Pengorganisasian Guru dalam Mendukung Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5234Keywords:
Pengorganisasian Guru, Projek Penguatan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Urgensi penelitian ini adalah pentingnya pengorganisasian guru dalam mendukung program P5 agar berjalan dengan baik dan sesuai tujuan yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengorganisasian guru dalam mendukung Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 2) Mengetahui hambatan dalam pengorganisasian P5. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau studi literatur yang dilakukan dengan memahami dan mempelajari berbagai teori dari sumber-sumber literatur yang relevan dengan penelitian ini. Sumber utama dalam penelitian ini adalah karya tulis ilmiah sebelumnya seperti artikel jurnal, buku, dan tulisan lainnya yang masih terkait. Proses penelitian ini meliputi beberapa tahapan, dimulai dengan penelusuran sumber-sumber relevan, diikuti oleh pengklasifikasian data berdasarkan kriteria tertentu. Tahapan berikutnya adalah pengolahan data untuk diolah menjadi temuan penelitian, yang kemudian diabstraksikan guna memperoleh informasi menyeluruh, diinterpretasikan, dan menghasilkan pengetahuan untuk penarikan kesimpulan. Analisis dilakukan terhadap 20 artikel, yang terdiri dari 10 artikel nasional dan 10 artikel internasional, yang terkait dengan pengorganisasian guru dalam mendukung P5. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pengorganisasian guru dalam mendukung P5 yaitu proses yang sistematis dalam membentuk tim fasilitator yang dipimpin oleh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Bidang Kurikulum, setiap tim fasilitator diberikan peran dan tanggung jawab spesifik, memastikan koordinasi yang efektif dalam proyek, serta melakukan evaluasi terhadap pengorganisasian guru. Hambatan pengorganisasian guru dalam mendukung program P5 meliputi; 1) Kurangnya pemahaman dan keterampilan guru terkait P5; 2) Kurangnya pelatihan guru tetang P5; 3) Keterbatasan waktu, sumber daya, dan fasilitas sekolah; 4) Kurangnya dukungan dan kolaborasi berupa kurangnya keterlibatan dan dukungan dari pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat.
Downloads
References
Allolinggi, L. R., Tangkearung, S. S., Pasauran, S. A., Alexander, F., & Allo, M. R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 4596-4605. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4448
Amanulloh, M. J. F. A., & Wasila, N. F. W. (2024). Implementasi dan pengembangan kurikulum merdeka dalam mewujudkan pendidikan berkualitas. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 33-58. https://doi.org/10.14421/njpi.2024.v4i1-3
Apriliyah, M., & Santoso, G. (2024). Implementation (P5) Profile Strengthening Project Pancasila Students Dimensions of Mutual Cooperation at Madrasah Ibtidaiyah. IJEBD (International Journal of Entrepreneurship and Business Development), 7(4), 804-809. https://doi.org/10.29138/ijebd.v7i4.2896
Armadi, A., & Kumala, R. S. D. (2023). The Implementation of Strengthening Pancasila Student Profile’s (P5) Project at SDN Parsanga I. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(2), 431-443. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i2.18572
Astuti, Z. D. (2023). Implementasi Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDIT Permata Bunda Demak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 3841-3853. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2478
Desmarianti, R., Ahyani, N., & Suherman, S. (2024). The Role of the Teacher in Implementing the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 9(2), 1154-1166. https://doi.org/10.31851/jmksp.v9i2.16184
Hayati, R. M., Rohman, M., Turmidzi, I., Yanti, D., & Nafisah, J. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka Belajar SDN 3 Bumi Aji. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 300-304. https://doi.org/10.51278/aj.v5i3.923
Hidayat, I. (2020). Pengorganisasian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 5 Sigi. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 125-151.
