Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II

Authors

  • Yovinka Putri Ramadhani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Eunice Widyanti Setyaningtyas Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307

Keywords:

buku cerita bergambar, hidup bersih dan sehat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan kegiatan pola hidup sehat siswa kelas 2 SD Mangunsari 04. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau biasa disebut dengan penelitian pengembangan. Dari hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti media yang digunakan guru untuk dapat mengajak siswa untuk melakukan pola hidup sehat adalah mengirim pesan yang berisi ajakan melalui WhatsApp Group tetapi hal tersebut membuat siswa kurang bersemangat saat membaca pesan tersebut dan juga masih adanya siswa yang belum mengerti cara menjaga kesehatan dengan baik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis bermaksud mengembangkan produk baru berupa buku cerita bergambar yang berjudul “Pahlawan Bumi” untuk meningkatkan kepedulian siswa kelas II SD Mangunsari 04 mengenai kesehatannya dengan melakukan kegiatan pola hidup sehat di kehidupannya. Draf produk diuji oleh dua ahli yaitu ahli materi & pembelajaran dan ahli bahasa. Hasil validasi oleh ahli materi & pembelajaran memperoleh skor 3,75 yang termasuk kategori “Baik” . Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor 4,5 yang termasuk kategori “Sangat Baik”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta:Yumma Pressindo.

Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Atikah Proverawati, Eny R. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Mulia Medika

Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019, October). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).

Borg, W. R & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York : Longman.

Chatarina, Wulandari. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan hIdup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 SD. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321

Farenda, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.

Fatimatuzzahro, F. (2017). Studi komparasi regulasi diri dalam mengerjakan skripsi ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora angkatan 2012 UIN Walisongo Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Istianto, J. A. (2015). Perancangan Buku Cerita Bergambar Yang Menunjukan Moral Dari Kisah Kehidupan Liu Bei. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.

Nugrahaningtyas, E. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Pola Hidup Sehat untuk Anak Kelas 1 SD. Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.

Nurbiyanti, Y. Z. (2011). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Sekolah Dasar kelas Tinggi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra anak pengantar dunia anak. Yogyakarta:Gajah Mada Press.

Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.

Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar tentang mitigasi bencana erupsi gunung api untuk siswa SD. Profesi pendidikan dasar, 4(2), 113-124. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5310

Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(2).

Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1, 148-160. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661

Waluyo, K., & Irianto, K. (2007). Gizi dan Pola Hidup Sehat. CV. Yrama Widya: Bandung.

Wardhani, P. (2011). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Konservasi Lingkungan untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas Rendah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Widoyoko. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Wigianto. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wijayanti, A. (2010). Metode Penelitian Research and Development (R&D). UIN SGD Bandung. Bandung.

Published

2021-08-07

How to Cite

Ramadhani, Y. P., & Setyaningtyas, E. W. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(2), 509–517. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.