Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 83 Sipatana
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4341Keywords:
Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Kahoot, Motivasi BelajarAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN 83 Sipatana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penerapan model pembelajaran PBL dengan bantuan media Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dapat berpengaruh pada hasil belajar mereka dalam mata pelajaran IPA Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPAS Di SDN 83 Sipatana. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain penelitian Nonequivalent control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan tes angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan 25 butir soal yang dinyatakan valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pengaruh perlakuan, yaitu penggunaan PBL berbantuan media Kahoot. Uji normalitas data dilakukan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji varians dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi produk momen dan uji paired sample t-test untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (PBL berbantuan media Kahoot) dan variabel dependen (motivasi belajar siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 83 Sipatana. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPAS Di SDN 83 Sipatana. Hasil data diperoleh nilai signifikan sebesar 0,037 < 0,05 pada kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan kurang dari 0,05.
Downloads
References
Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 790-803. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309
Amailia, R., Hendrowati, T. Y., & Suminto, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Saintifik Dengan Media Kahoot. JURNAL e-DuMath, 8(2), 98-105. https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1806
Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57-71. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805
Eka, I., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.142
Febriana, A., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga Tematik (Utatik) Terhadap Pemahaman Konsep Tema 8 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 175-187. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3144
Ifrida, F., Pratiwi, D. R., & Supriyanto, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 411-422. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.386
Himawan, J. S., & Mubarok, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui PBL Berbantuan Media Peran Pada Kelas IV. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 28-37. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.49
Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model project based learning berbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608
Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177
Nahar, K., Nikmah, A. R., & Kriswandani, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Dan Teka Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi-4 Sma Negeri 3 Salatiga. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(3), 1539-1551. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.730
Malna, A. A., Zen, Z., Syafril, S., & Hendri, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di SMAN 1 Gunung Talang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4499-4508. https://orcid.org/0009-0003-5390-9314
Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA di sekolah dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689
Prameswari, A., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Parehan Dan Quizizz Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 202-215. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2873
Supriatna, T., Ramdani, R. A., & Nurjaman, A. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan liveworksheets pada materi aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2173-2182. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.19438
Seran, W. A., Manek, S. S., & Asa, I. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 1(2), 326-338. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i2.731
Sholichah, N. M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.273
Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154
Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491-496. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669
Wandira, I., Ali, A., & Ngandoh, S. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Laerning Berbantuan Game Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 876-888. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1194
Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.