MENGUNGKAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MATERI SEGITIGA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP)
Keywords:
Berpikir Kreatif Matematis, Missouri Mathematics ProjectAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan efektifitas dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kombinasi model/desain Concurrent Embedded, dimana metode penelitian kualitatif sebagai metode primer dan metode kuantitatif sebagai metode sekunder. Analisis data dengan tahapan- tahapan yaitu: (1) dilakukan analisis data kualitatif untuk mengetahui gambaran peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan langkah-langkah analisis data model Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. (2) dilakukan analisis data kuantitatif untuk mengetahui efektifitas dalam penggunaan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga. Untuk melihat kriteria efektifitas yakni: adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis materi segitiga sebelum dan sesudah pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP), dengan uji t satu sampel terhadap N-gain Ternormalisasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga menggunakan pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada setiap pertemuannya dan dinyatakan efektif, dengan adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis mencapai ketuntasan dengan rata-rata pretest 60,67 masuk dalam kategori rendah dan rata-rata postest meningkat 82,11 kategori tinggi. Jadi kesimpulannya yakni pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa materi segitiga.
Downloads
References
Chesimet M. C, Githua B. N, & Ng’eno, J.K. 2016. Effect of Experiental Learning Approach on Students’ Mathematical Creativity among Secondary School Students of Kericho East Sub-Country, Kenya. Journal of Education and Practice, 23(7), 51-57.
Mulugeta Atnafu Ayele. 2016. Mathematics Teachers’ Perceptions on Enhancing Students’ Creativity in Mathematics. IEJME — MATHEMATICS EDUCATION, 10(11), 3521-3536.
Permendikbud. 2016. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: BSNP.
Indrie Noor Aini. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Berdasarkan Pengetahuan Awal Matematis. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 57-66.
Sofiatun, & Suryanti. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal PGSD, 2(1), 1-14.
Utami, Masrukan, & Arifudin. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Model Taba Berbantuan Geometer’s Sketchpad. Jurnal KREANO, 1(5), 63-72.
Novi Marliani. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta., 1(9), 33-39.
Aan Juhana Senjaya. 2017. Statistika Terapan untuk Penelitian Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Indramayu: fkipunwir Press.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.