Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam (SDA) IPA Melalui Penerapan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Inpres 34 Pacore Kabupaten Barru
Keywords:
hasil belajar, sumber daya alam, IPA, media gambarAbstract
Hasil analisis catatan guru pada saat pembelajaran materi sumber daya alam (SDA) IPA semester dua tahun pelajaran 2013-2014, rata-rata skor hasil belajar siswa kurang, tidak mencapai standar KKM 70, karena skor yang dicapai 65,25. 50% tidak mencapai skor 75% dari siswa yang mendapatkan nilai KKM 70 secara klasikal. (Ruhani, 2014). Penerapan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam (SDA) IPA siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Siklus pertama meliputi rencana awal, tindakan, observasi dan refleksi dan langkah pada siklus berikutnya adalah perncanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi, terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang, 4 berjenis kelamin perempuan dan 4 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Media Gambar dapat meningkat selisih 10% dan kategori dari kurang ke cukup siklus tiga dari siklus dua. (2) Perubahan kemampuan guru meningkat selisih 12,51% dari cukup ke baik siklus tiga dari siklus dua. (3) Perubahan aktifitas belajar siswa dalam melaksanakan penerapan media gambar, meningkat selisih 32,29% dan kategori cukup menjadi baik siklus tiga dari siklus dua.
Downloads
References
Arends, A. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.
Arikunto, S. (1985). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmodjo, H. (1992). Pendidikan IPA. Jakarta. BP2. GSD. Ditjen-Dikti.
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati, D. & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Elpis, E. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 010 Jaya Mukti. Jurnal Primary, 6(2). https://media.neliti.com/media/publications/258389-penggunaan-media-gambar-untuk-meningkatk-41c468b7.pdf
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemmis & McTaggart. (1989). The Action Research Planner. Third Edition, Australia: Deakin University Press.
Mulyono, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Murtini, M., Beni, Y. (2008). Ilmu Pentehauan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Pembukuan Kemeterian Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Pembukuan Kementerian Pndidikan Nasional.
Purwanto, P. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman, S. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiarti, T. (1997). Siklus Spiral Tentang Penelitian Tindakan Kelas.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, B., Djamarah. D, & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipt.
Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.