Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Ekspositori Ditinjau Dari Tingkat Mathematical Habits of Mind

Authors

  • Dian Rohaeni Universitas Wiralodra
  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dan Ekspositori, Mathematical Habits of Mind

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat Mathematical Habits of Mind. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi subjek adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sindang tahun ajaran 2017/2018. Sampel kelas diambil sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara diundi. Terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen I yang menggunakan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen II yang menggunakan metode pembelajaran Ekspositori. Berdasarkan analisis uji ANAVA dua jalan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan interaksi antara metode pembelajaran (penemuan terbimbing dan ekspositori) dan tingkat Mathematical Habits of Mind. Hasil uji lanjut dengan menggunakan uji Scheffe diperoleh bahwa penggunaan metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tingkat Mathematical Habits of Mind tinggi lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran ekspositori.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Juhana Senjaya. (2017). Statistika Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Indramayu: FKIP Unwir

Ahmad Dzulfikar. (2018). Habits Of Mind Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Matematis. Suska Journal of Mathematics Education. Vol 4(1): 1-8.

Ali Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanann dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Diar Veni Rahayu dan Ekasatya Aldila Afriansyah. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. ISIM-MED Department of Mathematics Education. Vol 5(1): 29-37.

Eva Dwika Masni. (2017). Asosiasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI. Vol 20(1): 38-44.

Hafizah Delyana. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Pendekatan Open Ended. Lemma Research of Mathematic Education. Vol 2(1): 26-34.

Leo Adhar Effendi. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 13(2):1-10.

Shovia Ulvah dan Ekasatya Aldila Afriansyah. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. Vol 2(2): 142-153.

Siti Mawaddah dan Hana Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Genertaif (Generative Learning ) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 3(2): 166-175.

Downloads

Published

2019-02-17

How to Cite

Rohaeni, D., Rosyadi, R., & Lestari, W. D. (2019). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Ekspositori Ditinjau Dari Tingkat Mathematical Habits of Mind. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 44–49. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/210

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)