MENGUNGKAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)

Authors

  • Ulfha Rachmawati Universitas Wiralodra
  • Sudirman Sudirman Universitas Wiralodra
  • Wiwit Damayanti Lestari Universitas Wiralodra

Keywords:

Berpikir Kreatif Matematis, Missouri Mathematics Project

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan efektifitas dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan  pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model/desain Concurrent Embedded, dimana metode penelitian kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Analisis data dengan tahapan- tahapan yaitu: (1) dilakukan analisis data kualitatif untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan  pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan langkah-langkah analisis data model Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification.  (2) dilakukan analisis data kuantitatif untuk mengetahui efektifitas dalam penggunaan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga. Untuk melihat kriteria efektifitas yakni: adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi segitiga sebelum dan sesudah pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dengan uji t satu sampel terhadap N-gain Ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan  pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada setiap pertemuannya dan dinyatakan efektif, dengan adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai ketuntasan dengan rata-rata pretest 60,67 masuk dalam kategori rendah dan rata-rata postest meningkat 82,11 kategori tinggi. Jadi kesimpulannya yakni pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Career Center Maine Department of Labor USA. 2004. Today’s Work Competence in Maine. [Online]. Tersedia: http://www.maine.gov/labor/lmis/pdf/EssentialWorkCompetencies.pdf. (diakses pada 26 November 2018, 11.17).
Chesimet M. C, Githua B. N, & Ng’eno, J.K. 2016. Effect of Experiental Learning Approach on Students’ Mathematical Creativity among Secondary School Students of Kericho East Sub-Country, Kenya. Journal of Education and Practice, 23(7), 51-57.
Mulugeta Atnafu Ayele. 2016. Mathematics Teachers’ Perceptions on Enhancing Students’ Creativity in Mathematics. IEJME — MATHEMATICS EDUCATION, 10(11), 3521-3536.
Permendikbud. 2016. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: BSNP.
Indrie Noor Aini. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 57-66.
Sofiatun, & Suryanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PGSD, 2(1), 1-14.
Utami, Masrukan, & Arifudin. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Taba Berbantuan Geometer’s Sketchpad. Jurnal KREANO, 1(5), 63-72.
Novi Marliani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta., 1(9), 33-39.
Aan Juhana Senjaya. 2017. Statistika Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Indramayu: fkipunwir Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Ulfha Rachmawati, Sudirman, S., & Lestari, W. D. (2020). MENGUNGKAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP). Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/321

Issue

Section

Articles