ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATRIKS PADA KELAS XI SMA

Authors

  • Erni Ekafitria Bahar Unisversitas Muhammadiyah Makassar
  • Fitriani Fitriani
  • Nursakiah Nursakiah

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2136

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan siswa kelas XI SMA dalam menyelesaikan soal matriks. Subjek penelitian 3 orang yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuannya dan yang melakukan kesalahan paling banyak pada tes diagnostik kesalahan. Lembar tes kemampuan matematika, lembar tes diagnostik kesalahan, serta pedomana wawancara merupakan instrumen dalam penelitian ini. Tes diagnostik memuat tes yang berkaitan transpose, kesamaan dua matriks, perkalian dua buah matriks, prinsip atau sifat-sifat matriks (perkalian skalar, pengurangan, perkalian, determinan, invers matriks), serta operasi-operasi pada matriks. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Subjek Tinggi melakukan kesalahan konsep perkalian matriks dan tidak melakukan kesalahan prinsip. Kesalahan operasi pada soal perkalian skalar, pengurangan, kesamaan matriks, perkalian matriks, determinan, dan invers matriks yang disebabkan kekurang telitian dalam melakukan perhitungan; (b) Subjek Sedang melakukan kesalahan konsep transpose, kesamaan dua matriks, serta perkalian matriks. Kesalahan prinsip terjadi terkait materi perkalian dan invers matriks. Kesalahan operasi pada soal transpose, perkalian skalar, pengurangan, perkalian, serta invers matriks; (c) Subjek Rendah melakukan kesalahan konsep transpose, kesamaan matriks, serta perkalian matriks. Kesalahan prinsip pada soal perkalian skalar, pengurangan, perkalian matriks, determinan, serta invers matriks. Kesalahan operasi terjadi pada semua soal.

Kata Kunci: Kesalahan, Konsep, Prinsip, Operasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aulia, J. and Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs’, Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), pp. 484–500. Available at: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503.

Fausan, F., Sugita, G. and Sukayasa, S. (2019) ‘Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Berdasarkan Jenis Kelamin Di Sma Negeri 7 Palu’, Aksioma, 8(2), pp. 110–124. Available at: https://doi.org/10.22487/aksioma.v8i2.208.

Firdaus. 2019. Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Linier Pada Materi Matriks. Universitas Banten Jaya. SerangBanten.

Haryadi, R. and Nurmaningsih, N. (2019) ‘Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus’, Jurnal Elemen, 5(1), p. 1. Available at: https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.703.

Khairani, B.P. and Kartini, K. (2021) ‘Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Matriks’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), pp. 505–514. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.981.

Pujilestari, P. (2018) ‘Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1). Available at: https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.264.

Septiahani, A., Melisari, M. and Zanthy, L.S. (2020) ‘Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret’, Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), pp. 311–322. Available at: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.644.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Uno, H. B. (2009). Model Pembelajaran (cetakan IV). Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Bahar, E. E., Fitriani, F., & Nursakiah, N. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATRIKS PADA KELAS XI SMA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i1.2136