Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6746Keywords:
Analisis, Kemampuan Literasi Numerasi, Soal HOTS, Siswa Sekolah Dasar, KualitatifAbstract
Literasi numerasi merupakan kompetensi esensial yang memungkinkan siswa mengaplikasikan konsep matematika dalam beragam konteks kehidupan. Akan tetapi, masih banyak siswa mengalami kendala dalam mengerjakan soal yang memerlukan pemahaman konsep mendalam dan penalaran tingkat tinggi, seperti soal HOTS. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas V ketika memecahkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi pecahan di SDN Cibodas 8 Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas V SDN Cibodas 8 Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui tes tulis berupa soal HOTS materi pecahan dan wawancara mendalam. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan literasi numerasi siswa serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi pecahan. Nilai rata-rata kelas tercatat sebesar 52, dengan hanya 3 siswa (30%) yang tuntas, sedangkan 7 siswa lainnya (70%) belum mencapai kriteria ketuntasan.
Downloads
References
Adim, M., Mestika, I. Y., & Bahri, S. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III di SDN Braji. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 221–232. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23740
Ahsan, N. H., & Hartoyo, A. (2023). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 137–147. https://doi.org/10.26737/jpmi.v8i2.4749
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Aryani, I., & Maulida. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2 SE-), 274–290. https://doi.org/10.32672/jsi.v20i2.1088
Fathanah, A., Destiniar, & Nurhasana, P. D. (2024). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal HOTS Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4823
Fitriyah, E., Sekartiningsih, W., & Noviyanti, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar (SD) di Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.414
Hariani, F., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Muatan IPS Kelas V di SDN 12 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1096
Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 630–634. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes
Kesumawati, M., Susanti, V. D., & Andari, T. (2024). Analisis Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Di Tinjau Dari Self Efficacy Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 288–297. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16518
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03
Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595
Narpila, S. D., Elfina, H., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkatan Di Kelas VII SMP Harapan 2 Medan. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 6(2), 80–88. https://doi.org/10.30598/jumadikavol6iss2year2024page80-88
Natsir, S. R., & Manaf, A. (2023). Penguatan Numerasi dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1352–1357. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1653
Pramesthi, R. I., Suryatin, & Erviana, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD. SJES: Scholarly Journal of Elementary School, 2(2), 113–123. https://doi.org/10.21137/sjes.2022.2.2.3
Setiawan, M. H., Amelia, R., & Nurmeidina, R. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Posisi Garis Terhadap Lingkaran. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 6(2), 122–143. https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.1826
Stiadi, E. (2025). Analisis Kemampuan Using Symbolic, Formal and Technical Language and Operation Dan Representation Siswa SMPN 4 Kota Bengkulu. SHEs: Conference Series 8, 3(October), 588–596. https://doi.org/10.20961/shes.v8i3.107286
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafitri, N., Ellianti, & Annisa, D. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. Jurnal Peluang, 10(2), 2685–1539. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28175
Widianti, M., & Setianingsih, R. (2024). Proses Matematisasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Topik Aljabar di Kelas VII SMP. MATHEdunesa, 13(2), 615–629. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629
Wulandari, T., & Machromah, I. U. (2024). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 689–700. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2014
Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lilis Kurniawati, Mawardi Mawardi, Rahmawati Eka Saputri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with CJPE agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.