Hambatan Didaktik Guru Matematika Terhadap Teknologi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19

Authors

  • Rosyadi Rosyadi Universitas Wiralodra
  • Farid Gunadi Universitas Wiralodra
  • Sindy Sindy Universitas Wiralodra

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2753

Keywords:

hambatan didaktik, pemanfaatan teknologi, proses adaptasi guru, covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hambatan didaktik yang dilalui guru saat beradaptasi dengan teknologi pembelajaran, pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan proses adaptasi guru matematika terhadap teknologi pembelajaran pasca pandemi covid-19. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu hambatan yang dilalui guru saat beradaptasi dengan teknologi diantaranya kurangnya respon positif dari siswa, perangkat elektronik yang kurang memadai, pemahaman siswa menurun, semangat siswa dan guru tidak seimbang, motivasi siswa kurang, penyimpanan telepon cepat penuh, sulit mengkondisikan kebiasaan pribadi, sulit mengkondisikan kebiasaan siswa, interaksi antara guru dan siswa terbatas, jaringan internet yang tidak stabil, siswa sulit mengembangkan diri, dan kuota internet terbatas. Pemanfaatan teknologi pembelajaran oleh guru matematika tingkat SMA di Kabupaten Indramayu sangat beragam yaitu Power Point, Quizizz, YouTube, WhatsApp, E-Learning, Zoom Meeting, Google Classroom, Google Formulir, Google Meeting. Proses guru beradaptasi dengan teknologi pembelajaran sangat beragam seperti melihat tutorial dari YouTube, melihat google, mengikuti webinar, mengikuti bimbingan teknis, sharing dengan partner, belajar otodidak, mendapatkan sosialisasi dari sekolah, mudah dalam beradaptasi, sulit untuk beradaptasi, sedikit bingung, repot diawal, memotivasi diri untuk bisa, harus melek teknologi, sudah siap sebelumnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Caroline, Monic Debor. Maria, Heny Pratiknjo. Nasrun, S. (2021). Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantauan Asal Jakarta Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas. 14(3).

Cholik, A. C. (2022). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Kualitas Pendidikan Di Era New Normal 1. 9(1), 239–245.

Debora, C. M., Pratiknjo, M. H., & Sandiah, N. (2021). Strategi Adaptasi Mahasiswa Perantauan Asal Jakarta Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Elfina, E. (2020). Adaptasi pembelajaran matematika di masa belajar dari rumah pada siswa kelas xii smk diponegoro salatiga tahun 2020 skripsi.

Febrialismanto, F., & Nur, H. (2020). Kemampuan Guru Menggunakan TIK Untuk Pengembangan di Taman Kanak-Kanak. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 101. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.8296

Giantara, Febri, Astuti, A. (2020). Kemampuan Guru Matematika Mempertahankan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 787–796.

Grainger, R., Liu, Q., & Geertshuis, S. (2021). Learning technologies: A medium for the transformation of medical education? Medical Education, 55(1), 23–29. https://doi.org/10.1111/medu.14261

Habibi, & Jannah, N. (2015). Proses Adaptasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Yiah Kuala Banda Aceh. 1–5.

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif. Pena Persada.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Hikmah, A. N., & Chudzaifah, I. (2020). Blanded Learning: Solusi Model Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 83–94. https://doi.org/10.32489/alfikr.v6i2.84

Joseph, J. (2012). The Barriers to Using Education Technology for Optimizing the Educational Experience of Learners. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 64, 427–436. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.051

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 58, 215–220.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Tayo, Y., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2021). Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh bagi Guru Digital Immigrant. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 16(2), 155-164.

Venn, E., Park, J., Andersen, L. P., & Hejmadi, M. (2020). How do learning technologies impact undergraduates’ emotional and cognitive engagement with their learning? Teaching in Higher Education, 0(0), 1–18. https://doi.org/10.1080/13562517.2020.1863349

Yusrizal, Intan Safiah, N. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajarandi SD Negeri 16 Banda Aceh. 2(2), 126–134.

Downloads

Published

2023-08-03

How to Cite

Rosyadi, R., Gunadi, F., & Sindy, S. (2023). Hambatan Didaktik Guru Matematika Terhadap Teknologi Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 215–226. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2753