Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa

Authors

  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pembelajaran Kooperatif, Group Investigation Berbantuan Proyek, Kemampuan Awal Matematis, Project-Assisted Group Investigation, Mathematical Problem-Solving, Mathematical Prior Knowledge

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berdasarkan kategori kemampuan awal matematis siswa (tinggi, sedang, dan rendah). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII salah satu SMP Negeri di Cirebon tahun ajaran 2013/2014. Sampel untuk penelitian ini diambil dua kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan kelas kontrol yang mendapat pembelajaran konvensional dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data dilakukan terhadap skor gain ternormalisasi antara dua kelompok sampel. Analisis data kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan uji ANOVA Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan proyek dan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional berdasarkan kemampuan awal matematis siswa (KAM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh/ Buku Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balitbang. (2013, September 5). Survei Internasional TIMSS. Retrieved from http://litbang.kemdikbud.go.id/index.php/survei-internasional-timss

Creswell, J. W. (2012). Research Design Pedekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziah, A. (2009). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP melalui Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring). Bandung: SPs UPI Bandung.

Kusmaydi. (2010). Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Bandung: SPs UPI Bandung.

Lestari, W. D. (2014). Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Habits of Managing Impulsivity Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek. Bandung: UPI Bandung.

Machmud, T. (2013). Peningkatan Kemampuan Komunikasi, Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP melalui Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Strategi Scaffolding. Bandung: SPs UPI Bandung.

Mullis, I. V., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2011). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. Boston: IEA TIMSS & PIRLS International Study Center Lynch School of Education Boston College.

Pehkonen, E. (2007). Problem Solving in Mathematics Education in Finland. WG2, 1-5.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiman, & Kusumah, Y. S. (2010). Dampak Pendidikan Matematika Realistik terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. IndoMS: Journal of Math Education, 1(1), 4151.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: P4TK Matematika.

Published

2018-08-12

How to Cite

Lestari, W. D. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 45–55. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/196

Issue

Section

Articles