Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Scientific Approach

Authors

  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ikhbariaty Kautsar Qadry Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Kooperatif, Group Investigation, Scientific Approach

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimodifikasi dari teori pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel (1974). Tahapan yang ditempuh yaitu (a) Pendefinisian, (b) Perancangan, (c) Pengembangan, dan (d) Penyebaran. Uji coba dilakukan pada siswa Kelas XI SMA Kartika Makassar tahun ajaran 2017/2018. Hasil yang diperoleh pada uji coba tersebut, yaitu perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe group investigation dengan scientific approach sudah praktis dan efektif, hal ini terlihat dari: (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar telah memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan ketuntasan klasikal tercapai, (2) Pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe group investigation dengan pendekatan scientific membuat siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran, (3) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe group investigation dengan scientific approach termasuk dalam kategori tinggi, artinya penampilan guru dapat dipertahankan, (4) rata-rata siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemdikbud. (2013). Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik.

Nieveen, N. (1999). Design approaches and tools in education and training. Dordrecht, The Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Nurdin. (2009). Strategi Pembelajaran Matematika. Tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nurhadi, Y.B., & Sendruk, A.G. (2004). Pembelajaran Kontesktual dan Penerapannya dalam KBK. 2004. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sahid, (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmetika Sosial dengan Pendekatan Realistik di Kelas VII SMP. Tesis. PPs UNM Makassar.

Slavin, R.E. (2008). Cooperative Learning (Theory, Research, and Practice) (Terjemahan: Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Suherman, E. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Suherman, E.,Turmudi, Suryadi, D., Herman, T., Suhendra, Prabawanto, S., Nurjanah, dan Rohayati, A. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Thiagarajan, S., Dorothy S. S. & Melvyn I. S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Indiana University

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-02-17

How to Cite

Nursakiah, N., & Qadry, I. K. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Scientific Approach. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 102–107. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/216

Issue

Section

Articles