Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Hibana Hibana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Susilo Surahman IAIN Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392

Keywords:

Kompetensi Digital, Guru, Capaian Pendidikan

Abstract

Guru sebagai salah satu kunci utama dalam pilar pendidikan berperan penting dalam pencapaian pendidikan anak usia dini sejalan dengan tumbuh kembang anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Tujuan dari tulisan ini adalah menjelaskan pengaruh kompetensi digital terhadap pencapaian pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 20 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi digital terhadap pencapaian pendidikan anak usia dini yang ditunjukkan melalui nilai regresi linier sebesar 1.033 dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.984.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Anggraini, G. F., Pradini, S., & Irzalinda, V. (2021). Gambaran Kepercayaan Guru Dalam Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22262

Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Ta’dib, 13(1), 34–45. DOI: https://doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume, 3(2), 98–104.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Fuaddudin. (2020). Perubahan Paradigma Mengajar Guru Dalam Menyongsong Penyelenggaraan Pendidikan DI. EL-Muhbib Jurnal, 4(1), 68–81. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i1.478

Hasanah, R. (2020). Implementasi Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Enterpreneur Kids Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta. Jurnal Care, 8(1), 47–55. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806

Indrawan, I. (2019). Profesionalisme Guru Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Al-Afkar, 7(2), 57–80.

Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4 . 0. ATTHULAB, 5(2), 198–209. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659

Karnita, A., & Sumarni, S. (2021). Identifikasi Capaian Indikator Bidang Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar Dari Rumah Di TK PGRI Tanjung Batu. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 37–42. DOI: https://doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22302

Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(01), 54–64. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058

Novita, N., Marhami, Sakdiah, H., & Muliani. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.

Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50

Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 224–237.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 146, Issue 1679, pp. 1–68).

Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486

Redy, P., & Jaya, P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–83. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1019

Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(2), 128–134.

Sari, D. Y., Mutiara, S., & Rahma, A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalammenyediakan Lingkungan Bermain Di Rumah Untuk Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(2), 122–132. DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12271

Silvana, H., Rullyana, G., & Hadiapurwa, A. (2019). Kebutuhan Informasi Guru Di Era Digital: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 147–158. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.454 DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.454

Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. DOI: https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Suryanti, & Wijayanti, L. (2018). Literasi digital: kompetensi mendesak pendidik di era revolusi industri 4.0. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar II (1), 1–9.

T., M. Y., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiah, B. (2020). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Agama Pada Anak Usia 5 Tahun. Nanaeke Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49–60. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362

Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital Ezra. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1

Wardinur, & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK, 13(2), 167–183. DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.16422

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Published

2021-12-01

How to Cite

Hibana, H., & Surahman, S. (2021). Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 607–615. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.