Persepsi Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Terhadap Kuliah Daring Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Yahya STKIP Pembangunan Indonesia
  • Ahmad Hasyim STKIP Pembangunan Indonesia
  • Alin Liana STKIP Pembangunan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1399

Keywords:

Persepsi Mahasiswa;, Kuliah Daring;, Pandemi COVID-19

Abstract

Pandemi Covid-19 yang mendera Indonesia memaksa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara daring. Namun, pelaku pendidikan tidak memiliki kesiapan yang sama dalam menghadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia terhadap kuliah daring selama pandemic Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei deskriptif. Data persepsi diperoleh dari angket yang disebar secara daring melalui aplikasi Google Form dengan memberikan 16 butir pertanyaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Sarjana di STKIP Pembangunan Indonesia yang mengikuti perkuliahan secara daring selama 4 bulan. Jumlah anggota populasi yang mengisi survei adalah 242 orang.  Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan hasil pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia lebih menyukai perkuliahan tatap muka daripada kuliah daring. Jika harus mengikuti kuliah daring, maka aplikasi yang paling banyak dipilih adalah WhatsApp dengan menggunakan perangkat handphone/smartphone. Materi kuliah disajikan searah, di mana dosen diharapkan menyediakan softcopy materi perkuliahan. Selama perkuliahan dosen menyajikan materi dengan sangat baik, namun belum memiliki respon yang sama baiknya dari mahasiswa. Interaksi dalam perkuliahan daring hanya pada kategori cukup, meskipun dosen memberikan tugas yang lebih banyak. Sementara itu faktor penghambat dalam proses perkuliahan daring adalah kurangnya kuota internet yang dapat dibeli oleh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/2579-3438 DOI: https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD Terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. DOI: https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89 DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Dika, A. (2019). Persepsi Mahasiswa Stkip Citra Bakti Terhadap Kelas Virtual. Imedtech, 3(1), 85–95. https://doi.org/10.5281/zenodo.2564432

Erdem Aydin, I., & Gumus, S. (2016). Sense of classroom community and team development process in online learning. Turkish Online Journal of Distance Education, 17(1), 60–77. https://doi.org/10.17718/tojde.09900 DOI: https://doi.org/10.17718/tojde.09900

Garrison, D. R., Anderson, T., & Archer, W. (1999). Critical Inquiry in a Text-Based Environment: Computer Conferencing in Higher Education. Internet and Higher Education, 2(2–3), 87–105. https://doi.org/10.1016/S1096-7516(00)00016-6 DOI: https://doi.org/10.1016/S1096-7516(00)00016-6

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan e-Learning sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005), 2005(Snati), 8.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980 DOI: https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Psycharis, S., Botsari, E., & Chatzarakis, G. (2014). Examining the effects of learning styles, epistemic beliefs and the computational experiment methodology on learners’ performance using the Easy Java Simulator tool in stem disciplines. Journal of Educational Computing Research, 51(1), 91–118. https://doi.org/10.2190/EC.51.1.e DOI: https://doi.org/10.2190/EC.51.1.e

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637 DOI: https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Siahaan, S. (2003). E-learning(pembelajaran elektronik) sebagai salah satu alternatif kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan & Kebudayaan 9, 303–321.

Windhiyana, E. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1 DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina COVID-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4, 37–45. DOI: https://doi.org/10.35308/jbkan.v4i1.1981

Published

2021-12-01

How to Cite

Yahya, M., Hasyim, A., & Liana, A. (2021). Persepsi Mahasiswa STKIP Pembangunan Indonesia Terhadap Kuliah Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(3), 616–626. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1399

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.