Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Lilis Kurniawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Mawardi Mawardi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Rahmawati Eka Saputri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6746

Keywords:

Analisis, Kemampuan Literasi Numerasi, Soal HOTS, Siswa Sekolah Dasar, Kualitatif

Abstract

Literasi numerasi merupakan kompetensi esensial yang memungkinkan siswa mengaplikasikan konsep matematika dalam beragam konteks kehidupan. Akan tetapi, masih banyak siswa mengalami kendala dalam mengerjakan soal yang memerlukan pemahaman konsep mendalam dan penalaran tingkat tinggi, seperti soal HOTS. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan literasi numerasi siswa kelas V ketika memecahkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi pecahan di SDN Cibodas 8 Kota Tangerang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas siswa kelas V SDN Cibodas 8 Kota Tangerang. Data dikumpulkan melalui tes tulis berupa soal HOTS materi pecahan dan wawancara mendalam. Selanjutnya, data dianalisis secara deskriptif untuk mengidentifikasi tingkat kemampuan literasi numerasi siswa serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mencapai ketuntasan dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi pecahan. Nilai rata-rata kelas tercatat sebesar 52, dengan hanya 3 siswa (30%) yang tuntas, sedangkan 7 siswa lainnya (70%) belum mencapai kriteria ketuntasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adim, M., Mestika, I. Y., & Bahri, S. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas III di SDN Braji. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 221–232. https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.23740

Ahsan, N. H., & Hartoyo, A. (2023). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 8(2), 137–147. https://doi.org/10.26737/jpmi.v8i2.4749

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Aryani, I., & Maulida. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Melalui Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Serambi Ilmu, 20(2 SE-), 274–290. https://doi.org/10.32672/jsi.v20i2.1088

Fathanah, A., Destiniar, & Nurhasana, P. D. (2024). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal HOTS Materi Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 13 Prabumulih. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.26737/jpdi.v9i2.4823

Fitriyah, E., Sekartiningsih, W., & Noviyanti, M. (2024). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar (SD) di Mojokerto dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1), 38–49. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.414

Hariani, F., Tahir, M., & Oktaviyanti, I. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Muatan IPS Kelas V di SDN 12 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 119–124. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1096

Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 630–634. http://pps.unnes.ac.id/pps2/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes

Kesumawati, M., Susanti, V. D., & Andari, T. (2024). Analisis Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Di Tinjau Dari Self Efficacy Siswa. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 288–297. https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.16518

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Lubis, R. N., Meiliasari, & Rahayu, W. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 23–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.072.03

Muzaki, A., & Masjudin. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595

Narpila, S. D., Elfina, H., & Wahyuni, S. (2024). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkatan Di Kelas VII SMP Harapan 2 Medan. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (Jumadika), 6(2), 80–88. https://doi.org/10.30598/jumadikavol6iss2year2024page80-88

Natsir, S. R., & Manaf, A. (2023). Penguatan Numerasi dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1352–1357. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1653

Pramesthi, R. I., Suryatin, & Erviana, L. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD. SJES: Scholarly Journal of Elementary School, 2(2), 113–123. https://doi.org/10.21137/sjes.2022.2.2.3

Setiawan, M. H., Amelia, R., & Nurmeidina, R. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa Menyelesaikan Soal Hots Pada Materi Posisi Garis Terhadap Lingkaran. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 6(2), 122–143. https://doi.org/10.36269/hjrme.v6i2.1826

Stiadi, E. (2025). Analisis Kemampuan Using Symbolic, Formal and Technical Language and Operation Dan Representation Siswa SMPN 4 Kota Bengkulu. SHEs: Conference Series 8, 3(October), 588–596. https://doi.org/10.20961/shes.v8i3.107286

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafitri, N., Ellianti, & Annisa, D. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di MTsN 2 Aceh Besar. Jurnal Peluang, 10(2), 2685–1539. https://doi.org/10.24815/jp.v10i2.28175

Widianti, M., & Setianingsih, R. (2024). Proses Matematisasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah pada Topik Aljabar di Kelas VII SMP. MATHEdunesa, 13(2), 615–629. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v13n2.p615-629

Wulandari, T., & Machromah, I. U. (2024). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 689–700. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2014

Yuniarti, Y. (2016). Pengembangan Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(2), 109–114. https://doi.org/10.17509/eh.v6i2.4575

Published

2025-10-13

How to Cite

Kurniawati, L., Mawardi, M., & Saputri, R. E. (2025). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 8(3), 1322–1333. https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6746

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.