Implementasi Hipnoterapi Self Talking dengan Inovasi Reward ASYIK Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini

Authors

  • Ratu Romdhonah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Sri Watini Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2974

Keywords:

Hipnoterapi, Self Talking, Reward Asyik, Percaya Diri, Anak Usia Dini

Abstract

Hipnoterapi adalah jenis terapi yang melibatkan Guru dan Anak, yang kemudian digunakan untuk mengubah pola pikir atau perilaku yang tidak diinginkan. Selftalking adalah teknik yang digunakan untuk membantu seseorang mengubah pola pikir atau perilaku dengan cara mengucapkan kata-kata positif kepada dirinya sendiri. Dalam hipnoterapi, anak dipandu memasuki keadaan tenang dan nyaman, di mana pikiran dan tubuhnya menjadi lebih santai dan terbuka terhadap sugesti positif yang diberikan oleh Guru. Sugesti digunakan untuk mengubah pola pikir anak, dengan memberikan pernyataan positif menggunakan Reward Asyik diawali dengan kegiatan relaksasi, dengan menyayikan lagu yang disukai oleh anak. Menggunakan hipnoterapi selftalking anak belajar menanamkan pola pikir positif dan memperkuat keyakinan terhadap dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Reward Asyik yang diimplementasikan pada hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan partisipasi dan antusiasme anak dalam belajar, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa inovasi Reward Asyik pada implementasi hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di TK, metode ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di PAUD Nurul Islam Pandeglang. Jurnal Anak Bangsa, 1(2), 146-157. https://doi.org/10.46306/jas.v1i2

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/jecie.v1i1.25

Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494–505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939-944. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515

Asep Supena, Y. N. K. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109

Asti, D., Maryani, E., Arif, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik Membangun Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Bina Tunas Bangsa (Vol. 6, Issue 6). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2083

Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022

Dini, J. P. A. U. (2022). Inovasi pembelajaran dimasa pendemi: implementasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan destinasi imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886

Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2849-2854. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773

Haqiyah, A., & Abidin, D. (2020). Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai, Keseimbangan, dan Self Talk Terhadap Hasil Belajar Jurus Tunggal Pencak Silat Tangan Kosong. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 11(1), 12-22. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v11i1.2053

Indraharsani, I. S., & Budisetyani, I. W. (2017). Efektivitas self-talk positif untuk meningkatkan performa atlet basket. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 367-378. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i02.p12

Juairiyah, J., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2095-2102. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022

Mahmudah, S. (2019). Academic Self Management Ditinjau dari Self-talk pada Sasntri Pondok Pesantren Darussalam Pakal Surabaya. Skripsi S1., Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. https://doi.org/https://core.ac.uk/reader/199187220

Maria Marlena Naif, & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Gabriel Manek Bekasi. 4(5), 1729–1736. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6849

Maulina, I., & Budiyono, A. (2021). Peran Keluarga dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age di Desa Gambarsari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 21-28. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404

Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782

Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702-1708. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1700

Prastika, I., Ratna Ningsih, R., Sugiarti, S., Albasari, D., & Watini, S. (2023). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di KB Bunga Rampai. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1558

Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022

Rini, M. T., Hardika, B. D., & Suryani, K. (2020). Penurunan Berat Badan pada Remaja Obesitas Menggunakan Hipnoterapi. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 135–141. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1604

Rohmah, K. (2022). Mendidik Anak Generasi Alpha Di Keluarga. Braz Dent J., 33(1), 1–12. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.118

Sri Wartini. (2020). HKI.

Sri Watini. (2016). MODUL BERMAIN “ASYIK” UNTUK ANAK USIA DINI (T. C. I. Bandung, Ed.; Pertama). Cahaya Ilmu Bandung.

Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022

Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077-2084. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2077-2084.2022

Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022

Ulfa, R. A. (2019). Hypnoparenting; Sebuah Metode Menjinakkan Alligator’s Brains Pada Anak Usia Dini. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 39-49. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.118

Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84-88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624

Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://doi.org/2614-6754

Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 11-22. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.32156

Watini, S. (2022). Problematika Pembelajaran Daring berbasis Teknologi Informasi pada PAUD di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5564–5574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3161

Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811

Yunita, & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729

Yusuf, A., & Haslinda, H. (2019). Implementasi Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 158. https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.330

Published

2024-06-02

How to Cite

Romdhonah, R., & Watini, S. (2024). Implementasi Hipnoterapi Self Talking dengan Inovasi Reward ASYIK Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 7(1), 153–164. https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2974

Issue

Section

Regular Articles