Pengaruh Kelelahan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Tutorial Online Mahasiswa Universitas Terbuka Makassar
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4894Keywords:
Kelelahan Belajar, Motivasi Berprestasi, Tutorial OnlineAbstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kelelahan belajar dan motivasi berprestasi memengaruhi hasil belajar mahasiswa dalam tutorial online di Universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelelahan belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar tutorial online mahasiswa universitas Terbuka Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 200 mahasiswa sebagai sampel. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan dalam skala Likert 1-4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kelelahan belajar memiliki hubungan negatif signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai T statistik sebesar 2,983 (lebih besar dari nilai kritis 1,96) dan nilai P sebesar 0,003 (lebih kecil dari 0,005). Artinya, semakin tinggi tingkat kelelahan belajar mahasiswa, semakin rendah hasil belajar yang dicapai, meskipun pengaruhnya kecil. Sebaliknya, motivasi berprestasi memiliki hubungan positif yang kuat terhadap hasil belajar, dengan nilai original sample sebesar 0,636, nilai T statistik sebesar 13,983 (jauh di atas nilai kritis 1,96), dan nilai P sebesar 0,000 (lebih kecil dari 0,005). Hal ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi adalah faktor penting yang berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.
Downloads
References
Akmalia, R. (2022). Intensitas motivasi berprestasi melalui pembelajaran daring. Pionir: jurnal pendidikan, 10(3). https://doi.org/10.22373/pjp.v10i3.12174
Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7249
Amran, R. (2022). Pembelajaran Daring pada Kegiatan Tutorial. Scientific Journal, 1(5), 383–390. https://doi.org/10.56260/sciena.v1i5.71
Biwer, F., Wiradhany, W., oude Egbrink, M., Hospers, H., Wasenitz, S., Jansen, W., & de Bruin, A. (2021). Changes and Adaptations: How University Students Self-Regulate Their Online Learning During the COVID-19 Pandemic. Frontiers in Psychology, 12, 642593. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.642593
Budiarso, I., Suhendraya Muchtar, H., H Soro, S., & Mardiana, D. (2022). Online Tutorial and Webinar Tutorial Management on Distence Learning Process At Indonesia Open University. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 3(4), 1708–1714. https://doi.org/10.51601/ijersc.v3i4.470
Chin, W., Cheah, J. H., Liu, Y., Ting, H., Lim, X. J., & Cham, T. H. (2020). Demystifying the role of causal-predictive modeling using partial least squares structural equation modeling in information systems research. Industrial Management and Data Systems, 120(12), 2161–2209. https://doi.org/10.1108/IMDS-10-2019-0529
Darmawan, D. (2020). Profesionalisme, Motivasi Berprestasi, Komitmen Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Intensi Berwirausaha. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(3), 344–364. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i3.4167
Didin, F. S., Mardiono, I., & Yanuarso, H. D. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. Opsi, 13(1), 49. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3501
Djokovic, R., Janinovic, J., Pekovic, S., Vuckovic, D., & Blecic, M. (2022). Relying on Technology for Countering Academic Dishonesty: The Impact of Online Tutorial on Students’ Perception of Academic Misconduct. Sustainability, 14(3), 1756. https://doi.org/10.3390/su14031756
Dyrbye, L. N., Satele, D., & West, C. P. (2021). Association of Characteristics of the Learning Environment and US Medical Student Burnout, Empathy, and Career Regret. JAMA Network Open, 4(8), E2119110. https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2021.19110
Fadillah, A., & Baist, A. (2017). Hubungan Motivasi dan Perilaku Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 43-48. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.253
Firmansyah, A., & Rizal, R. (2019). Potret Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(2), 103–109. https://doi.org/10.21067/jip.v9i2.3323
Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(6), 828. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639
Gafur, A. (2024). Evaluasi Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Journal of Science and Social Research, 7(1), 78–86. https://doi.org/10.54314/jssr.v7i1.1704
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v4i2.2327
Hasmawaty, H., Haeruddin, H., Fajriani, K., Cayati, C., & Usman, U. (2023). Kesiapan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(2), 212–221. https://doi.org/10.31932/ve.v14i2.2236
Rahayu, A., Rosti, R., & Adewia, M. (2022). Komparasi Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe GI dan Tipe STAD. Jurnal Kiprah, 10(1), 33-43. https://doi.org/10.31629/kiprah.v10i1.4449
Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Tinjauan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Teknik Dalam Perkuliahan Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196. https://doi.org/10.32529/glasser.v3i2.342
Rozzaqyah, F. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar Dalam Jaringan Dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 8–17. https://doi.org/10.36706/jkk.v8i1.14373
Setiawati, O. R., Alamsyah, R. T., Sani, N., & Anggraini, M. (2022). Hubungan stres akademik dengan motivasi belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(2), 26-33. https://doi.org/10.31004/jkt.v3i2.4121
Soekanto, A., & Rianti, E. D. D. (2021). Analisis Tingkat Kelelahan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Diera Pandemik Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Wijaya Kusuma, 10(2), 154. https://doi.org/10.30742/jikw.v10i2.1446
Surur, M., & Tartilla, T. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 1(2), 169–176. https://doi.org/10.31960/ijolec.v1i2.96
Trisnawati, I. G. A. N. P., Yudhawati, N. L. P. S., Muryani, N. M. S., & Artawan, I. K. (2022). Gambaran Tingkat Kelelahan (Burnout) Pada Mahasiswa DIII Keperawatan Semester 5 Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 di Denpasar. Bali Health Published Journal, 4(2), 78–87. https://doi.org/10.47859/bhpj.v4i2.23
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2018). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Matematika, 17(2), 1–8. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i2.4114
Welong, S. S., Manampiring, A. E., & Posangi, J. (2020). Hubungan antara kelelahan, motivasi belajar, dan aktivitas fisik terhadap tingkat prestasi akademik. Jurnal Biomedik: JBM, 12(2), 125-131. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29516
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2021). Kemandirian belajar dan Kedisipilinan Belajar terhadap Prestasi Mahasiswa pada Perkuliahan Daring. JURNAL E-DuMath, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.52657/je.v7i1.1343
Yuliana, Y., Triyono, T., Haryono, P., & Retnawati, H. (2022). Pemodelan persamaan struktural: motivasi prestasi belajar matematika siswa terhadap aspek-aspek berpengaruh pada pembelajaran daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1194-1207. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.