Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Authors

  • Ayu Angelie Wardatul Chumairoh Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Ahmad Nurefendi Fradana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6362

Keywords:

Media Pembelajaran, Audiovisual, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Urgensi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar menuntut inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu media yang relevan dan potensial adalah media audiovisual, yang menggabungkan unsur visual dan audio secara simultan. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi peran media audiovisual dalam membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 1 Gempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek utama penelitian adalah satu orang guru kelas 5 yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasif, dan dokumentasi perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara terstruktur, lembar observasi kegiatan pembelajaran, serta format analisis dokumen pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif, yang mencakup tahap reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual seperti video pembelajaran dan presentasi visual mampu meningkatkan ketertarikan, konsentrasi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Guru memegang peran penting dalam merancang dan menerapkan media tersebut secara tepat. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas penunjang serta keterampilan teknis guru dalam pengoperasian media. Secara keseluruhan, media audiovisual dinilai efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, S. Z., Nuryani, N., & Dewi, R. S. (2023). Rancangan dan Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9288-9294. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4428

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938

Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan media audio visual (video) animasi berbasis Doratoon materi hak dan kewajiban penggunaan sumber energi mata pelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505-6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fredimento, A., Muga, R., & Bito, G. S. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 69-80. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3393

Harahap, A. S., Harahap, S. P. R., & Sofiyah, K. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sd Negeri 100604 Sigalangan. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 20-30. https://doi.org/10.51878/language.v4i1.3067

Hastutik, I. P., & Setyawati, R. D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(2), 5653-5660.

Hizabah, N., Akbar, A., & Syukroni, B. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas IV SD Negeri Rappojawa No.71 Kecamatan Tallo Kota Makassar. 1(4), 103–111. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.170

Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(4), 332-337. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.71

Intaniasari, Y., & Utami Ratnasari Diah. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752

Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424

Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84-89. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636

Lestari, I. D., & Lestari, F. A. P. (2018). Penggunaan media audio, visual, audiovisual, dalam meningkatkan pembelajaran kepada guru-guru. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(01), 55-60. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361

Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662

Pratama, F. R. P. (2024). Persepsi Guru Terhadap Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Malang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 301-311. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4051

Pratiwi, R. (2022). Penggunaan media audio visual berbasis animaker terhadap hasil belajar menyimak pada pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar: indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247-1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069

Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 46-54. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.831

Ritan, G. O. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 09-13. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1

Safitri, I., Kaniawati, I., & Rusnayati, H. (2020). Penerapan multirepresentasi pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 169-174. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1870

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690

Sari, P. N., Tausyiah, K. A., & Mursid, K. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Teknologi Media Audio Visual. Islamic Education, 1(4), 196-204. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081

Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149-155.. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892

Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1923-1928. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2385

Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.885

Tahajudin, D., Rahayu, M., & Fadliansyah, F. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi IPS Kelas V Sekolah Dasar. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan), 2(2), 71-85. https://doi.org/10.56721/shr.v2i2.229

Thaib, A., Pahrun, R., & Monoarfa, F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Consept Sentence Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 395-404. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4348

Umrati, W. (2020). Hengki. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray.

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389

Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan media audiovisual berbantu power point untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652-1657.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975

Published

2025-08-01

How to Cite

Chumairoh, A. A. W., & Fradana, A. N. (2025). Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(2), 955–966. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6362

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.