Analisis Teori Belajar dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille pada Anak Tunanetra

Authors

  • Rendy Roos Handoyo Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1616

Keywords:

Anak Tunanetra, Membaca Braille, Teori Belajar, Studi Literatur

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil identifikasi landasan teori belajar dalam penggunaan metode pembelajaran membaca Braille bagi anak tunanetra. Metode yang digunakan yaitu studi literatur review 8 artikel dengan kata kunci metode, membaca, Braille dan anak tunanetra sebagai kriteria. Analisis data menggunakan meta sintesis dengan pendekatan meta etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori kognitif yang digunakan berupa konstruktivistik untuk mendukung kemampuan abstraksi dalam membentuk konsep huruf Braille melalui pembelajaran berbasis masalah. Pada peningkatan kemampuan baca tulis dilatihkan dengan pendekatan teori behavioristik agar materi tersimpan dalam ingatan jangka panjang dengan adanya reinforcement. Di Indonesia, metode pembelajaran dengan landasan behavioristik menjadi pilihan mayoritas dengan fokus penekanan pada aspek keterampilan taktual. Penggunaan konstruktivistik cenderung terbatas sehingga aspek persepsi spasial belum menjadi prioritas dalam kemampuan pra dan membaca permulaan Braille. Guru perlu memperhatikan prinsip setiap teori pembelajaran sebagai pertimbangan memberikan tindakan sesuai prasyarat persepsi taktual dan spasial untuk meningkatkan keterampilan membaca Braille.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Ardian, Ainur Rofiq. (2008). Pengaruh strategi Pengorganisasian Elaborasi dan Gaya Kognitif Spasial Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin. Laporan Penelitian. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Allen, Eileen and Glynis Cowdery. (2012). The Exceptional Child Inclusion in Early Childhood Education. USA: Wadsworth

Amato, S. (2011). Standards for Competence in Braille Literacy Skills in Teacher Preparation Programs. Jurnal. Journal of Visual Impairment and Blindness; March 2002.

Adhitya, G. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf Braille Melalui Metode Scramble Pada Siswa Tunanetra Kelas I Di SLB A YPTN Mataram. Widia Ortho Didaktika, 6(2), 139–148.

Alya Qasdina Ng Ai Lee, K. E. H. & H. H. (2021). Essentials of Pre-Braille Skills in Braille Learning: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 14(2), 76–86. https://doi.org/10.37134/bitara.vol14.2.7.2021

Ardian, A., & Rofiq, A. (2008). Pengaruh strategi Pengorganisasian Elaborasi dan Gaya Kognitif Spasial Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Gambar Mesin. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Argyropoulos, V. S., & Martos, A. C. (2006). Braille Literacy Skills: An Analysis of the Concept of Spelling. Vassilios S. Argyropoulus and Aineias M. (2006). Braille Literacy Skills: An Analysis of the Journal. Journal of Visual Impairment and Blindness, 676-686.

Asep Hidayat, Ate Suwandi. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: PT. Luxima Metro Media

Assyifa, A. F. (2019). Pembelajaran Pra Membaca Braille Pada Siswa Tunanetra Kelas I Sekolah Dasar Di Slb Negeri 1 Bantul. Jurnal Widya Ortho Didaktika, 8(5), 439–448.

Badiah, L. I. (2019). Implementasi Teknik Mangold dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Braille Pada Anak Tunanetra di SLB A YPAB Surabaya. SNHRP-II : Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, Ke-II, 2019, 357–362. http://snhrp.unipasby.ac.id/

Beverly Otto. (2014). Language Development in Early Childhood Education Fourth Edition. USA: PEARSON.

Brewer, J. (2007). Introduction to early childhood education preschool primary grades sixth edition. New York: Pearson

Brittany, Puttman & Tiger, F. (2015). Teaching Braille Letters, Numerals, Punctuation and Contractions to Sighted Individuals. Jurnal. Journal of Applied Behaviour Analysis; Summer 2015; 48, 2: ProQuest.

Cakiroglu, U & Ozturks, M. (2014). Implementation of Elaboration Theory in Materials Design for Distance Education. Jurnal. The Turkish Online Journal of Distance Education, January, 5(1): 143-151.

Christine Clark and Julia Stoner. (2008). An Investigation of the Spelling Skills of Braille Readers. Jurnal. Journal of Visual Impairment and Blindness; Sept 2008; 102, 9; ProQuest Family Health.

Costa, A. d., Hanurawan, F., Atmoko, A., & Hitipiew, I. (2016). Peranan Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan Bimbingan dan Konseling. Seminar Nasional "Konseling Krisis" (pp. 40-49). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dunlap, L. L. (2009). An Introduction To Early Childhood Special Education Birth To Age Five. United States of America: PEARSON.

Durando, J. A., & Wormsley, D. P. (2009). Evaluating Training and Implementation of the Individualized Meaning-Centered Approach to Teaching Braille Literacy. Journal of Visual Impairment & Blindness, 150-161.

Dutton, J. Z. (2015). Cerebral Visual Impairment in Children Visuoperceptive and Visuocognitive Disorder. London: Springer.

Englebretson, R. (2009). An overview of: An updated tactile representation of the International Phonetic Alphabet. Jurnal. Journal of the International Phonetic Association 39/1

Fergus P. Hughes. (2010). Children, Play, and Development. USA: SAGE.

