Deskripsi Proses Berpikir Kritis dalam Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.4507Keywords:
Proses Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah Matematika, Kemampuan Awal, KualitatifAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah berdasarkan kemampuan awal pada pembelajaran matematika kelas V SDN 47 Tompotikka. Jenis dari penelitian ini, yaitu penelitian kualitatif-deskriptif. Adapun subjek penelitian ini, yaitu siswa kelas VB SDN 47 Tompotikka, sebanyak 28 siswa. Siswa laki-laki sebanyak 12 dan siswa perempuan sebanyak 16. Jenis data yang digunakan, adalah data sekunder dan primer. Sumber data yang digunakan yaitu seluruh siswa yang menyelesaikan soal tes pokok bahasan yang diberikan peneliti. Pengumpulan data yang digunakan, yaitu: tes, wawancara, dan dokumentasi penelitian. Teknik analisis data yang digunakan, adalah: reduksi data penelitian, penyajian data penelitian, dan penarikan kesimpulan penelitian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa: 1) berdasarkan dari hasil tes dan wawancara subjek dengan kategori kemampuan tinggi memenuhi 4 dari 4 indikator berpikir kritis dan memenuhi 4 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan, 2) pada subjek dengan kategori sedang memenuhi hanya memenuhi 3 dar 4 indikator berpikir kritis dan hanya memenuhi 3 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan, dan 3) pada subjek dengan kategori rendah hanya memenuhi 2 dari 4 indikator berpikir kritis dan hanya memenuhi 2 dari 4 indikator pemecahan masalah dari 3 soal uraian yang diberikan.
Downloads
References
Abidin, Y., (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Afriansyah, E. A. (2016). Investigasi Kemempuan Problem Solving dan Problem Posing Matematis Mahasiswa Via Pendekatan Realistic, Mosharafa, 5(3), 269-280. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.416
Arif, D. S. F., (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 323-328. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/594
Ekawati & Gunawan, (2021). Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Awal Siswa pada Indikator Reason dan Inference melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education, Jurnal Pedagogy, 6(1).
Gais, Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 255-266.
Hardianto, H., Baharuddin, M. R., & Safitri, R. D. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Pendidikan Karakter Mandiri Pada Siswa Sekolah Dasar. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 80-91. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3728
Hardianto, H., & Indah, I. (2023). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 356-363. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2888
Marliani, R. (2015). Psikologi Industri dan Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.
Ritiauw, S. P. (2016). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar melalui Impelementasi Model Pembelajaran Sosial Inkuiri.Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1).
Winda, W., Sunardin, S., & Hardianto, H. (2023). Strategi Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa. Indonesian Journal of Learning Studies (IJLS), 3(1), 38-48. https://dmi-journals.org/ijls/article/view/548
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.