Deskripsi Proses Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hardianto Hardianto Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurmala Sabar Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Rahmah Dian Safitri Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4507

Keywords:

Proses Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal, Kualitatif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal pada pembelajaran matematika kelas V SDN 47 Tompotikka. Jenis dari penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif-deskriptif. Adapun subjek penelitian ini, yaitu siswa kelas VB SDN 47 Tompotikka, sebanyak 28 siswa. Siswa laki-laki sebanyak 12 dan siswa perempuan sebanyak 16. Jenis data yang digunakan, adalah data sekunder dan primer.  Sumber data yang digunakan yaitu seluruh siswa yang menyelesaikan soal tes pokok bahasan yang diberikan peneliti. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu: tes, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan, adalah: reduksi data penelitian, penyajian data penelitian, dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) berdasarkan dari hasil tes dan wawancara subjek dengan kategori kemampuan tinggi memenuhi 4 dari 4 indikator berpikir kritis dan memenuhi 4 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan, 2) pada subjek dengan kategori sedang memenuhi hanya memenuhi 3 dar 4 indikator berpikir kritis dan hanya memenuhi 3 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan, dan 3) pada subjek dengan kategori rendah hanya memenuhi 2 dari 4 indikator berpikir kritis dan hanya memenuhi 2 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemempuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic, Mosharafa, 5(3), 269-280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.416

Arif, D. S. F., (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 323-328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594

Ekawati & Gunawan, (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Awal Siswa pada Indikator Reason dan Inference melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Jurnal Pedagogy, 6(1).

Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.

Hardianto, H., Baharuddin, M. R., & Safitri, R. D. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Pendidikan Karakter Mandiri Pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 80-91. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3728

Hardianto, H., & Indah, I. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 356-363. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2888

Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

Ritiauw, S. P. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Impelementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri.Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1).

Winda, W., Sunardin, S., & Hardianto, H. (2023). Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 3(1), 38-48. https://dmi-journals.org/ijls/article/view/548

Published

2024-04-30

How to Cite

Hardianto, H., Sabar, N., & Safitri, R. D. (2024). Deskripsi Proses Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 465–477. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4507

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.