Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran PKN SD

Authors

  • Baiq Widiarti Asnita Universitas Hamzanwadi
  • Arif Rahman Hakim Universitas Hamzanwadi
  • Husnul Mukti Universitas Hamzanwadi
  • Muchamad Triyanto Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6883

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pembelajaran PKN, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Only Control Group Design Pre-test-Poss-test. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 2 Pancor berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi dan Tes. Berdasarkan hasil  analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 terdapat uji normalitas sebesar 0,376>0.05, uji homogenitas sebesar 0,506>0,05 dan uji hipotesis sebesar 0,334>0,05, maka dapat dikatakan bahwa HO diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil rata-rata penelitian pre-test kelas eksperimen sebesar 58,25 dan rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 64,65. Sedangkan hasil rata-rata poss-test kelas eksperimen sebesar 81,1 dan hasil rata-rata poss-test kelas kontrol sebesar 77,35. Berdasarkan data tersebut, maka penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The relevance of the Project-Based Learning (PjBL) learning model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363

Angreini, W., Purnomo, T., & Farikhah. (2024). Integrasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i1.13933

Azizah, L. N., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh Project Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto. Intelektualitas: Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2551

Destari, A., Heldayani, E., & Asiyah, S. (2022). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi. Wahana Didaktika, 20(2), 234–244. https://doi.org/10.5281/zenodo.6571234

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Khoerudin, C. M., Alawiyah, T., & Sukarliana, L. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui teknik divergent thinking dan mind mapping dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 27. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.43785

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160.

Masniladevi, N. M. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar FBB dan KPK di kelas IV SDN Gugus 5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2502–2507.

Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156

Nahak, R. L., & Lawa, S. T. N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdi Barai 2. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 62-69. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1008

Pinem, I., Agustina, D., Girsang, S. V., Zai, A. V. C., Habeahan, J., & Situmorang, G. (2025). Penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 104219 Tanjung Anom. DIKKESH: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Kesehatan, 1(2), 112-118. https://doi.org/10.60126/dikkesh.v1i2.1072

Ria, A. A. M., Wicaksono, A. G., & Rizasari, E. (2024). Pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif (studi eksperimen pada materi energi listrik mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta). Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 239–251. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.4073

Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 4(3), 11-11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.31

Sajidah, A. P., & Amelia, C. (2024). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4983–4990. https://jurnaldidaktika.org

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1), 61–80. https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789

Simbolon, A. E., Sitorus, P. J., & Simaremare, J. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di Sma. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 319-331. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i1.190

Suryani, A. A., Hartadiyati, E., Nurwahyunani, A., & Murniati, E. (2023). Pengaruh PjBL pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap keberhasilan belajar ditinjau dari aspek produk secara holistik. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 168. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11777

Wahyuni, I. A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824

Yolanda, Y., & Mulyanto, A. B. (2024). Project Based Learning (PjBL) mata kuliah telaah kurikulum topik pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan fasilitasi. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30743/pascal.v8i1.9305

Zahra, S. S., & Jumini, S. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 286-297. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4246

Published

2025-10-13

How to Cite

Asnita, B. W., Hakim, A. R., Mukti, H., & Triyanto, M. (2025). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran PKN SD. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1359–1369. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6883

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.