Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101Keywords:
PBL, Diferensiasi, KognitifAbstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 6 Semarang. Metode penelitian Pendekatan Tindak Kelas dan pengumpulan data dilakukan dengan postest pada akhir pembelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, dan setiap siklus dilakukan sesuia tahapan PTK uakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Permasalahan dari hasil pengamatan dan wawancara dengan guru pamong yakni kurangnya minat belajar matematika ditandai dengan pencapaian peserta didik yang mencapai nilai KKM masih sedikit. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran PBL atau Problem Based Learning. Data dikulmpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan teknik presentase batasan 85% mencapai KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus 1 dengan presentase rata-rata nilai tes akhir yang diberikan sebesar 80,6% dan pada siklus 2 rata-rata nilai akhir meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian tindak kelas di SMK Negeri 6 Semarang pada kelas X Perhotelan 4 dengan pembelajaran berdiferesnsiasi memberikan hasil adanya peningkatan hasil belajar dengan pendekatan Problem Based Learning.Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Lagarusu, A., Odja, A. H., & Payu, C. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fisika Di Sma Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 317-324.
Manggalastawa, M., Suhirno, S., & Rahmawati, S. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JURNAL ANALISIS ILMU PENDIDIKAN DASAR, 4(2), 65-71.
Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Denpasar: Universitas Udayana.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567-578.
Sa'adah, N., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today, 2(2), 67-78.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode.
Wardhani, IGAK., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Lagarusu, A., Odja, A. H., & Payu, C. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fisika Di Sma Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 317-324.
Manggalastawa, M., Suhirno, S., & Rahmawati, S. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JURNAL ANALISIS ILMU PENDIDIKAN DASAR, 4(2), 65-71.
Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Denpasar: Universitas Udayana.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567-578.
Sa'adah, N., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today, 2(2), 67-78.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode.
Wardhani, IGAK., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
2024-07-03
How to Cite
Anggit Nur Fikriani, Siska Pramasdyahsari, A., Sumarti, & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436–442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.