PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MENGGUNAKAN STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE ANTARA SISWA YANG DIBERI SISIPAN ICE BREAKING DENGAN SISWA YANG DIBERI SISIPAN REINFORCEMENT
Keywords:
Pendidikan matematika, Kemampuan Komunikasi, QSH, Ice Breaking, reinforcementAbstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis menggunakan Strategi Question Student Have yang diberi sisipan ice breaking dan yang diberi sisipan reinforcement; (2) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang lebih baik antara menggunakan Strategi Question Student Have yang diberi sisipan ice breaking dengan yang diberi sisipan reinforcement. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 4 Sindang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan Strategi Question Student Have yang diberi sisipan ice breaking dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan Strategi Question Student Have yang diberi sisipan reinforcement komunikasi matematis siswa. Dalam penelitian ini, untuk menganalisis data digunakan uji-t. Berdasarkan pengolahan data diperoleh rata-rata nilai tes akhir untuk kelas eksperimen I adalah 24,2 dari skor ideal 43, dan rata-rata nilai tes akhir untuk kelas eksperimen II adalah 19,9 dari skor ideal 43. Dan diperoleh varians untuk kelas eksperimen 1 adalah 14,02 dan varians kelas eksperimen 2 adalah 18,3. Dengan taraf signifikan 5%, hasil uji-t menunjukkan dan ,6. bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang Strategi Question Student Have yang diberi sisipan ice breaking lebih baik daripada yang menggunakan Strategi Question Student Have yang diberi sisipan reinforcement.
Downloads
References
Agus Dwi Wijayanto, Siti Nurul Fajriah, dan Ika Wahyu Anita. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Journal Cendekia: Jurnal Penddikan Matematika. 2(1) Hal.97 – 104
Dedeh Tresnawati Choridah. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2): 194 – 202
Dwi Asridha Wati, Karsadi, Mustamin Anggo. 2018. Pengaruh Pemberian Penguatan dan Fasilitas Belajar Sekolah terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas IX IPS Di SMA Negeri 11 Konewa Selatan. Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS. 2(1) Hal. 179-187
Hau, R. R., Marwoto, P., & PUTRA, M. N. (2017). Pattern of mathematic representation ability in magnetic electricity problem. Journal of Physics, 983(1), 1-6.
Heronimus Delu Pingge, Muhammad Nur Wangid. 2016. Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tombolaka. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1) Hal: 30-42
Khaerudin. 2015. Kualitas Instrumen Tes Hasil Belajar. Jurnal Madaniyah. 2(9) Hal. 212-235
Kurniasih, M. D., Lenaldi, H. D., & Wahidin. (2018). The Effect of Ice-Breaking using Stand-up Comedy on Students’ Mathematical Belief System. Journal of Physics, 948(1), 1-5.
Xu, N. (2019). Understanding the Reinforcement Learning. Journal of Physics, 12(07), Hal.1-6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.