Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1329Keywords:
Kepemimpinan Transformasional, Supervisi Akademik, Kinerja GuruAbstract
Peringkat pendidikan Indonesia di tingkat ASEAN maupun dunia masih pada posisi yang kurang baik sehingga menunjukkan mutu pembelajaran di Indonesia yang masih rendah. Perihal ini terkait dengan standar kompetensi pendidik yang mempunyai kaitan erat dengan mutu pendidikan. Guna menumbuhkan mutu pendidikan ke arah lebih baik, maka kualitas tenaga pendidik wajib ditingkatkan. Guru selaku tenaga pendidik handal memiliki tanggung jawab besar sehingga kinerja guru jadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran di Indonesia. Faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru diantaranya gaya kepemimpinan serta supervisi. Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang menempatkan kepemimpinan transformasional, supervisi akademik selaku variabel bebas serta kinerja guru selaku variabel terikat. Populasi berjumlah 153 guru yang tersebar di SD Negeri Gugus V Kecamatan Kemayoran. Perolehan sampel merujuk pada tabel ukuran sampel oleh Krejcie dan Morgan dengan tingkat kesalahan 5%, perolehan sample sebanyak 108 guru. Perolehan data berasal dari pengolahan data kuesioner menggunakan program SPSS, hasil wawancara, evaluasi hasil observasi serta dokumentasi. Penelitian menunjukkan nilai signifikansi uji korelasi, uji t serta uji F dan koefisien korelasi yang kuat. Evaluasi hasil wawancara serta observasi variabel menampilkan keadaan yang cukup baik. Bersumber pada hasil penelitian terdapat hubungan kepemimpinan transformasional dan supervisi akademik terhadap kinerja guru baik secara positif serta signifikan pada SD Negeri di Gugus V Kecamatan Kemayoran.
Downloads
References
Bass, B. M., & Ronald E Riggio. (2006). Transformational Leadership Second Edition. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Danim, S. & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta: Rineka Cipta.
Hutagaol, S. (2016). Hubungan Antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Manajemen Pendidikan Universitas Kristen Indonesia, vol.5, No. 1.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nguni, S. C. (2005). A Study of the Effects of Transformational Leadership on Teachers‟ Job Satisfaction, Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behaviour in Tanzanian Primary and Secondary Schools, Doctoral thesis, Universiteit Nijmegen, 245.
Permendiknas No. 13 Tahun 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.
Prasojo, L. D. dan Sudiyono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Priansa, D. J dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.
PP RI No. 19 Tahun 2005. 2006. Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba 4.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Supardi. (2014). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sufiyadi U, Wahyudi, Syukri M. Pengaruh Supervisi Akademik Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SD. Program Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan FKIP Untan.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Uno, H. B., dan Lamatenggo, N. (2012). Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.