Kompetensi Digital Guru Dalam Upaya Meningkatkan Capaian Pendidikan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1392Keywords:
Kompetensi Digital, Guru, Capaian PendidikanAbstract
Guru sebagai salah satu kunci utama dalam pilar pendidikan berperan penting dalam pencapaian pendidikan anak usia dini sejalan dengan tumbuh kembang anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Tujuan dari tulisan ini adalah menjelaskan pengaruh kompetensi digital terhadap pencapaian pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 20 responden dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kompetensi digital terhadap pencapaian pendidikan anak usia dini yang ditunjukkan melalui nilai regresi linier sebesar 1.033 dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0.984.
Downloads
References
Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117–129. DOI: https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28
Anggraini, G. F., Pradini, S., & Irzalinda, V. (2021). Gambaran Kepercayaan Guru Dalam Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22262
Anhusadar, L. O. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Ta’dib, 13(1), 34–45. DOI: https://doi.org/10.31332/atdbwv13i1.1775
Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A. B. N. R. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi Volume, 3(2), 98–104.
Fauziddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76
Fuaddudin. (2020). Perubahan Paradigma Mengajar Guru Dalam Menyongsong Penyelenggaraan Pendidikan DI. EL-Muhbib Jurnal, 4(1), 68–81. DOI: https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i1.478
Hasanah, R. (2020). Implementasi Penilaian Pembelajaran Dalam Kurikulum Enterpreneur Kids Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Khalifah Baciro Yogyakarta. Jurnal Care, 8(1), 47–55. DOI: https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9806
Indrawan, I. (2019). Profesionalisme Guru Di Era Revolusi Industri 4 . 0. Jurnal Al-Afkar, 7(2), 57–80.
Ismail, S., Suhana, & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4 . 0. ATTHULAB, 5(2), 198–209. DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8659
Karnita, A., & Sumarni, S. (2021). Identifikasi Capaian Indikator Bidang Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar Dari Rumah Di TK PGRI Tanjung Batu. Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 37–42. DOI: https://doi.org/10.23960/jpa.v7n1.22302
Notanubun, Z. (2019). Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 03(01), 54–64. DOI: https://doi.org/10.30598/jbkt.v3i2.1058
Novita, N., Marhami, Sakdiah, H., & Muliani. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.
Nur, L., Hafina, A., & Rusmana, N. (2020). Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Akuatik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 42–50. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p42-50
Nuryani, D., & Handayani, I. (2020). Kompetensi Guru Di Era 4.0 Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 224–237.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26
Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Vol. 146, Issue 1679, pp. 1–68).
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. DOI: https://doi.org/10.23917/jmp.v14i2.9486
Redy, P., & Jaya, P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–83. DOI: https://doi.org/10.25078/pw.v2i2.1019
Rohmah, N. (2019). Literasi Digital Untuk Peningkatan Kompetensi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 2(2), 128–134.
Sari, D. Y., Mutiara, S., & Rahma, A. (2020). Kesiapan Orang Tua Dalammenyediakan Lingkungan Bermain Di Rumah Untuk Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Covid-19. Tumbuh Kembang: Kajian Teori Dan Pembelajaran PAUD Jurnal PG-PAUD FKIP Universitas Sriwijaya, 7(2), 122–132. DOI: https://doi.org/10.36706/jtk.v7i2.12271
Silvana, H., Rullyana, G., & Hadiapurwa, A. (2019). Kebutuhan Informasi Guru Di Era Digital: Studi Kasus Di Sekolah Dasar Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 40(2), 147–158. https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.454 DOI: https://doi.org/10.14203/j.baca.v40i2.454
Sudrajat, J. (2020). KOMPETENSI GURU DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110. DOI: https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31
Suryanti, & Wijayanti, L. (2018). Literasi digital: kompetensi mendesak pendidik di era revolusi industri 4.0. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar II (1), 1–9.
T., M. Y., Safitri, E. D., Masnah, S., & Ibadiah, B. (2020). Capaian Dan Stimulasi Aspek Perkembangan Agama Pada Anak Usia 5 Tahun. Nanaeke Indonesian Journal of Early Childhood Education, 3(1), 49–60. DOI: https://doi.org/10.24252/nananeke.v3i1.14362
Tari, E., & Hutapea, R. H. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital Ezra. Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 1(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i1.1
Wardinur, & Mutawally, F. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Teknologi sebagai Media Pendukung Pembelajaran di MAN 1 Pidie. Jurnal Sosiologi USK, 13(2), 167–183. DOI: https://doi.org/10.24815/jsu.v13i2.16422
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452–462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626 DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.