Deskripsi Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif-Partisipatif pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Kerjasama MBKM
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.5.1.2022.1660Keywords:
Program Pembelajaran Kolaboratif, Kurikulum MBKM, Skenario PembelajaranAbstract
Kemampuan awal mahasiswa dalam merancang skenario pembelajaran belum berorientasi pada PjBL atau Case Based Learning yang bersesuaian dengan tuntutan bentuk pembelajaran yang tertuang dalam kebijakan MBKM Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran proses pembekalan program pembelajaran kolaboratif pada implementasi kurikulum kerja sama MBKM. Bentuk pembekalan difokuskan pada pengembangan kemampuan peserta Asistensi Mengajar dalam merancang skenario pembelajaran yang tertuang dalam bentuk RPP berbasis PjBL dan/atau Case Based Learning (CBL). Penelitian ini melibatkan 341 dosen, 16 tenaga kependidikan dan 3692 mahasiswa yang diperoleh melalui teknik random sampling untuk mendapatkan gambaran pengetahuan secara umum terkait implementasi program MBKM dan dampaknya pada peningkatan terhadap hard-skill dan soft-skill bagi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Makassar. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa baik dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan bahwa implementasi program MBKM memberi konstribusi terhadap peningkatan hard-skill dan soft-skill mahasiswa. Selain itu, pembekalan program pembelajaran kolaboratif pada implementasi kurikulum kerja sama MBKM – Asistensi Mengajar dapat memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk Menyusun scenario pembelajaran yang sesuai dengan tuntuan implementasi kurikulum MBKM.
Downloads
References
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195-205.
Chui, C. H. K., Chan, O. F., Tang, J. Y., & Lum, T. Y. S. (2020). Fostering civic awareness and participation among older adults in Hong Kong: An empowerment-based participatory photo-voice training model. Journal of Applied Gerontology, 39(9), 1008-1015.
Dewi, I. K. (2017). Pentingnya Cascading Iku Level Lembaga Sampai dengan Level Individu. Buletin LAPAN, 4(1).
Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 00149.
Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American journal of theoretical and applied statistics, 5(1), 1-4.
Hasrul, H. (2015). Academic Scorecard Untuk Pengukuran Kinerja Manajemen Pada Stmik Bina Mulia Palu. Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 1(1), 1-11.
Indarjani, R. (2021). keynote speaker: Implementasi Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi Sebagai Inkubator SDM Unggul. Kocenin Serial Konferensi 2(1), 1-0.
Kamil, M. (2003). Model-model pelatihan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Kusmana, C. (2018). Metode survey dan interpretasi data vegetasi. PT Penerbit IPB Press.
Mansur, H., Mastur, M., Utama, A. H., & Rafiudin, R. (2020). Workshop Tim Pelaksana Hibah Kemendikbud 2020 Program MB-KM Prodi Teknologi Pendidikan FKIP ULM.
Mansur, H., Utama, A. H., & Mastur, M. (2020). Program Hibah Program Studi Teknologi Pendidikan Menerapkan Kerjasama Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM).
Mariati, M. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 749-761).
McCreesh, N., Frost, S., Seeley, J., Katongole, J., Tarsh, M. N., Ndunguse, R., ... & White, R. G. (2012). Evaluation of respondent-driven sampling. Epidemiology (Cambridge, Mass.), 23(1), 138.
Morse, J. M. (1991). Strategies for sampling. Qualitative nursing research: A contemporary dialogue, 127-145.
Mubarat, H., & Junoko, S. (2020). Konsep dan Strategi Upaya Pelestarian Kerajinan Lakuer Palembang Melalui Pelatihan dan Workshop. Besaung: Jurnal Seni Desain Dan Budaya, 5(1).
Nahadi, N. (2004) Pengembangan Program Pembekalan Kemampuan Calon Guru Kimia Dalam Bidang Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pengajaran MIPA, 5(2), 54-67.
Ornstein, CA, & Hunkins, PF. (2004). Curriculum: Foundations, Principles and Issues (4th ed.). USA: Pearson Education, Inc.
Pennock, D., Yates, T., & Braidek, J. (2008). Soil sampling designs. Soil sampling and methods of analysis, 2, 25-37.
Sharma, G. (2017). Pros and cons of different sampling techniques. International journal of applied research, 3(7), 749-752.
Sudman, S., & Kalton, G. (1986). New developments in the sampling of special populations. Annual review of Sociology, 12(1), 401-429.
Sudman, S., Sirken, M. G., & Cowan, C. D. (1988). Sampling rare and elusive populations. Science, 240(4855), 991-996.
Syah, D. O. (2017). Studi Pengembangan Sistem Manajemen Indikator Kinerja Utama (IKU) Pada Organisasi Pemerintah: Sebuah Kajian Konseptual Reformasi Birokrasi di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 4(2), 1-16.
Tim Penyusun. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tim Penyusun. (2021). Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Van der Veen, M., & Fieller, N. (1982). Sampling seeds. Journal of Archaeological Science, 9(3), 287-298.
Wardani, D. S., & Sylvia, S. R. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pendampingan Perancangan Pembelajaran Berbasis Portofolio Sebagai Alternatif Memaksimalkan Kegiatan Belajar Dari Rumah Pada Guru-Guru SDN 230 Margahayu Raya. Journal of Empowerment Community, 3(2), 90-99.
Yuanita, E. (2012). Aplikasi Monitoring Berbasis Web Badan Penjaminan Mutu (Bpm) Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (Doctoral dissertation, UPN" Veteran" Yogyakarta).
Zais, R.S. (1976). Curriculum: principles and foundations. New York: Thomas Y. Cromwell: Company, Inc.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.