Pengembangan E-Modul Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa pada Elemen Perpajakan Fase F
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.2.2025.6555Keywords:
Pengembangan, E-Modul, Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Siswa SMKAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada rendahnya penggunaan bahan ajar digital interaktif serta kurangnya penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran perpajakan di SMK Negeri di Surabaya, khususnya yang menyesuaikan dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan e-modul elemen perpajakan fase F berbasis Heyzine Flipbook, mengetahui tingkat kelayakan e-modul berdasarkan validasi ahli, mengukur respon siswa terhadap penggunaan e-modul, dan menilai efektivitas e-modul dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dari SMK Negeri 1,4,6, dan 10 Surabaya yang telah mempelajari materi PPh Final dan PPh Pasal 21. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan produk, validasi ahli, uji coba terbatas, dan implementasi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, serta pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan presentase kelayakan, presentase respon siswa, dan uji N-gain untuk efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dinyatakan sangat layak dengan skor kelayakan 95% dari ahli materi, 97% dari ahli bahasa, dan 98% dari ahli grafis. Respon siswa terhadap e-modul juga sangat baik dengan rata-rata sebesar 89%. Uji efektivitas menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan skor rata-rata N-gain sebesar 0,81 dalam kategori tinggi, dari nilai pretest 67 menjadi 93 pada posttest. Dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Heyzine Flipbook ini sangat layak, mendapat respon positif dari siswa, serta efektif digunakan dalam pembelajaran perpajakan berbasis diferensiasi.
Downloads
References
Amalia, I., & Sujatmiko, B. (2022). Pengembangan e-modul berbantuan flipbook berbasis pjbl guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknik animasi 2D Dan 3D Kelas Xi Multimedia (Studi Kasus: Smkn 2 Singosari). IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 7(3), 92-99. https://doi.org/10.26740/it-edu.v7i3.50147
Ashari, L. S., & Puspasari, D. (2024). Pengembangan e-modul berbasis Heyzine flipbook pada mata pelajaran otomatisasi humas dan keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2565-2576. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8126
BSNP. (2022). Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, Penyajian, dan Kegrafikan.
Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-modul interaktif berbasis proyek terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433-441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035
Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(3), 1608-1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem pendidikan nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39-45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48
Hl, N. I., Nasruddin, N., Sejati, A. E., & Sugiarto, A. (2023). Developing Teaching Material of Research Methodology and Learning with 4D Model in Facilitating Learning During the Covid-19 Pandemic to Improve Critical Thinking Skill. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(2), 541-554. https://doi.org/10.33394/jk.v9i2.7110
Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4), 1015-1025.
Iskandar, D. (2021). Peningkatan hasil belajar siswa pada materi report text melalui pembelajaran berdiferensiasi di kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.
Khomaria, I. N., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan e-modul berbasis model Learning Cycle pada materi media komunikasi humas kelas XI OTKP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2492-2503.
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840
Mahulae, P. S., Makahinda, T., Silangen, P. M., & Rampengan, A. M. (2023). Effectiveness of Project Based Learning Model in Learning Evaluation Course in Physics Education Study Programme. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(SpecialIssue), 1077-1082. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9iSpecialIssue.5891
Makki, M., & Fauzi, A. (2023). Identifikasi Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Pada Siswa Kelas Tinggi. Journal of Classroom Action Research, 5(SpecialIssue), 105-110. https://doi.org/10.29303/jcar.v5iSpecialIssue.3894
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392
Mutmainnah, M., Aunurrahman, A., & Warneri, W. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1625–1631. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952
Naibaho, D. P. (2023). Strategi pembelajaran berdiferensiasi mampu meningkatkan pemahaman belajar peserta didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91. https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150
Nurhidayat, F., Agustin, L., & Setiaji, B. Kelayakan e-modul berbasis problem base learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(2), 135-142. https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i2.45374
Nurjanah, N., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2023). Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Berbasis Modul Digital. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang,, 8(1), 1669-1678.
Palupi, R. A., Susanti, S., & Listiadi, A. (2023). Development of Basic Accounting and Finance Books Based on Differences Learning Style for Vocational School. Economic Education Analysis Journal, 12(3), 229-240. https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i3.69458
Pratama, V., Anggraini, S. F., Yusri, H., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas E-Modul Interaktif Berbasis Konflik Kognitif untuk Remediasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Gaya. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 68–76. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/525
Putri, S. A., Asbari, M., & Hapizi, M. Z. (2024). Perkembangan Pendidikan Indonesia: evaluasi potensi implementasi merdeka belajar. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 39-46. https://doi.org/10.4444/jisma.v3i2.950
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saraswati, R. R. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Digital Berbasis High Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Dimensi Tiga Untuk Siswa Kelas Xii Sma (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan model problem based learning berbasis berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar peserta didik pada pelajaran biologi materi ekosistem kelas X SMA. Journal on Education, 6(1), 48-53. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2912
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, Y., Islami, S., Ningrum, W. W. K., Nuryadin, A., & Alim, M. A. bin A. (2023). Development of Interactive E-Module on Learning IPAS. Jurnal Pendidikan, 24(2), 51–60. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.4579.2023
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di Kelas IXb semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80-94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Taufik, A. N., Berlian, L., Wahyuni, A. R., Khofifah, M., & Shakila, S. (2024). Pengembangan E-Modul Berbasis Ekoliterasi Sebagai Upaya untuk Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Jurnal Pendidikan Mipa, 14(3), 702-712. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1699
Trianto, I. B. (2015). Mendesain model pembelajaran novatif, kreatif dan kontekstual. In Jakarta: Prenadamedia Group.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novia Tri Anggraini, Susanti Susanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.