Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Tema 4 “Hidup Bersih Dan Sehat” SD Kelas II
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.4.2.2021.1307Keywords:
buku cerita bergambar, hidup bersih dan sehatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan kegiatan pola hidup sehat siswa kelas 2 SD Mangunsari 04. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau biasa disebut dengan penelitian pengembangan. Dari hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan peneliti media yang digunakan guru untuk dapat mengajak siswa untuk melakukan pola hidup sehat adalah mengirim pesan yang berisi ajakan melalui WhatsApp Group tetapi hal tersebut membuat siswa kurang bersemangat saat membaca pesan tersebut dan juga masih adanya siswa yang belum mengerti cara menjaga kesehatan dengan baik. Berdasarkan hasil studi pendahuluan penulis bermaksud mengembangkan produk baru berupa buku cerita bergambar yang berjudul “Pahlawan Bumi” untuk meningkatkan kepedulian siswa kelas II SD Mangunsari 04 mengenai kesehatannya dengan melakukan kegiatan pola hidup sehat di kehidupannya. Draf produk diuji oleh dua ahli yaitu ahli materi & pembelajaran dan ahli bahasa. Hasil validasi oleh ahli materi & pembelajaran memperoleh skor 3,75 yang termasuk kategori “Baik” . Hasil validasi oleh ahli bahasa memperoleh skor 4,5 yang termasuk kategori “Sangat Baik”.
Downloads
References
Anitah, S. (2010). Media Pembelajaran. Surakarta:Yumma Pressindo.
Aprilia, N. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD. Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Pembelajaran Membaca di Kelas II SD.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994-1003. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Atikah Proverawati, Eny R. (2012). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta : Mulia Medika
Baharuddin, M. R., & Sulestry, A. I. (2019, October). Development of Geometry Books Based on Behavioristic Theory. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 281-284).
Borg, W. R & Gall, M.D. Gall. (1989). Educational Research : An Introduction, Fifth Edition. New York : Longman.
Chatarina, Wulandari. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Lingkungan hIdup Untuk Pembelajaran Membaca Siswa Kelas 1 SD. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Dharma, I. M. A. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca Dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53-63. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321
Farenda, M. F. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Literasi Pembelajaran Sains Di Sekolah Dasar.
Fatimatuzzahro, F. (2017). Studi komparasi regulasi diri dalam mengerjakan skripsi ditinjau dari jenis kelamin pada mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora angkatan 2012 UIN Walisongo Semarang (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).
Istianto, J. A. (2015). Perancangan Buku Cerita Bergambar Yang Menunjukan Moral Dari Kisah Kehidupan Liu Bei. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 12.
Nugrahaningtyas, E. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Media Pembelajaran Pola Hidup Sehat untuk Anak Kelas 1 SD. Skripsi), Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma.
Nurbiyanti, Y. Z. (2011). Pengembangan Buku Cerita Anak Berbasis Pendidikan Karakter Bagi Sekolah Dasar kelas Tinggi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra anak pengantar dunia anak. Yogyakarta:Gajah Mada Press.
Sanaky, H. A. (2013). Media pembelajaran interaktif-inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., ... & Sahir, S. H. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sulestri, A. I., & Baharuddin, M. R. (2019). Media Pembelajaran Geometri dalam Konsep Behavioristik. Prosiding Semantik, 2(1), 43-46.
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar tentang mitigasi bencana erupsi gunung api untuk siswa SD. Profesi pendidikan dasar, 4(2), 113-124. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5310
Tarigan, N. T. (2019). Pengembangan buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat baca siswa kelas iv sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(2).
Vindaswari, R. F., & Ulfah, A. (2018). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar Berbasis Nilai-Nilai Kepedulian Bagi Peserta Didik Kelas 2 Sekolah Dasar. Fundamental Pendidikan Dasar, 1, 148-160. DOI: https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v1i3.661
Waluyo, K., & Irianto, K. (2007). Gizi dan Pola Hidup Sehat. CV. Yrama Widya: Bandung.
Wardhani, P. (2011). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Konservasi Lingkungan untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas Rendah (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Widoyoko. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wigianto. (2015). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Wijayanti, A. (2010). Metode Penelitian Research and Development (R&D). UIN SGD Bandung. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.