Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam (SDA) IPA Melalui Penerapan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Inpres 34 Pacore Kabupaten Barru

Authors

  • Ahmad Ruhani SD Inpres 34 Pacore, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan

Keywords:

hasil belajar, sumber daya alam, IPA, media gambar

Abstract

Hasil analisis catatan guru pada saat pembelajaran materi sumber daya alam (SDA) IPA semester dua tahun pelajaran 2013-2014, rata-rata skor hasil belajar siswa kurang, tidak mencapai standar KKM 70, karena skor yang dicapai 65,25. 50% tidak mencapai skor 75% dari siswa yang mendapatkan nilai KKM 70 secara klasikal. (Ruhani, 2014). Penerapan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar materi sumber daya alam (SDA) IPA siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabupaten Barru. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model penelitian tindakan dari Kemmis dan Taggart (dalam Sugiarti, 1997: 6), yaitu berbentuk spiral dari siklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Siklus pertama meliputi rencana awal, tindakan, observasi dan refleksi dan langkah pada siklus berikutnya adalah perncanaan yang sudah direvisi, tindakan, pengamatan, dan refleksi, terdiri tiga siklus, setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan pemberian tindakan dan 1 kali pemberian tes akhir siklus. Subjek adalah siswa kelas IV SD Inpres 34 Pacore kabuapaten Barru, dengan jumlah siswa sebanyak 8 orang, 4 berjenis kelamin perempuan dan 4 berjenis kelamin laki-laki. Data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan kemampuan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Media Gambar dapat meningkat selisih 10% dan kategori dari kurang ke cukup siklus tiga dari siklus dua. (2) Perubahan kemampuan guru meningkat selisih 12,51% dari cukup ke baik siklus tiga dari siklus dua. (3) Perubahan aktifitas belajar siswa dalam melaksanakan penerapan media gambar, meningkat selisih 32,29% dan kategori cukup menjadi baik siklus tiga dari siklus dua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, A. (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Direktorat Ketenagaan.

Arikunto, S. (1985). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmodjo, H. (1992). Pendidikan IPA. Jakarta. BP2. GSD. Ditjen-Dikti.

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati, D. & Mudjiono, M. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Elpis, E. (2017). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 010 Jaya Mukti. Jurnal Primary, 6(2). https://media.neliti.com/media/publications/258389-penggunaan-media-gambar-untuk-meningkatk-41c468b7.pdf

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis & McTaggart. (1989). The Action Research Planner. Third Edition, Australia: Deakin University Press.

Mulyono, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Murtini, M., Beni, Y. (2008). Ilmu Pentehauan Alam Untuk SD/MI Kelas IV. Pusat Pembukuan Kemeterian Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Pembukuan Kementerian Pndidikan Nasional.

Purwanto, P. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, S. (2009). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiarti, T. (1997). Siklus Spiral Tentang Penelitian Tindakan Kelas.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi Paikem. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Syaiful, B., Djamarah. D, & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipt.

Widoyoko, E. S. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yokyakarta. Pustaka Pelajar.

Published

2020-12-04

How to Cite

Ruhani, A. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam (SDA) IPA Melalui Penerapan Media Gambar Siswa Kelas IV SD Inpres 34 Pacore Kabupaten Barru. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 370–376. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/357

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.