orang. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah Open Ended pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 13 Bone. Hal ini terlihat dari dari peningkatan skor hasil tes dari siklus I sebesar 76,41 menjadi 89,83 pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Untuk persentase aktivitas siswa sebesar 76,71 pada siklus I meningkat menjadi 80,67 pada siklus II berada pada kategori baik sekali. Selain itu, persentase rata-rata respons siswa dari siklus I sebesar 79,66 menjadi 86,63 pada siklus II pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah Open Ended pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa di SMA Negeri 13 Bone.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, W., Selaras, G. H., & Yogica, R. (2019). The Identification of Levels of Concept Understanding Using Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test Identifikasi Tingkat Pemahaman Konsep Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test. Atrium Pendidikan Biologi, 1(1), 1–8.

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Researcgate, 2, 1–7.

Arcat. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Write-Pair-Squar Terhadap Kemampuan Pemahaman. Supremum Journal of Mathematics Education (SJME), 1(1), 1–6.

Bil, A., & Marpaung, Q. (2020). Peranan Penting Problem Solving dan kemampuan Visual Thinking Terhadap Peranan Penting Problem Solving dan kemampuan Visual Thinking Terhadap Perkembangan Proses pembelajaran Matematika Siswa. May, 10.

Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan. 1(1).

Kurniati, R., & Astuti, M. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.19109/jip.v2i1.1062

Downloads

Published

2024-02-11

How to Cite

Nurfadillah, Sirwanti, & Aisyah Nursyam. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 235–250. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3387