Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Madarasa Tsanawiyah Negeri 6 Padang

Authors

  • Fauqa Nuri Ichsan Universitas Nageri Padang
  • Yahya Yahya Universitas Nageri Padang

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1240

Keywords:

Guru, Profesionalisme, Tunjangan Profesi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tunjangan profesi guru terhadap terhadap profesionalisme guru di madrasah tsanawiyah negeri 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang melibatkan 127 guru. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sebelum digunakan instrument tersebut dilakukan uji validitas, uji reliabilitas. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan program SPSS versi 20. Dari hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.015 dimana nilai signifikansi ini lebih kecil dari < probabilitas 0,05. Selain itu, juga diperoleh nilai t hitung sebesar 2,459 lebih besar dari > nilai t-tabel 1,984. Dari hasil pengujian hipotesis yang dilakuan baik dari segi membandingkan nilai signifikasi (Sig.) dengan probabilitias 0.05 maupun membandingkan nilai t hitung yang diperoleh dengan nilai t tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh tunjangan profesi guru secara signifikan terhadap profesionalisme guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Padang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhargava, A., & Pathy, M. (2011). Perception of student teachers about teaching competencies. American International Journal of Contemporary Research, 1(1), 77-81.

Citrowati, E., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Anak Sejak Usia Dini Sebagai Generasi Penerus Bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 739-743.

Cooper, J. M. (2013). Classroom teaching skills. Cengage Learning.

Dewey, J. 1938. Experience and education, New York: MacMillan.

Fedorov, I , Ilaltdinova, E., & Frolova, S. (2020). Teachers' Professional Well-Being: State and Factors. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1698-1710. doi: 10.13189/ujer.2020.080506. DOI: https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080506

Firdaus, A. M. (2019). Application of cooperative learning model type Think Pair Share (TPS) on mathematical communication ability. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 59-68. DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v7i1.8846

Finch, C. R., & Crunkilton, J. R. (1999). Curriculum development in vocational and technical education. planning, content, and implementation. Allyn and Bacon, 160 Gould Street, Needham Heights, MA 02494.

Ghozali, I. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Gomez-Mejia, L. R., Balkin, D. B., & Cardy, R. L. (2007). Managing human resources. Upper Saddle River, NJ: Pearson/Prentice Hall.

Kande, F. A. (2011). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja guru SMA/MA di Kabupaten Alor. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 41(2), 175-184.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Kunandar, G. P. (2007). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidkan Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Lynn, V. C., & Nixon, J. E. (1985). Physical education: teacher education.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan.Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Nursalam (2020). glocal vision to deconstruct internationalization in indonesian higher education. Journal of Social Studies Education Research, 11(1), 137-152.

Permendiknas, R. I. (2017). No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Petrescu, A. M., Negreanu, M., Drăghicescu, L. M., Gorghiu, G., & Gorghiu, L. M. (2015). Innovative aspects of the profiles professional development programme dedicated to science teachers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1355-1360. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.578

Ratumanan, T. G., & Laurens, T. (2011). Penilaian hasil belajar pada tingkat satuan pendidikan edisi 2. Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur dan UNESA, Surabaya.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational behavior. Pearson education limited.

Suparno, A. (2013). Kontribusi Pelatihan Guru, Iklim Organisasi dan Persepsi Guru Tentang Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran SMKN Kota Semarang. Jurnal VARIDIKA, 25(1), 53-65. DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v25i1.719

Syamsuddin, A. (2019). The impact of implementing of INSTAD model toward student’s mathematics learning outcome for 5th grade elementary school students. Journal of Physics: Conference Series, 1318(1), 012021-1-012021-6. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012021

Us, K. A. (2015). Jaminan Mutu dan Upaya Pengembangan Profesionalitas Guru Pada Abad Pengetahuan. Nur El-Islam, 2(2), 88-105.

Usman, H. (2006). Manajemen: teori, praktik, dan riset pendidikan. Jakarta: bumi aksara.

Yamin, M. (2008). Paradigma pendidikan konstruktivistik: implementasi KTSP dan UU no. 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Gaung Persada Press.

Yıldırım, K. (2014). Main factors of teachers’ professional well-being. Educational Research and Reviews, 9(6), 153-163. DOI: https://doi.org/10.5897/ERR2013.1691

Yusutria, M. A. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 2(1), 38-46. DOI: https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2026

Published

2021-08-07

How to Cite

Ichsan, F. N., & Yahya, Y. (2021). Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Terhadap Profesionalisme Guru Madarasa Tsanawiyah Negeri 6 Padang. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 501–508. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1240

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.