Pengaruh Penggunaan Alat Peraga “Papan Statistika” guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Labschool FIP UMJ

Authors

  • Riska Zahrun Nisa Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhamad Sofian Hadi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Venni Herli Sundi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sugiyanti Sugiyanti SMP Labschool FIP UMJ

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3711

Keywords:

Hasil Belajar Statistika, Papan Statistika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi siswa yaitu rendahnya hasil belajar matematika yang disebabkan oleh kurangnya variasi metode yang digunakan yakni masih berpusat pada guru dan kurangnya penggunaan alat peraga pembelajaran yang menarik. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu menerapkan alat peraga pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga “Papan Statistika” guna meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Labschool FIP UMJ. Alat peraga “Papan Statistika” merupakan salah satu alat peraga matematika yang berfungsi untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep dasar statistika. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa kelas VII SMP Labschool FIP UMJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal uraian dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang diperoleh selama melaksanakan PTK didapatkan hasil dengan kategori sangat baik, yaitu (1) Pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 64 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 54%. (2) Pada siklus II diperoleh rata-rata sebesar 84 dengan persentase ketuntasan hasil belajar sebesar 93%. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan alat peraga “Papan Statistika” berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Labschool FIP UMJ.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chotimah, S., Sari, I. P., & Zanthy, L. S. (2020). Pelatihan Cara Menanamkan Konsep Matematika Untuk Anak SD dengan Menggunakan Media Alat Peraga Pada Guru SD. Abdimas Siliwangi, 3(1), 157-172.

Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset awal siswa terhadap pembelajaran matematika yang sulit dan menakutkan.

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63.

Harianti, F. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Materi Operasi Aljabar Kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 82-91.

Nurjanah, S. M., Setiawan, W., & Sariningsih, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAT PERAGA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(1), 411-422.

Payadnya, I Putu Ade Andre, dkk. 2022. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pertiwi, B., & Novtiar, C. (2022). Analisis Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Komunikasi Matematis Soal Instrumen Relasi dan Fungsi Pada Siswa Kelas IX di Kabupaten Bandung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 9-22.

Setyowati, L. (2023). Pengaruh Media Konkret dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV MIN 1 Gunungkidul. Indonesian Journal of Action Research, 2(2), 267-273.

Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa mata diklat matematika materi peluang di kelas X AP B semester 2 SMK N 1 Bawen. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24-30.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Zahrun Nisa, R., Hadi, M. S., Sundi , V. H., & Sugiyanti, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga “Papan Statistika” guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Labschool FIP UMJ. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(1), 401–408. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3711

Most read articles by the same author(s)