Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Mata Pelajaran PKN SD
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6883Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning, Kemampuan Berfikir Kreatif, Pembelajaran PKN, Siswa Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian menggunakan Nonequivalent Only Control Group Design Pre-test-Poss-test. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN 2 Pancor berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi Observasi dan Tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 25 terdapat uji normalitas sebesar 0,376>0.05, uji homogenitas sebesar 0,506>0,05 dan uji hipotesis sebesar 0,334>0,05, maka dapat dikatakan bahwa HO diterima dan Ha ditolak. Sedangkan hasil rata-rata penelitian pre-test kelas eksperimen sebesar 58,25 dan rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 64,65. Sedangkan hasil rata-rata poss-test kelas eksperimen sebesar 81,1 dan hasil rata-rata poss-test kelas kontrol sebesar 77,35. Berdasarkan data tersebut, maka penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis project based learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 2 Pancor
Downloads
References
Alhayat, A., Mukhidin, M., Utami, T., & Yustikarini, R. (2023). The relevance of the Project-Based Learning (PjBL) learning model with “Kurikulum Merdeka Belajar.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(1), 105. https://doi.org/10.20961/jdc.v7i1.69363
Angreini, W., Purnomo, T., & Farikhah. (2024). Integrasi strategi pembelajaran berdiferensiasi dengan Project Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.23969/biosfer.v9i1.13933
Azizah, L. N., & Wulandari, F. E. (2024). Pengaruh Project Based Learning berbasis kearifan lokal terhadap berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Kota Mojokerto. Intelektualitas: Jurnal Penelitian Lintas Keilmuan, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.47134/intelektualitas.v1i1.2551
Destari, A., Heldayani, E., & Asiyah, S. (2022). Penerapan model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi. Wahana Didaktika, 20(2), 234–244. https://doi.org/10.5281/zenodo.6571234
Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Khoerudin, C. M., Alawiyah, T., & Sukarliana, L. (2023). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui teknik divergent thinking dan mind mapping dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Kewarganegaraan, 20(1), 27. https://doi.org/10.24114/jk.v20i1.43785
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160.
Masniladevi, N. M. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar FBB dan KPK di kelas IV SDN Gugus 5. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2502–2507.
Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156
Nahak, R. L., & Lawa, S. T. N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sdi Barai 2. HINEF: Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 62-69. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1008
Pinem, I., Agustina, D., Girsang, S. V., Zai, A. V. C., Habeahan, J., & Situmorang, G. (2025). Penerapan Model Project-Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 104219 Tanjung Anom. DIKKESH: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Kesehatan, 1(2), 112-118. https://doi.org/10.60126/dikkesh.v1i2.1072
Ria, A. A. M., Wicaksono, A. G., & Rizasari, E. (2024). Pengaruh model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif (studi eksperimen pada materi energi listrik mata pelajaran IPAS di kelas V SD Negeri Gandekan Surakarta). Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 239–251. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.4073
Safitri, R. A., & Wulandari, F. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 4(3), 11-11. https://doi.org/10.47134/emergent.v2i1.31
Sajidah, A. P., & Amelia, C. (2024). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di sekolah dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 4983–4990. https://jurnaldidaktika.org
Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1), 61–80. https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2789
Simbolon, A. E., Sitorus, P. J., & Simaremare, J. A. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Bermodel Project Based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Fase F Di Sma. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 10(1), 319-331. https://doi.org/10.56959/jpss.v10i1.190
Suryani, A. A., Hartadiyati, E., Nurwahyunani, A., & Murniati, E. (2023). Pengaruh PjBL pada pembelajaran berdiferensiasi terhadap keberhasilan belajar ditinjau dari aspek produk secara holistik. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 168. https://doi.org/10.25157/jpb.v11i2.11777
Wahyuni, I. A. S., Redhana, I. W., & Tika, I. N. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan strategi berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 274–283. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.824
Yolanda, Y., & Mulyanto, A. B. (2024). Project Based Learning (PjBL) mata kuliah telaah kurikulum topik pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan keterampilan fasilitasi. PASCAL (Journal of Physics and Science Learning), 8(1), 1–10. https://doi.org/10.30743/pascal.v8i1.9305
Zahra, S. S., & Jumini, S. (2024). Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 286-297. https://doi.org/10.37478/optika.v8i2.4246
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Baiq Widiarti Asnita, Arif Rahman Hakim, Husnul Mukti, Muchamad Triyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.