Izzah, I. (2024). Analisis Manifestasi Implementasi School Based Management pada Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Lembaga Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 93-109. https://doi.org/10.32478/a2w2q945
Kusumawardani, M. G., Riyanto, Y., Purbaningrum, E., Nursalim, M., & Khamidi, A. (2024). Manajemen Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di SMP Hang Tuah 6 Excellent Juanda Sidoarjo. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 1187-1196. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1003
Mahanani, A. S., Suprijono, A., & Harianto, S. (2023). Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Tema Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya di SMA Negeri 1 Babat, Lamongan. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 407-416. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.273
Marsidin, S. (2022). Strengthening Pancasila student profiles in independent learning curriculum in elementary school. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 1(6). https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i6.183
Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366-376. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239
Putra, I. N. Y. A., Hariana, K., & Firmansyah, A. (2024). Analysis of the Ideals and Reality of the Leadership Style of the Ministry of School in the Application of the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Jurnal Elementaria Edukasia, 7(2), 2900-2915. https://doi.org/10.31949/jee.v7i2.9201
Putri, Y. D. S., Khaerunisah, A., Astuti, D., Septiana, S., Alfiani, T., Fakhiroh, Z., & Febrianti, A. A. (2023). Implementation of the pancasila student profile strengthening project (p5) in elementary school. Journal of Education and Teacher Training Innovation, 1(1), 11-23. https://doi.org/10.61227/jetti.v1i1.3
Rahayu, L., Junita, A., Fiani, F. R., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2024). Kesiapan Guru dalam Mengimplentasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 4(5), 475-485.
Ramadhan, F., Puspitasari, D., Yanto, T., & Denih, A. (2023). Perencanaan Stratejik Pendidikan Melalui Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 38 Bandung. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(2), 353-365. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.559
Rifki, M., Maarif, M. A., Rahmi, S., & Rokhman, M. (2024). The Principal's Strategy in Implementing the Value of Religious Moderation in the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(3), 325-337. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i3.1271
Rokani, D., & Zamroni, M. A. (2024). Strategic Management of The Principal in The Development of The Pancasila Student Profile Strengthening Project. JELIN: Journal of Education and Learning Innovation, 1(1), 111-124. https://doi.org/10.59373/jelin.v1i1.36
Ruswan, A., Rosmana, P. S., Fatimah, A. Z., Sudirja, D. R., Laksita, E. C., Putri, I. A., ... & Rahma, T. F. (2024). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kepramukaan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3406-3412. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12920
Soro, S. H., Suhandi, A., Timorochmadi, F., Suryana, I., & Nurlaela, N. (2024). Implementation Of Educational Strategic Planning Through The Pancasila Student Profile Strengthening Project. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 395-402. https://doi.org/10.58230/27454312.430
Sumarni, M., Jewarut, S., Kusnanto, K., & Melati, F. V. (2024). Implementation of the project to strengthen the profile of pancasila students (p5) based on local wisdom in primary schools. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 8(2), 185-192. https://doi.org/10.21067/jbpd.v8i2.10503
Susanti, Y., Guntur, M., Jaya, R., Rais, R., Alfiyanto, A., & Hidayati, F. (2022). Pengorganisasian Kelas dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi di MI. At-Tafkir, 15(1), 82-97. https://doi.org/10.32505/at.v15i1.4352
Tanjung, A. M., Siregar, B., Karim, A., Kartiko, A., & Saputra, D. (2022). Pengaruh Perencanaan dan Pengorganisasian Terhadap Kinerja Guru. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 5(4), 514-524. https://doi.org/10.31538/almada.v5i4.2781
Tyaputri, V. C., & Utami, R. D. (2024). Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar melalui Gelar Karya: Gaya Hidup Berkelanjutan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2283-2296. https://doi.org/10.58230/27454312.601
Wahyuni, R., Khojir, K., & Salehudin, M. (2021). Pembelajaran Berbasis Multimedia (Tinjauan Perencanaan Dan Pengorganisasian Pada Manajemen Kinerja Guru). EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 8(2), 172-198. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v8i2.346
Wulandari, A., Trihantoyo, S., Sholeh, M., Rifqi, A., Iskandar, A. H., & Nugroho, R. (2023). Pelatihan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia. DEDICATE: Journal of Community Engagement in Education, 2(2), 1-11.
Zubair, A., Sasongko, R. N., & Aliman, A. (2017). Manajemen peningkatan kinerja guru. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 11(4). https://doi.org/10.33369/mapen.v11i4.3291
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.