Pengaruh Model Pembelajaran Read, Observe, Auditory And Recite (ROAR) terhadap Kemampuan Tingkat Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Sri Afriwanda Saputri Universitas Muhammadiyah Bone
  • Naimah Paronda Universitas Muhammadiyah Bone
  • Andi Trisnowali MS Universitas Muhammadiyah Bone

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3410

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Read, Observe, Auditory and Recite (ROAR)

Abstract

Masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  rendahnya  Kemampuan Tingkat Pemecahan Masalah Matematis peserta  didik  kelas XI TO di SMK Negeri 4 Bone  pada  mata  pelajaran  Matematika.   Berdasarkan uji Wilcoxon Signed Ranks memperlihatkan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari taraf signifikan 5% (0,000 < 0,05). Sehingga H0 ditolak yang artinya ada pengaruh penerapan model penerapan model pembelajaran Read, Observe, Auditory and Recite (ROAR) terhadap tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.   Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Read, Observe, Auditory and Recite (ROAR) terhadap kemampuan tingkat pemecahan masalah matematis siswa kelas XI TO SMK Negeri 4 Bone. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TO SMK Negeri 4 Bone. Sampel diambil satu kelas sebanyak 20 peserta didik secara  random.  Pengumpulan  data  menggunakan  tes, angket dan dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah Wilcoxon Signed Ranks. rata-rata skor pretest dan posttest siswa masing-masing sebesar 30,00 dan 57,05 di mana skor rata-rata skor posttest lebih dari pretest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar, A. P. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran online dalam sebaran covid 19. Seminar Nasional Online Pengabdian Masyarakat. Jakarta, LP3I Politeknik.

Blackburn, G. (2015). Effectiveness of eLearning in statistics: Pictures and stories. E-Learning and Digital Media, 12(5–6), 459–480.

Chan, S. W. dan Ismail, Z. (2014). Developing Statistical Reasoning assessment Instrument for High School Students in Descriptive Statistics.5th World Conference on Educational Sciences - WCES 2013. Procedia - Social and Behavioral Sciences 116. 4338 – 4344.

Chan, S. W., Ismail, Z., dan Sumintono, B. (2016). Assessing Statistical Reasoning In Descriptive Statistics: A Qualitative Meta-Analysis. Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering),v.78,n.6–5,p.29–35.

Clark, R.C., & Mayer, R. E. (2003). E-Learning and the Science of Instruction. Market Street, San Fransisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Downloads

Published

2024-02-04

How to Cite

Saputri, S. A., Naimah Paronda, & Andi Trisnowali MS. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Read, Observe, Auditory And Recite (ROAR) terhadap Kemampuan Tingkat Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 197–204. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.3410