Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book dalam Pembelajaran Alfabet melalui Tema Buah-Buahan pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.3.2024.4957Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Berbasis, Pop Up Book, Alfabet, Anak Usia DiniAbstract
Pengenalan alfabet kepada anak usia dini merupakan tahap penting dalam pendidikan, namun seringkali pendidik menghadapi tantangan dalam menyampaikan materi dengan media yang kurang menarik. Hal ini dapat membuat anak-anak kehilangan fokus, sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis Pop-up book bertemakan buah-buahan, guna mendukung pengenalan karakter alfabet kepada anak usia dini. Desain Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model 4-D diterapkan, melalui tahapan pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Validasi ahli dan survei siswa digunakan sebagai metode pengumpulan data, dengan lembar validasi dan angket sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 10 murid anak usia dini yang dipilih secara acak di RA Darul Uloom Al-Huda, Kota Binjai. Dua spesialis, yaitu dosen PAUD dari Universitas Panca Sakti Bekasi dan guru PAUD dari RA Darul Uloom Al-Huda, bertindak sebagai validator untuk mengevaluasi media tersebut. Hasil validasi menunjukkan nilai kelayakan rata-rata sebesar 87,5%, yang menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Uji coba kepada 10 peserta didik menunjukkan bahwa 62% siswa merasa tertarik, sementara 38% sangat tertarik terhadap penggunaan Pop-up book. Temuan ini menunjukkan bahwa media ini efektif dalam meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran alfabet. Pop-up book terbukti menciptakan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik, yang meningkatkan pemahaman siswa terhadap huruf dan alfabet. Oleh karena itu, media ini direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk mendukung suasana belajar yang dinamis dan menyenangkan di lembaga pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522-1533. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1525
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis literasi sains materi sistem pencernaan manusia bagi kelas v sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638-6645. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Aulia, P., Ulfah, M. U., & Syifa, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Rotary Smart Board Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 155-166. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v10i2.18314
Baiduri, B., Taufik, M., & Elfiani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 248-261. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951
Erianto, E., Hadikrisanto, W., & Suherman, S. (2022). Game Edukasi Pengenalan Huruf Alfabet Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Intech: Information Technology Journal of UMUS, 4(02), 200-206. https://doi.org/10.46772/intech.v4i02.871
Erica, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 110-122. https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321
Fajriah, A. A., Sadiah, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Pop-Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(2), 51-58. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.74
Fathurrahman, F., Wasil, M., & Muslihan, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Berhitung yang disertai dengan mengenal Huruf Alfabet dan Huruf Hijaiyah berbasis Flash. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 7(1), 299-309. https://doi.org/10.29408/jit.v7i1.24148
Hidayah, N., Wahyuni, R., & Hasnanto, A. T. (2020). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri berbasis pop-up book untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi bahasa indonesia. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 59-66. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6182
Islami, N. F., Ilmi, L. A., & MZ, A. S. A. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Berbasis Powerpoint sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2), 704-714. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4195
Maryani, D. (2022). Media Pop Up Book dalam Pembelajaran PAI untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 54-59. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1600
Maulidya, T. H., Mulyono, A., Safitri, A. B., Dzahabiyyah, M., Rahmawati, R., & Nurrahmah, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(3), 200-208. https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.5360
Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop up book berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 3928-3939. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1475
Nawawi, A., Mansur, H., & Utama, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Pop-Up Book Materi Sifat Dan Perubahan Wujud Benda Untuk Siswa SD. J-INSTECH, 2(2), 22-29. https://doi.org/10.20527/j-instech.v2i2.3822
Ningsih, Y. F., Hariadi, N., Sugeng, I., Kandupi, A. D., Utomo, A. W., & Bimantoro, A. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop up book digital pada pembelajaran PJOK. Jurnal Porkes, 6(1), 15-24. https://doi.org/10.29408/porkes.v6i1.12214
Nugroho, A. A., & Krisbiantoro, D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf Alfabet Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC): Studi Kasus: TK Tunas Rimba Balapulang. Journal of Information System Management (JOISM), 4(1), 22-26. https://doi.org/10.24076/joism.2022v4i1.720
Oktaviani, C., & Amini, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Model ARIAS di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 612-617. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5380
Pandawara, J. (2023). Motion Graphic Media Pembelajaran Bahasa Isyarat Alfabet bagi Anak Tunarungu SDLB. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 5(1), 14-21. https://doi.org/10.35134/judikatif.v5i1.122
Pradiani, N. P. W. Y., Turmuzi, M., & Fauzi, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran pop-up book materi bangun ruang pada muatan pembelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1456-1469. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1503
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1846-1852. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.875
Rosyida, E., Listiyono, H., & Zuliarso, E. (2024). Rancang Bangun Game Edukasi Pembelajaran Huruf Alfabet Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 8(3), 549-555. https://doi.org/10.35870/jtik.v8i3.2014
Rukbiyahtun, A. N. Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Media Roller Alfabet Ppda Kelompok B. Kumara Cendekia, 11(2), 192-200. https://doi.org/10.20961/kc.v11i2.73333
Salimi, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Pop-Up Book Bagi Guru Sekolah Dasar. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.46368/dpkm.v2i1.440
Salsabila, I., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Book Berbasis Kontekstual Muatan Pelajaran PPKN Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684-694. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665
Susanto, H., & Yanto, D. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Android. JUSTER: Jurnal Sains dan Terapan, 1(3), 218-225. https://doi.org/10.57218/juster.v1i3.438
Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan pop up book bahasa indonesia berbasis budaya Slempitan. Trapsila: Jurnal pendidikan dasar, 1(02), 1-11. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.857
Utari, A. F., & Setyadi, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis pop-up book materi teorema pythagoras pada kelas VIII SMP. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 497-507. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2158
Yahzunka, A. N., & Astuti, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Berbasis Literasi Digital terhadap Kemampuan Membaca Dongeng Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8695-8703. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3909
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.