Hambatan Didaktik Guru Matematika Terhadap Teknologi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2753Keywords:
hambatan didaktik, pemanfaatan teknologi, proses adaptasi guru, covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan didaktik yang dilalui guru saat beradaptasi dengan teknologi pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan proses adaptasi guru matematika terhadap teknologi pembelajaran pasca pandemi covid-19. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu hambatan yang dilalui guru saat beradaptasi dengan teknologi diantaranya kurangnya respon positif dari siswa, perangkat elektronik yang kurang memadai, pemahaman siswa menurun, semangat siswa dan guru tidak seimbang, motivasi siswa kurang, penyimpanan telepon cepat penuh, sulit mengkondisikan kebiasaan pribadi, sulit mengkondisikan kebiasaan siswa, interaksi antara guru dan siswa terbatas, jaringan internet yang tidak stabil, siswa sulit mengembangkan diri, dan kuota internet terbatas. Pemanfaatan teknologi pembelajaran oleh guru matematika tingkat SMA di Kabupaten Indramayu sangat beragam yaitu Power Point, Quizizz, YouTube, WhatsApp, E-Learning, Zoom Meeting, Google Classroom, Google Formulir, Google Meeting. Proses guru beradaptasi dengan teknologi pembelajaran sangat beragam seperti melihat tutorial dari YouTube, melihat google, mengikuti webinar, mengikuti bimbingan teknis, sharing dengan partner, belajar otodidak, mendapatkan sosialisasi dari sekolah, mudah dalam beradaptasi, sulit untuk beradaptasi, sedikit bingung, repot diawal, memotivasi diri untuk bisa, harus melek teknologi, sudah siap sebelumnya.
Downloads
References
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Caroline, Monic Debor. Maria, Heny Pratiknjo. Nasrun, S. (2021). Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantauan Asal Jakarta Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas. 14(3).
Cholik, A. C. (2022). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Kualitas Pendidikan Di Era New Normal 1. 9(1), 239–245.
Debora, C. M., Pratiknjo, M. H., & Sandiah, N. (2021). Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantauan Asal Jakarta Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.
Elfina, E. (2020). Adaptasi pembelajaran matematika di masa belajar dari rumah pada siswa kelas xii smk diponegoro salatiga tahun 2020 skripsi.
Febrialismanto, F., & Nur, H. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296
Giantara, Febri, Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 787–796.
Grainger, R., Liu, Q., & Geertshuis, S. (2021). Learning technologies: A medium for the transformation of medical education? Medical Education, 55(1), 23–29. https://doi.org/10.1111/medu.14261
Habibi, & Jannah, N. (2015). Proses Adaptasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Yiah Kuala Banda Aceh. 1–5.
Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif. Pena Persada.
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84
Joseph, J. (2012). The Barriers to Using Education Technology for Optimizing the Educational Experience of Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 427–436. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.051
Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 58, 215–220.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369
Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Tayo, Y., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2021). Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Digital Immigrant. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2), 155-164.
Venn, E., Park, J., Andersen, L. P., & Hejmadi, M. (2020). How do learning technologies impact undergraduates’ emotional and cognitive engagement with their learning? Teaching in Higher Education, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/13562517.2020.1863349
Yusrizal, Intan Safiah, N. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajarandi SD Negeri 16 Banda Aceh. 2(2), 126–134.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.