Pengembangan Pohon Baca Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Alquran Anak Usia Dini Usia di Raudhatul Athfal Jakarta Utara
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.5973Keywords:
Pengembangan, Pohon Baca, Huruf Hijaiyah, Kemampuan Membaca Awal Alquran, Anak Usia Dini UsiaAbstract
Penelitian ini penting karena mengatasi keterbatasan alat permainan edukatif yang efektif dalam membantu anak usia dini mengenal huruf Hijaiyah di lembaga PAUD. Selain itu, pengembangan media yang menarik dan sesuai kebutuhan anak dapat meningkatkan literasi agama sejak dini, yang menjadi fondasi penting dalam pendidikan karakter Islami. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk permainan pohon baca huruf Hijaiyah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca awal Alquran pada anak usia dini (5-6 tahun) di lembaga Raudhatul Athfal, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Para guru di lembaga tersebut menghadapi permasalahan keterbatasan alat permainan edukatif yang dapat secara efektif menstimulasi kemampuan membaca huruf Hijaiyah. Sebagian besar alat permainan yang ada sudah rusak, tidak menarik, serta terbuat dari bahan yang berat dan mahal dalam perawatannya. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dengan proses tersebut, dikembangkan alat permainan pohon baca huruf Hijaiyah berbahan ringan dan menarik, yang diharapkan dapat mempermudah anak dalam mengenal dan membaca huruf Hijaiyah. Hasil validasi dari ahli PAUD dan media menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan dengan skor rata-rata 80-85%. Implementasi produk ini di tiga lembaga Raudhatul Athfal membuktikan bahwa alat permainan ini efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca awal Alquran anak, dengan skor kelayakan rata-rata 74,7%. Penelitian ini berkontribusi penting dalam pengembangan media permainan edukatif yang mendukung peningkatan literasi agama pada anak usia dini
Downloads
References
Adawiyah, R. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Iqra’Dengan Menggunakan Media Kartu Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Di Tk Islam La Tansa Kabupaten Lebak. E-Jurnal Aksioma AL-ASAS, 1(2). https://doi.org/10.55171/jaa.v1i2.627
Adawiyah, R., & Priyanti, N. (2023). Pemanfaatan Media Loose Part untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Anak di TK Dharma Wanita Persatuan Bawean. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9567-9574. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i11.2411
Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui kartu huruf hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46-57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638
Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104-114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466
Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. Visi, 15(2), 547171. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.3
Danita, F. (2023). Bagaimana Proses Pengenalan Membaca Awal yang Sesuai untuk Anak Usia Dini?. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 345-350. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.518
Dewi, N. F. K., & Bia, B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Wafa Di Kelas A Ra Al-Falahiyyah. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 42-54. http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v11i2.7838
Haryono, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pada Anak Kelompok B Melalui Penggunaan Media Gambar Seri. Linggau Journal of Elementary School Education, 3(1), 29-34. https://doi.org/10.55526/ljese.v3i1.481
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52-64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Hidayat, S., & Nur, L. (2018). Nilai Karakter, Berpikir Kritis dan Psikomotorik Anak Usia Dini. Visi, 13(1), 259997. https://doi.org/10.21009/JIV.1301.4
Irmayati, S., Candra, P. A., & Adilla, U. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Permainan Ular Tangga Iqro’pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Darussalam Dusun Tirta Mulya Kabupaten Bungo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 144-161. https://doi.org/10.51311/alayya.v2i2.579
Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140
Isnaini, N. A., Rosyida, N. I., Wulandari, R., Tarsono, T., & Hasbiyallah, H. (2023). Dari Stimulus-Respon hingga Modifikasi Perilaku; Tinjauan Teori Behaviorisme John B. Watson dan Realisasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10062-10070. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2442
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.54065/jld.5.1.2025.558
Kurnia, I., Ahmad, H. A., & Mansoor, A. Z. (2021). Perancangan Animasi 3D Pengenalan Huruf Hijaiyah Untuk Anak Usia Dini. In ITB Graduate School Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 687-702).
Kurnia, L., & Anggriyani, W. (2023). Penerapan Media Kartu Huruf Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Anak Usia 4-5 Tahun. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 4(2). https://doi.org/10.55171/jaa.v4i2.1013
Lidianti, D., Putra, P., Oktadini, N. R., Meiriza, A., & Sevtiyuni, P. E. (2022). Pemanfaatan teknologi augmented reality dalam pembelajaran huruf hijaiyah dan makhorijul huruf. TeIKa, 12(02), 67-76. https://doi.org/10.36342/teika.v12i02.2941
Maemonah, M., & Lestari, P. I. (2023). Filsafat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Fredwrich Wilhelm Froebel. Generasi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 23-47.
Maksuroh, M., & Agustin, M. (2025). Efektivitas Penggunaan Kartu Huruf Hijaiyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 8(1), 62-69. https://doi.org/10.31004/aulad.v8i1.873
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Mazidah, N., & Amalia, D. (2024). Peningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini Melalui Kartu Berwarna. JURNAL LENTERA ANAK, 5(2). https://doi.org/10.34001/jla.v5i2.7599
Mu'alimah, M. (2020). Peningkatan pengenalan huruf Hijaiyah pada anak usia dini melalui media berbasis visual dan interaktif. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 11(4), 87–96. https://doi.org/10.1234/jpaiud.2020.11.4.87
Pratama, L. R. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter PAUD. Jambura Early Childhood Education Journal, 4(2), 182–194. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1125
Rahayu, D. P. (2021). Pemberian Stimulasi Anak Berbasis Teori Bermain Kognitif Jean Piaget. Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini, 2(1), 49-56.
Retnowati, L., Kaeski, Y. T., Janah, R., & Watini, S. (2023). Implementasi Model SIUUL dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah di TKIT Nur Sa’adah. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3072-3078. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1957
Setiawan, E. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Quran Melalui Metode Albana Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Al-Mudarris, 1(2), 68. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i2.170
Setyowahyudi, R. (2020). Pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 17-35.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Hakim, Erna Budiarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.