Penggunaan Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.2.2025.6362Keywords:
Media Pembelajaran, Audiovisual, Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah DasarAbstract
Urgensi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar menuntut inovasi dalam penggunaan media pembelajaran yang mampu menarik perhatian dan meningkatkan pemahaman peserta didik. Salah satu media yang relevan dan potensial adalah media audiovisual, yang menggabungkan unsur visual dan audio secara simultan. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi peran media audiovisual dalam membantu meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi Bahasa Indonesia di SD Muhammadiyah 1 Gempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek utama penelitian adalah satu orang guru kelas 5 yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipasif, dan dokumentasi perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan meliputi pedoman wawancara terstruktur, lembar observasi kegiatan pembelajaran, serta format analisis dokumen pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif, yang mencakup tahap reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual seperti video pembelajaran dan presentasi visual mampu meningkatkan ketertarikan, konsentrasi, dan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran. Guru memegang peran penting dalam merancang dan menerapkan media tersebut secara tepat. Adapun tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas penunjang serta keterampilan teknis guru dalam pengoperasian media. Secara keseluruhan, media audiovisual dinilai efektif dan layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di tingkat sekolah dasar.
Downloads
References
Agustina, S. Z., Nuryani, N., & Dewi, R. S. (2023). Rancangan dan Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6(1), 9288-9294. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4428
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.938
Fauziah, M. P., & Ninawati, M. (2022). Pengembangan media audio visual (video) animasi berbasis Doratoon materi hak dan kewajiban penggunaan sumber energi mata pelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6505-6513. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3257
Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498
Fredimento, A., Muga, R., & Bito, G. S. (2024). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Audio Visual. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 69-80. https://doi.org/10.37478/jpm.v5i1.3393
Harahap, A. S., Harahap, S. P. R., & Sofiyah, K. (2024). Inovasi Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Di Sd Negeri 100604 Sigalangan. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 4(1), 20-30. https://doi.org/10.51878/language.v4i1.3067
Hastutik, I. P., & Setyawati, R. D. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II SD Negeri Sawah Besar 01 Semarang. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 3(2), 5653-5660.
Hizabah, N., Akbar, A., & Syukroni, B. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Pribadi Murid Kelas IV SD Negeri Rappojawa No.71 Kecamatan Tallo Kota Makassar. 1(4), 103–111. https://doi.org/10.61132/yudistira.v1i3.170
Huda, M. J., & Pertiwi, A. Y. (2018). Keefektifan Media Audiovisual Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(4), 332-337. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i4.71
Intaniasari, Y., & Utami Ratnasari Diah. (2022). Menumbuhkan Antusiasme Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran. https://doi.org/10.23917/blbs.v4i1.17752
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Kahfi, M., Ratnawati, Y., Setiawati, W., & Saepuloh, A. (2021). Efektivitas pembelajaran kontekstual dengan menggunakan media audiovisual dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa pada pembelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 84-89. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v7i1.1636
Lestari, I. D., & Lestari, F. A. P. (2018). Penggunaan media audio, visual, audiovisual, dalam meningkatkan pembelajaran kepada guru-guru. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 1(01), 55-60. http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361
Oktaviani, M. D. S., Suwatra, I. W., & Murda, N. (2019). Pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbantuan media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 89-97. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17662
Pratama, F. R. P. (2024). Persepsi Guru Terhadap Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Malang. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 301-311. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4051
Pratiwi, R. (2022). Penggunaan media audio visual berbasis animaker terhadap hasil belajar menyimak pada pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar: indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1247-1255. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3069
Rahman, R. H. (2021). Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Akhlak Anak Sekolah Dasar Di Masa Pandemi. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 21(01), 46-54. https://doi.org/10.32939/islamika.v21i01.831
Ritan, G. O. (2024). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 09-13. https://doi.org/10.59632/sjpp.v2i1
Safitri, I., Kaniawati, I., & Rusnayati, H. (2020). Penerapan multirepresentasi pada pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep dari gaya belajar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 169-174. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1870
Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan media audio visual di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910-1917. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.690
Sari, P. N., Tausyiah, K. A., & Mursid, K. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Menggunakan Teknologi Media Audio Visual. Islamic Education, 1(4), 196-204. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i1.6081
Saumi, N. N., Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran guru dalam memberikan motivasi belajar siswa sekolah dasar pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Educatio Fkip Unma, 7(1), 149-155.. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1923-1928. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2385
Syarwah, R. A., Fauziddin, M., & Hidayat, A. (2019). Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan media audio visual pada pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal pendidikan tambusai, 3(3), 936-945. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.885
Tahajudin, D., Rahayu, M., & Fadliansyah, F. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Materi IPS Kelas V Sekolah Dasar. SEHRAN (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan), 2(2), 71-85. https://doi.org/10.56721/shr.v2i2.229
Thaib, A., Pahrun, R., & Monoarfa, F. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi melalui Model Consept Sentence Berbantuan Media Wordwall pada Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 7(2), 395-404. https://doi.org/10.30605/cjpe.722024.4348
Umrati, W. (2020). Hengki. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray.
Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134-140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389
Widhayanti, A., & Abduh, M. (2021). Penggunaan media audiovisual berbantu power point untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1652-1657.. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.975
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ayu Angelie Wardatul Chumairoh, Ahmad Nurefendi Fradana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.