Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran

Authors

  • Bernadetta Juni Kesuma Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Terbuka
  • Ajat Sudrajat Universitas Terbuka
  • Agus Joko Purwanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1329

Keywords:

Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik, Kinerja Guru

Abstract

Peringkat pendidikan Indonesia di tingkat ASEAN maupun dunia masih pada posisi yang kurang baik sehingga menunjukkan mutu pembelajaran di Indonesia yang masih rendah. Perihal ini terkait dengan standar kompetensi pendidik yang mempunyai kaitan erat dengan mutu pendidikan. Guna menumbuhkan mutu pendidikan ke arah lebih baik, maka kualitas tenaga pendidik wajib ditingkatkan. Guru selaku tenaga pendidik handal memiliki tanggung jawab besar sehingga kinerja guru jadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran di Indonesia. Faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru diantaranya gaya kepemimpinan serta supervisi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang menempatkan kepemimpinan transformasional, supervisi akademik selaku variabel bebas serta kinerja guru selaku variabel terikat. Populasi berjumlah 153 guru yang tersebar di SD Negeri Gugus V Kecamatan Kemayoran. Perolehan sampel merujuk pada tabel ukuran sampel oleh Krejcie dan Morgan dengan tingkat kesalahan 5%, perolehan sample sebanyak 108 guru. Perolehan data berasal dari pengolahan data kuesioner menggunakan program SPSS, hasil wawancara, evaluasi hasil observasi serta dokumentasi. Penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji korelasi, uji t serta uji F dan koefisien korelasi yang kuat. Evaluasi hasil wawancara serta observasi variabel menampilkan keadaan yang cukup baik. Bersumber pada hasil penelitian terdapat hubungan kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik terhadap kinerja guru baik secara positif serta signifikan pada SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bass, B. M., & Ronald E Riggio. (2006). Transformational Leadership Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Danim, S. & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hutagaol, S. (2016). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, vol.5, No. 1.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nguni, S. C. (2005). A Study of the Effects of Transformational Leadership on Teachers‟ Job Satisfaction, Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behaviour in Tanzanian Primary and Secondary Schools, Doctoral thesis, Universiteit Nijmegen, 245.

Permendiknas No. 13 Tahun 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.

Prasojo, L. D. dan Sudiyono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Priansa, D. J dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

PP RI No. 19 Tahun 2005. 2006. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba 4.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sufiyadi U, Wahyudi, Syukri M. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SD. Program Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan FKIP Untan.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Uno, H. B., dan Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

2021-12-31

How to Cite

Kesuma, B. J., Sudrajat, A., & Purwanto, A. J. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 552–560. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1329

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.