Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Authors

  • Nana Selfiana Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Trisnowali MS Universitas Muhammadiyah Bone
  • Aisyah Nursyam Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Tenri Padawali Surya Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3531

Keywords:

Problem Solving, Higher Order Thinking Skill, Polya Steps

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI SMA Negeri 28 Bone dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Data yang diolah merupakan hasil wawancara dengan Siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill atau HOTS) 1 (satu) orang, Siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat sedang (Medium Order Thinking Skill atau MOTS) 1 (satu) orang, Siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah (Low Order Thinking Skill atau HOTS) 1 (satu) orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Tes Kemampuan Pemecahan Masalah dan Wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada materi barisan dan deret aritmetika di SMA Negeri 28 Bone kelas XI. Berdasarkan hasil tes dan wawancara subjek yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi dapat menyelesaikan empat dari empat indikator kemampuan pemecahan masalah, subjek dengan kemampuan berpikir tingkat sedang dapat menyelesaikan dua dari tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, dan subjek yang memiliki kemampuan berpikir tingkat rendah hanya dapat menyelesaikan satu dari tiga indikator pemecahan masalah, artinya semakin tinggi tingkat kemampuan berpikir yang dimiliki oleh siswa maka semakin baik pula tingkat kemampuan pemecahan yang dimiliki oleh siswa tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik , Sumber Dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Febriliyani, A., & Ratu, N. (2018). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmatika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 180–189. https://doi.org/10.33654/math.v4i3.111

Fikriani, T., & Nurva, M. S. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa smp kelas IX dalam menyelesaikan soal matematika tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 252–266. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6132

Latifah, T., Afriansyah, E. A., Barat, J., & Barat, J. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. 3(2), 134–150.

Lestari, I., & Andinny, Y. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 297–304.

Mariam, S., Nurmala, N., Nurdianti, D., Rustyani, N., Desi, A., & Hidayat, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 178–186. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94

Pradani, S. L., & Nafi’an, M. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) 1 dan Shimawaty Lutvy Pradani Muhammad Ilman Nafi ’ an. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif, 10(2), 112–118.

Rahayuningsih, S., & Jayanti, R. (2019). High Order Thinking Skills (HOTS) Students In Solving Group Problem Based Gender. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 243–250. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4872

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. 2, 335–344.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Yudi Marihot, Sapta Sari, dan A. E. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA): Vol. Vol. 1 (Issue March).

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Nana Selfiana, Andi Trisnowali MS, Aisyah Nursyam, & Andi Tenri Padawali Surya. (2024). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 323–331. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3531