Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 83 Sipatana

Authors

  • Tri Muliani M. Suleman Universitas Negeri Gorontalo
  • Irvin Novita Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Kudus Kudus Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4341

Keywords:

Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Media Kahoot, Motivasi Belajar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) berbantuan media Kahoot terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS di SDN 83 Sipatana. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah penerapan model pembelajaran PBL dengan bantuan media Kahoot dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, yang dapat berpengaruh pada hasil belajar mereka dalam mata pelajaran IPA Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPAS Di SDN 83 Sipatana. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimen dengan desain penelitian Nonequivalent control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh, di mana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian menggunakan tes angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan 25 butir soal yang dinyatakan valid. Pengumpulan data dilakukan melalui pre-test dan post-test untuk mengukur pengaruh perlakuan, yaitu penggunaan PBL berbantuan media Kahoot. Uji normalitas data dilakukan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, sedangkan uji homogenitas menggunakan uji varians dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 26. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji korelasi produk momen dan uji paired sample t-test untuk mengetahui hubungan antara variabel independen (PBL berbantuan media Kahoot) dan variabel dependen (motivasi belajar siswa). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 83 Sipatana. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPAS Di SDN 83 Sipatana. Hasil data diperoleh nilai signifikan sebesar 0,037 < 0,05 pada kelas eksperimen dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai nilai signifikan sebesar 0,038 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima karena nilai signifikan kurang dari 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, I., Panai, A. H., & Marshanawiah, A. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kahoot pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 790-803. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4309

Amailia, R., Hendrowati, T. Y., & Suminto, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Saintifik Dengan Media Kahoot. JURNAL e-DuMath, 8(2), 98-105. https://doi.org/10.52657/je.v8i2.1806

Aliman, M., Halek, D. H., Marni, S., Mike, M., & Florensia, S. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot dan Google Earth untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Spasial dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. GEOGRAPHY: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 11(1), 57-71. https://doi.org/10.31764/geography.v11i1.13805

Eka, I., Irawan, E., Ekapti, R. F., & Faizah, U. N. (2021). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Analitis. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.142

Febriana, A., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Ular Tangga Tematik (Utatik) Terhadap Pemahaman Konsep Tema 8 Subtema 3 Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 175-187. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i1.3144

Ifrida, F., Pratiwi, D. R., & Supriyanto, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Siswa. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 4(2), 411-422. https://doi.org/10.53624/ptk.v4i2.386

Himawan, J. S., & Mubarok, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui PBL Berbantuan Media Peran Pada Kelas IV. Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS), 1(1), 28-37. https://doi.org/10.59435/jipnas.v1i1.49

Listyarini, I., Layyina, H., & Nursyahadiyah, F. (2023). Peningkatan hasil belajar melalui model project based learning berbantuan media Wordwall pada siswa kelas V SDN Peterongan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3370-3378. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8608

Lider, G. (2022). Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi quizizz untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VI semester 1 SD Negeri 5 Sangsit. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 3(1), 189-198. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575177

Nahar, K., Nikmah, A. R., & Kriswandani, K. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Dan Teka Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi-4 Sma Negeri 3 Salatiga. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 5(3), 1539-1551. https://doi.org/10.46306/lb.v5i3.730

Malna, A. A., Zen, Z., Syafril, S., & Hendri, N. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di SMAN 1 Gunung Talang. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 4499-4508. https://orcid.org/0009-0003-5390-9314

Purbarani, D. A., Dantes, N., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh problem based learning berbantuan media audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA di sekolah dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 24-34. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2689

Prameswari, A., & Purwati, P. D. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Parehan Dan Quizizz Dalam Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pada Siswa Kelas IV SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 202-215. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i2.2873

Supriatna, T., Ramdani, R. A., & Nurjaman, A. (2023). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan model problem based learning berbantuan liveworksheets pada materi aritmatika sosial. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(6), 2173-2182. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.19438

Seran, W. A., Manek, S. S., & Asa, I. S. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran E-Learning Berbantuan Aplikasi Kahoot terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 1(2), 326-338. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i2.731

Sholichah, N. M. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI MA Mu’allimat NU Kudus. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 1(2). https://doi.org/10.59818/jpi.v1i3.273

Safitri, E., Setiawan, A., & Darmayanti, R. (2023). Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Kahoot Terhadap Kepercayaan Diri Dan Prestasi Belajar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(2), 57-61. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i2.154

Sulsana, R. M., Karma, I. N., & Nurwahidah, N. (2024). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Digital Kahoot Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 491-496. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8669

Wandira, I., Ali, A., & Ngandoh, S. T. (2024). Penerapan Model Problem Based Laerning Berbantuan Game Edukasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 6(2), 876-888. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i2.1194

Zuhri, S. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar Ppkn Melalui Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Di Kelas V Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 18-26. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7739

Published

2024-12-29

How to Cite

Suleman, T. M. M., Arifin, I. N., & Kudus, K. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SDN 83 Sipatana . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1275–1287. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4341

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.