Frieman, B.B. (2004). State Braille Standard for Teacher of Student Who Are Blind or Visually Impaired. USA. Pearson

Gargiulo, R. M. (2012). Special Education in Contemporary Society 4th Edition. USA: SAGE.

Hallahan, D. P., Kauffman, J. M., & Pullen, P. C. (2019). Exceptional Learner An Introduction To Special Education 14th Edition. USA: Pearson.

Haryanto, & Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, A., & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Kukla, A. (2000). Social Constructivism and The Philosophy of Science. London: Routledge.

Larochelle, M., Bednarz, N., & Garrison, J. (2006). Constructivism And Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Lenmam, J., & Shemmer, J. (2012). Constructivism in Practical Philosophy. United Kingdom: Oxford University.

Lewis, R.B & Doorlag, D.H. (2011). Teaching Students With Special Needs in General Education Classrooms. USA: Pearson

Lee, A. Q., Hock, K. E., & Hosshan, H. (2021). Essentials ofPre-Braille Skills inBraille Learning: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 78-86.

Lenmam, J., & Shemmer, J. (2012). Constructivism in Practical Philosophy. United Kingdom: Oxford University.

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Jilid Kedua. Depok: LPSP3 UI.

Martini, S. (2017). Landasan Filsafat Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Mangifera Edu: jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 35-45.

Martiniello, N., & Wittich, W. (2020). The association between tactile, motor and cognitive capacities and braille reading performance: a scoping review of primary evidence to advance research on braille and aging. Disability and Rehabilitation, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/09638288.2020.1839972

Maryatun, T. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Membaca Permulaan Tulisan Braille Melalui Sistem Mangold Pada Siswa Tunanetra. Manajer Pendidikan, 10(5), 502–506.

Mathew, M. R. (1998). Constructivism in Science Education A Philosophical Examination. New South Wales: Springer.

Maya, F. (2016). Literasi Dasar Baca Tulis Anak Tunanetra di SLB-A Yaketunis Yogyakarta. Jurnal Widia Ortho Didaktika, 8, 53–62. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs.index.php/plb/article/view/16186

Muhamad Arif, Mei Kalimatusyaroh, N. R. S. (2021). Optimalisasi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca. VOX EDUKASI : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(April), 38–57. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31932/ve.v12i1.1019

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-16.

Pierce, B, Creadle, B. (2009). The Word Under My Fingers, Personal Reflection on Braille. USA: Person.

Prasetyo, I. B. (2018). Keterampilan Membaca dan Menulis Braille Siswa Tunanetra Kelas IV di SLB-A Yaat Klaten. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Widya Ortodidaktik Program Studi Pendidikan Luar Biasa, 7(8), 860–871. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/plb/article/view/12294

Puttman, B.C. (2013). Teaching Braille Letter, Number, Punctuation and Combination to Sighted Individuals. Thesis. Milware: University of Wisconsin.

Ratna Wilis Dahar. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Reigeluth. (1983). Instructional Design Theories and Models An Overview of Their Status. New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Rudiyati, S. (2010). Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille Permulaan Pada Anak Tunanetra.Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 57-65.

Samuel Kirk, James Gallagher. (2015). Educating Exceptional Children. USA: Cengage Learning.

Santrock, J. (2010). Child Development (Thirteenth Edition). New York: McGraw Hill.

Schunk, D.H & Meece, J.L. (2010). Motivation in Education: Theory, Research and Application Third Edition. New Jersey: Pearson.

Setyawati, N. R. (2021). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Dan Menulis Braille Pada Siswa Tunanetra. RISDA: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 149-180

Slavin, R.E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Index

Smith, D. D., & Tyler, N. C. (2010). Introduction to Special Education: Making A Difference 7rd Edition. New Jersey: Pearson Education.

Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky Dan Interdependensi Sosial Sebagai Landasan Teori Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Di Sekolah Dasar. Naturalistik: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan, 231-239.

Sunanik. (2014). Perkembangan Anak ditinjau Dari Teori Konstruktivistik. Syamil, 43-56.

Suyono dan Haryanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swenson Anna, Nancy Cozart. (2010). Six Sensational Dots: Braille Literacy for Sighted Classmates. Jurnal. Journal of Visual Impairment and Blindness; Feb 2010; 104, 2 ProQuest Family Health.

Vassilios S. Argyropoulus and Aineias M. (2006). Braille Literacy Skills: An Analysis of the Concept of Spelling. Jurnal. Journal of Visual Impairment and Blindness: Nov 2006, 100,11; ProQuest Family Health.

Vechi, Z. C. (2011). Blind Vision The Neuroscience of Visual Impairment. London: MIT Press.

Wanja, S., Aura, L., & K, Z. (2014). Braille Competency among Learners with Visual Impairments: Methodology and Learner Preparedness Factors in Thika and Meru Counties. Journal of Humanities and SocialScience, 109-116.

Widaryati, E. N. (2021). Teknik Baca Mangold Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Cerpen ( Cerita Pendek ) Anak Tunanetra Erlita Novadila Widaryati Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/36535/32497

Wijaya, A. (2013). Seluk Beluk Tunanetra & Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalitera.

Zihl, J., & Dutton, G. N. (2015). Cerebral Visual Impairment in Children, Visuoperceptual and Visual Cognitive Disorder. New york: Springer.

Published

2022-04-30

How to Cite

Handoyo, R. R. (2022). Analisis Teori Belajar dalam Metode Pembelajaran Membaca Braille pada Anak Tunanetra. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1616

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.