Representasi Tipe Kecerdasan Majemuk pada Buku Teks Fisika SMP Kelas VIII

Authors

  • Siti Zaenab Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1281

Keywords:

Analisis Buku, Kecerdasan Majemuk, Buku Teks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi representasi kemunculan tipe-tipe kecerdasan majemuk pada buku teks Fisika SMP Kelas VIII. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan metode analisis isi (content analysis). Sumber data berasal dari satu buku teks IPA Terpadu Kelas VIII (Penerbit: Erlangga Kurikulum 2013 Revisi). Karena buku IPA Terpadu mencakup semua mata pelajaran IPA, maka analisis buku dalam penelitian ini hanya dilakukan pada pokok bahasan fisika. Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis buku teks menggunakan instrumen berupa daftar checklist yang merupakan hasil adaptasi dari penelitian Seyyed Ayatollah Razmjoo dan Zahra Jozaghi. Daftar checklist tersebut mengacu pada delapan tipe kecerdasan majemuk yang dirinci ke dalam beberapa aktivitas yang berkaitan dengan masing-masing tipe kecerdasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku teks IPA Terpadu (pokok bahasan Fisika) untuk SMP/MTs yang diterbitkan Erlangga belum mengakomodasi seluruh kecerdasan majemuk Gardner. Hal ini dikarenakan buku tersebut cenderung lebih fokus terhadap kecerdasan logika yang menekankan pada eksperimen, mengumpulkan data, berpikir, dan perhitungan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andronache, D., Bocos, M., & Raluca, B. (2011). The valences of multiple intelligences theory in optimizing the raining process. Journal of Educational Sciences/ Revista De Stiintele Educatiei, 13(2), 18-26.

Ardimen. (2016). Pengembangan Multiple Intelligencemelalui Pembelajaran Integratif Berbasis Games. Jurnal Edukasi, 2(2): 107-129. http://orcid.org/0000-0002-0731-688X DOI: https://doi.org/10.22373/je.v2i2.811

Astuti, K. A. W., Santyasa, I. W., Si, M., & Artawan, P. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Majemuk untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpf.v3i1.6871

Dewi, N. A. K., Aminah, N. S., & Sukarmin. (2015). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring (REACT) Pada Materi Alat Optik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk dan Kreativitas Siswa. Jurnal Inkuiri, 4(2), 47-56. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v4i2.9558

Gardner, H. (1999). Intelligence reframed: Multiple intelligences for the 21st century. New York, NY: Basic Books.

Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Educational implications of the theory of multiple intelligences. Educational Researcher, 18(8), 4–10. doi:10.3102/0013189X018008004 DOI: https://doi.org/10.3102/0013189X018008004

Hasnidar, H., Sulihin, S., & Elihami, E. (2020). Developing of Multiple Intelligences in students with the Two Stay Two Strays Type. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 7-12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/680

Indria, A. (2020). Multiple Intelligence. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 3(1): 26-41. https://doi.org/10.31869/jkpu.v3i1.1968

Ketabi, S., Nasiri, M.& Dastjerdi, H. V. (2012). Multiple Intelligences in locally-published ELT textbooks in Iran. MJAL, 4(4), 258-266.

Omer, B. O. (2017). The Representation Of Multiple Intelligences In North Star Coursebook: A Content Analysis. Journal of University of Human Development, 3(3). https://doi.org/10.21928/juhd.v3n3y2017.pp590-594 DOI: https://doi.org/10.21928/juhd.20170820.25

Palupi dan Dadan. (2018). Analisis Kesesuaian Buku Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kurikulum 2013 Kelas VII Ditinjau Dari Standar Proses dan Penilaian Autentik. Jurnal Pendidikan IPA, 07(7), 373-378.

Razmjoo, S. A. & Jozaghi, Z. (2010). The Representation of Multiple Intelligences Types in the Top-Notch Series: A Textbook Evaluation. Pan- Pacific Association of Applied Linguistics, 14(2), 59-84.

Published

2021-08-05

How to Cite

Zaenab, S. (2021). Representasi Tipe Kecerdasan Majemuk pada Buku Teks Fisika SMP Kelas VIII . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 398–407. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1281

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.