Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Membaca Anak dengan Media Gambar

Authors

  • Herlianti Anggraini Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Debie Susanti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5648

Keywords:

Pengaruh, Metode Bercerita, Kemampuan Membaca, Media Gambar, Literasi Visual, Anak Usia Din

Abstract

Literasi visual merupakan salah satu keterampilan penting dalam perkembangan kognitif anak usia dini. Kemampuan membaca gambar tidak hanya mendukung keterampilan berbahasa, tetapi juga membantu anak dalam memahami informasi secara lebih komprehensif. Namun, banyak anak di tingkat TK masih mengalami kesulitan dalam menginterpretasikan gambar dan menghubungkannya dengan pengalaman mereka. Metode storytelling atau bercerita telah diidentifikasi sebagai pendekatan yang efektif dalam meningkatkan literasi visual anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode storytelling dalam meningkatkan kemampuan membaca gambar anak usia dini, khususnya di TKIT Az Zahra Kabupaten Tabalong. Studi ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design. Sampel penelitian terdiri dari 78 anak TK B yang dibagi menjadi kelompok eksperimen (metode storytelling) dan kelompok kontrol (metode konvensional). Data dikumpulkan melalui observasi dan kuesioner berbasis skala Likert, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik t-test untuk mengukur perbedaan hasil pembelajaran sebelum dan sesudah intervensi. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode storytelling secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca gambar anak dibandingkan dengan metode konvensional (p < 0.05). Rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Selain itu, anak-anak yang diajarkan dengan metode storytelling menunjukkan keterlibatan dan motivasi belajar yang lebih besar. Storytelling terbukti menjadi metode yang efektif dalam meningkatkan literasi visual anak usia dini. Penerapan storytelling yang lebih terstruktur dalam kurikulum pendidikan anak usia dini dapat membantu mengembangkan keterampilan membaca gambar secara lebih optimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan pembuat kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis literasi visual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afina, M. A. P. (2020). Stimulasi Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/10.22515/abna.v1i1.3264

Aisyah, A. N., Aristiana, D. E., Ariqoh, H., & Muhid, A. (2022). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Anak Pra Sekolah: Sebuah Systematic Review. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 41-48. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.14518

Andriani , M. F. (2022). Pemanfaatan Media Gambar berbasis Pembelajaran NHT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SDN Banjarsari 02 Kabupaten Madiun. Jurnal Literasi Digital, 2(2), 116–123. https://doi.org/10.54065/jld.2.2.2022.125

Anggraini, D. D. (2015). Peningkatan pengembangan nilai agama dan moral melalui metode bercerita. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(2), 140-149. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v2i2.2679

Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109-118. https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14594

Ariyati, T. (2015). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30595/dinamika.v7i1.918

Azhari, S. (2021). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Di Lembaga Paud Meraje Gune. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 181-197. https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3312

Azmi, S. R. M. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Science and Social Research, 2(1), 7-11. https://doi.org/10.54314/jssr.v2i1.325

Ciptaningrum, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pembelajaran Pias-Pias Kata . Jurnal Literasi Digital, 2(3), 207–216. https://doi.org/10.54065/jld.2.3.2022.186

Fadlan, A. (2019). Efektivitas metode bercerita dalam perkembangan bahasa anak. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.30631/smartkids.v1i1.47

Fatimah, A. S., Hidayat, Y., & Herniawati, A. (2024). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media gambar pada anak usia 5–6 tahun di PAUD Bahrul Ihsan Kawasen. Jurnal Intisabi, 2(1), 33-50. https://doi.org/10.61580/itsb.v2i1.50

Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-14.

Makhmudah, S. (2020). Penanaman nilai keagamaan anak melalui metode bercerita. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2). https://doi.org/10.18860/jpai.v6i2.9189

Mianawati, R., Hayati, T., & Kurnia, A. (2019). Keterampilan Menyimak pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal), 2(1), 1-14. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5308

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan metode bercerita dalam meningkatkan literasi anak terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98-106. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589-5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Rahmatillah Jr, R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan menyimak pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 1(1), 39-51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5

Setiawati, N., Putra, D., & Zukhairina, Z. (2023). Penerapan Metode Bercerita Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 1-16. https://doi.org/10.56436/mijose.v2i1.202

Supriatna, A., Kuswandi, S., Ariffianto, M. A., Suryadipraja, R. P., & Taryana, T. (2022). Upaya melatih kemampuan berbicara Anak Usia Dini melalui metode bercerita. Jurnal Tahsinia, 3(1), 37-44. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.310

Tambak, S. (2016). Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614

Utami, D. (2019). Upaya peningkatan kemandirian anak melalui metode bercerita. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(1), 1-10. https://doi.org/10.32832/jpls.v13i1.2774

Wulansary, P., & Nuraeni, L. (2020). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 172-180. https://doi.org/10.22460/ceria.v3i2.p%25p

Zulfitria, Z., Rahmatunnisa, S., & Khanza, M. (2021). Penggunaan metode bercerita dalam pengembangan kemampuan kognitif pada anak usia dini. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53-60. https://doi.org/10.24853/yby.5.1.53-60

Published

2025-04-19

How to Cite

Anggraini, H., & Susanti, D. (2025). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Membaca Anak dengan Media Gambar . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 407–417. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5648

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.