Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Fun Learning Pada Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopo

Authors

  • Haryanto Haryanto SMK Negeri 2 Palopo, Kota Palopo, Sulawesi Selatan

Keywords:

fun learning, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui Metode Fun Learning pada pokok bahasan Faktorisasi Suku Aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopopada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 22 orang terdiri dari 4 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan siklus II, data hasil observasi pada setiap pertemuan dan tanggapan siswa pada akhir siklus II. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I adalah 62,59 dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100. Skor tertinggi 89 dan skor terendah adalah 30 dengan standar deviasi 17,19 berada pada kategori rendah. Pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 81,95 dari skor ideal 100. Skor tertinggi 97 dan skor terendah adalah 51 dengan standar deviasi 12,7 berada pada kategori tinggi; (2) terjadi peningkatan kehadiran dan aktivitas belajar siswa; (3) umumnya siswa menanggapi dengan positif, mereka menanggapi bahwa metode Fun Learning  sangat membantu mereka untuk lebih memahami konsep matematikama karena kebanyakan siswa merasa ada perubahan pada dirinya setelah diterapkan metode Fun Learning. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran metode Fun Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman, A. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Daryanto, D. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.
Freire, P., Illich, I., From, E. (2004). Menggugat Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haling, A. (2006). Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.
Haryati. (2008). Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas VIII-4 SMP Islam Athirah Makassar Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Penerapan Metode Fun Learning. Skripsi : UNM Makassar.
Komunitas Sekolah Alam. (2005). Menemukan Sekolah yang Membebaskan. Yogyakarta: Kawan Pustaka.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Muliati. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Fun Learning Siswa Kelas VI SD Inpres Tana Beru Kabupaten Gowa. Skripsi : UNISMUH Makassar.
Mapposoro, S. (2004). Belajar dan Pembelajaran : Modul 1 – 6. Makassar : Fakultas Ilmu Pendidikan UNM Makassar.
Suparman, S. (2010). Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Sahabuddin, S. (1999). Mengajar dan Belajar. Makassar: UNM.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenata Media
Subroto, B. (2001). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SLTP Negeri 11 Kec Tempe Kabupatrn Wajo. Skripsi: FMIPA UNM
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar
Tifah, W. (2008). Peningkatan hasil belajar Matematika melalui Penerapan Model Pemecahan Masalah pada Siswa Kelas IIIB Al Izzah Kota Sorong. FKIP: UNANIM.

Published

2020-12-30

How to Cite

Haryanto, H. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Fun Learning Pada Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 459–479. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/439

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.