Pengaruh Kelelahan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Tutorial Online Mahasiswa Universitas Terbuka Makassar

Authors

  • Muhammad Alwi Universitas Terbuka
  • Muhammad Ali Alimuddin Universitas Terbuka
  • Juhardi Juhardi Universitas Terbuka
  • Arifin Tahir Universitas Terbuka
  • Risnashari Risnashari Universitas Terbuka
  • Sitti Wahidah Masnani Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4894

Keywords:

Kelelahan Belajar, Motivasi Berprestasi, Tutorial Online

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kelelahan belajar dan motivasi berprestasi memengaruhi hasil belajar mahasiswa dalam tutorial online di Universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelelahan belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar tutorial online mahasiswa universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 200 mahasiswa sebagai sampel. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan dalam skala Likert 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelelahan belajar memiliki hubungan negatif signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai T statistik sebesar 2,983 (lebih besar dari nilai kritis 1,96) dan nilai P sebesar 0,003 (lebih kecil dari 0,005). Artinya, semakin tinggi tingkat kelelahan belajar mahasiswa, semakin rendah hasil belajar yang dicapai, meskipun pengaruhnya kecil. Sebaliknya, motivasi berprestasi memiliki hubungan positif yang kuat terhadap hasil belajar, dengan nilai original sample sebesar 0,636, nilai T statistik sebesar 13,983 (jauh di atas nilai kritis 1,96), dan nilai P sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,005). Hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi adalah faktor penting yang berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, R. (2022). Intensitas motivasi berprestasi melalui pembelajaran daring. Pionir: jurnal pendidikan, 10(3). https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249

Amran, R. (2022). Pembelajaran Daring pada Kegiatan Tutorial. Scientific Journal, 1(5), 383–390. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i5.71

Biwer, F., Wiradhany, W., oude Egbrink, M., Hospers, H., Wasenitz, S., Jansen, W., & de Bruin, A. (2021). Changes and Adaptations: How University Students Self-Regulate Their Online Learning During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, 12, 642593. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.642593

Budiarso, I., Suhendraya Muchtar, H., H Soro, S., & Mardiana, D. (2022). Online Tutorial and Webinar Tutorial Management on Distence Learning Process At Indonesia Open University. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(4), 1708–1714. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.470

Chin, W., Cheah, J. H., Liu, Y., Ting, H., Lim, X. J., & Cham, T. H. (2020). Demystifying the role of causal-predictive modeling using partial least squares structural equation modeling in information systems research. Industrial Management and Data Systems, 120(12), 2161–2209. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2019-0529

Darmawan, D. (2020). Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Komitmen Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(3), 344–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4167

Didin, F. S., Mardiono, I., & Yanuarso, H. D. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. Opsi, 13(1), 49. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3501

Djokovic, R., Janinovic, J., Pekovic, S., Vuckovic, D., & Blecic, M. (2022). Relying on Technology for Countering Academic Dishonesty: The Impact of Online Tutorial on Students’ Perception of Academic Misconduct. Sustainability, 14(3), 1756. https://doi.org/10.3390/su14031756

Dyrbye, L. N., Satele, D., & West, C. P. (2021). Association of Characteristics of the Learning Environment and US Medical Student Burnout, Empathy, and Career Regret. JAMA Network Open, 4(8), E2119110. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.19110

Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253

Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 828. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639

Gafur, A. (2024). Evaluasi Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Journal of Science and Social Research, 7(1), 78–86. https://doi.org/10.54314/jssr.v7i1.1704

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327

Hasmawaty, H., Haeruddin, H., Fajriani, K., Cayati, C., & Usman, U. (2023). Kesiapan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 212–221. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2236

Rahayu, A., Rosti, R., & Adewia, M. (2022). Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe GI dan Tipe STAD. Jurnal Kiprah, 10(1), 33-43. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4449

Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.342

Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar Dalam Jaringan Dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 8–17. https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14373

Setiawati, O. R., Alamsyah, R. T., Sani, N., & Anggraini, M. (2022). Hubungan stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 26-33. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4121

Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis Tingkat Kelelahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Diera Pandemik Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154. https://doi.org/10.30742/jikw.v10i2.1446

Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96

Trisnawati, I. G. A. N. P., Yudhawati, N. L. P. S., Muryani, N. M. S., & Artawan, I. K. (2022). Gambaran Tingkat Kelelahan (Burnout) Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Semester 5 Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 di Denpasar. Bali Health Published Journal, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.47859/bhpj.v4i2.23

Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2), 1–8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114

Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik: JBM, 12(2), 125-131. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. JURNAL E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343

Yuliana, Y., Triyono, T., Haryono, P., & Retnawati, H. (2022). Pemodelan persamaan struktural: motivasi prestasi belajar matematika siswa terhadap aspek-aspek berpengaruh pada pembelajaran daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1194-1207. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5004

Published

2024-12-03

How to Cite

Alwi, M., Alimuddin, M. A., Juhardi, J., Tahir, A., Risnashari, R., & Masnani, S. W. (2024). Pengaruh Kelelahan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Tutorial Online Mahasiswa Universitas Terbuka Makassar. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(3), 1249–1261. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4894

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.