Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101

Keywords:

PBL, Diferensiasi, Kognitif

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 6 Semarang. Metode penelitian Pendekatan Tindak Kelas dan pengumpulan data dilakukan dengan postest pada akhir pembelajaran. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus, dan setiap siklus dilakukan sesuia tahapan PTK uakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Permasalahan dari hasil pengamatan dan wawancara dengan guru pamong yakni kurangnya minat belajar matematika ditandai dengan pencapaian peserta didik yang mencapai nilai KKM masih sedikit. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berusaha meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik melalui model pembelajaran PBL atau Problem Based Learning. Data dikulmpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan teknik presentase batasan 85% mencapai KKM yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu pada siklus 1 dengan presentase rata-rata nilai tes akhir yang diberikan sebesar 80,6% dan pada siklus 2 rata-rata nilai akhir meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang didapat dari penelitian tindak kelas di SMK Negeri 6 Semarang pada kelas X Perhotelan 4 dengan pembelajaran berdiferesnsiasi memberikan hasil adanya peningkatan hasil belajar dengan pendekatan Problem Based Learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Lagarusu, A., Odja, A. H., & Payu, C. S. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Menggunakan Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fisika Di Sma Negeri 6 Gorontalo Utara. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 13(2), 317-324.
Manggalastawa, M., Suhirno, S., & Rahmawati, S. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS V SD MATA PELAJARAN MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. JURNAL ANALISIS ILMU PENDIDIKAN DASAR, 4(2), 65-71.
Nilakusmawati, D. P. E., Sari, K., & Puspawati, N. M. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Denpasar: Universitas Udayana.
Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru dan Kompetensi Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Rahayu, R. M., & Bernard, M. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Melalui Pendekatan Problem-Based Learning. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 567-578.
Sa'adah, N., Batulieu, M. Y. P., & Arifah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Berdiferensiasi Berbantuan PhET Simulations. Lontar Physics Today, 2(2), 67-78.
Setyo, A. A., Fathurahman, M., & Z., A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makasar: Yayasan Barcode.
Wardhani, IGAK., dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-07-03

How to Cite

Anggit Nur Fikriani, Siska Pramasdyahsari, A., Sumarti, & Purwati, H. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Materi Statistik Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dengan Model Pembelajaran PBL. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 436–442. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4101