The Difusi Inovasi Pembelajaran yang Relevan di SDN Kabupaten Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6251Keywords:
Pembelajaran Relevan, Difusi Inovasi, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi penelitian ini terletak pada penerapan pembelajaran yang relevan di SDN Kabuten Simalungun melalui pendekatan difusi inovasi dengan mengembangkan bahan ajar untuk mempermudah proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran yang relevan di SDN Kabuten, Kabupaten Simalungun, dengan menggunakan pendekatan difusi inovasi serta mengembangkan bahan ajar yang mendukung proses belajar mengajar di kelas. Pembelajaran yang relevan menjadi kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era digital yang terus berkembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SDN Kabuten, dengan sampel sebanyak 20 orang guru yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian berupa kuesioner tertutup dengan skala Likert yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85% guru memahami konsep pembelajaran yang relevan, dan 75% telah menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran. Namun, 60% guru mengaku mengalami kendala dalam perencanaan pembelajaran karena keterbatasan waktu dan beban administrasi. Selain itu, 70% responden menyatakan bahwa keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya dukungan orang tua menjadi tantangan utama dalam implementasi. Meskipun demikian, 90% guru menyatakan bahwa pembelajaran yang relevan dapat meningkatkan pemahaman siswa dan 80% menyatakan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Dukungan kepala sekolah (78%) dan kolaborasi antarguru (82%) menjadi faktor penting dalam mendorong keberhasilan implementasi inovasi ini. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan intensif bagi guru dalam merancang pembelajaran yang relevan serta peningkatan fasilitas sekolah guna menunjang proses belajar yang adaptif dan kontekstual.
Downloads
References
Achyanadia, S. (2016). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v5i1.486
Ambiani, J., Murhayati, S., & Zaitun, Z. (2025). Strategi Inovatif Kurikulum PAI: Dari Difusi Hingga Implementasi Berbasis Teknologi Dan Kolaborasi. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 1099-1109. https://doi.org/10.31004/jpion.v4i2.539
Anistasya, A., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Penerapan Unsur-unsur Difusi Inovasi dalam Teknologi Pendidikan Berupa Virtual Lab. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(5), 5272-5279. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i5.7941
Ardiansyah, A., Risnita, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Ihsan: Jurnal Pengabdian dan Pendidikan Islam, 1(2), 202–212. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Arif, M. I., & Setyawan, R. (2022). Respons peserta didik dan orang tuan terhadap pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran pendidikan jasmani. Sriwijaya Journal of Sport, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.55379/sjs.v1i2.255
Fadhilah, A. R., Hanani, R. A., & Kismartini. (2023). Difusi inovasi pelayanan Sedino Mesti Dadi (SEMEDI) Kabupaten Sragen. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 12(3). https://doi.org/10.14710/jppmr.v12i3.39825
Hayati, R., Abdillah, T. R., Meilinar, F., & Zuraini, Z. (2024). Pendampingan Guru melalui Difusi Inovasi Pendidikan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi TPACK. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 8(5), 4802-4813. https://doi.org/10.31764/jmm.v8i5.26408
Karisma, L. A., Ngadhimah, M., & Qholik, W. (2024). Implementasi Inovasi Program Multiple Intelligences Research (MIR) di Sekolah Dasar Inklusi Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 5(1), 47-62. https://doi.org/10.21154/sajiem.v5i1.260
Latip, A. E., Maharani, A., & Salsabilla, S. K. (2025). Difusi inovasi pembelajaran bermakna di SDN Cijantung 02. Education and Development Journal, 13(2), 129–132. https://doi.org/10.37081/ed.v13i2.6816
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mihardja, E. J., Azizi, A., & Fairus, S. (2022). Penerapan Teori Difusi Inovasi Dalam Community Engagement: Kisah Pengolahan Limbah Rajungan Dari Indramayu. Journal Of Dedicator Community, 6(2), 61-74. https://doi.org/10.34001/jdc.v6i1.2295
Muthohar, S., Filasofa, L. M. K., Azzahra, H. K., & Nabila, A. F. (2025). Artificial Intelligence untuk pendidikan keguruan perspektif mahasiswa internasional dan implikasi untuk Pendidikan Islam. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 1-24. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v14i1.18019
Nasucha, J. A. (2021). Difusi dan desiminasi inovasi pendidikan. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 1-10.
Norhidayah, S., Ningsih, S. H., Nurrahmi, D., Adyaputri, E., & Jasiah, J. (2025). Analisis Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Channel Youtube Hanum. Jurnal Al-Fatih, 8(1), 296-331. https://doi.org/10.61082/alfatih.v8i1.484
Parid, M. (2020). Relevansi komunikasi pembelajaran dengan materi bahan ajar SD/MI. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3), 442-452. https://doi.org/10.5281/zenodo.3986243
Rahmawaty, I., Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Difusi Inovasi: Konsekuensi Inovasi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6), 5945-5953. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i6.8288
Rani, A. R., Rizal, M. S., & Nurmalina, N. (2025). Pelatihan Media Digital Interaktif untuk Pembelajaran IPS Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan Sosial Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 5(3), 525-532. https://doi.org/10.31004/abdira.v5i3.796
Saidah, M., Trianutami, H., & Amani, F. S. (2022). Difusi Inovasi Program Digital Payment di Desa Kanekes Baduy. Jurnal Ilmu Komunikasi Jurnal Communicology, 10(2), 138-153. https://doi.org/10.21009/COMMUNICOLOGY.030.01
Sumaryati, S., & Retnasari, L. (2021). Inovasi Strategi Pendidikan Karakter Berbasis Masyarakat pada Satuan Pendidikan Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 497-507. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.40759
Susanti, R., Maharani, S. D., & Anwar, Y. (2025). Implementasi Inovasi Media Flashcard dan Implikasi Difusinya: Sebuah Pengabdian di Sekolah Dasar. JURNAL ABDIMAS MADUMA, 4(1), 114-122. https://doi.org/10.52622/jam.v4i1.415
Uyun, N., Misbah, M., Syaputra, A., & Juryatina. (2025). Analisis tren, pendekatan, dan strategi implementasi difusi inovasi dalam pendidikan dasar. Pedagogos: Jurnal Pendidikan STKIP Bima, 7(1). https://doi.org/10.33627/gg.v6i2
Widhanarto, G. P., Prihatin, T., & Kusumawardani, S. (2023). Teknologi Mobile untuk Pendidik: Peningkatan Penguasaan Teknis Mobile Learning untuk Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Puruhita, 5(2), 16-25. https://doi.org/10.15294/puruhita.v5i2.74643
Yolanda, A., Sihotang, M., Zebua, J. A., Hutasoit, M., & Sinaga, Y. L. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 301-308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941
Zahroh, J., Asrohah, H., & Zainiyati, H. S. (2025). Difusi Inovasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Al-Ghozali Arosbaya Bangkalan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(3), 1288-1302. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i3.1836
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sanra Hanalide Damanik, Aida Farida, Rilwan Hadinata, M. Amin Fauzi, Winra Winra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.