Implementasi Hipnoterapi Self Talking dengan Inovasi Reward ASYIK Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.7.1.2024.2974Keywords:
Hipnoterapi, Self Talking, Reward Asyik, Percaya Diri, Anak Usia DiniAbstract
Hipnoterapi adalah jenis terapi yang melibatkan Guru dan Anak, yang kemudian digunakan untuk mengubah pola pikir atau perilaku yang tidak diinginkan. Selftalking adalah teknik yang digunakan untuk membantu seseorang mengubah pola pikir atau perilaku dengan cara mengucapkan kata-kata positif kepada dirinya sendiri. Dalam hipnoterapi, anak dipandu memasuki keadaan tenang dan nyaman, di mana pikiran dan tubuhnya menjadi lebih santai dan terbuka terhadap sugesti positif yang diberikan oleh Guru. Sugesti digunakan untuk mengubah pola pikir anak, dengan memberikan pernyataan positif menggunakan Reward Asyik diawali dengan kegiatan relaksasi, dengan menyayikan lagu yang disukai oleh anak. Menggunakan hipnoterapi selftalking anak belajar menanamkan pola pikir positif dan memperkuat keyakinan terhadap dirinya sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi Reward Asyik yang diimplementasikan pada hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan partisipasi dan antusiasme anak dalam belajar, dan kepercayaan diri saat berbicara di depan orang lain. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa inovasi Reward Asyik pada implementasi hipnoterapi selftalking dapat meningkatkan percaya diri anak usia dini. Dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di TK, metode ini dapat dijadikan alternatif yang efektif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Downloads
References
Anggraini, A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di PAUD Nurul Islam Pandeglang. Jurnal Anak Bangsa, 1(2), 146-157. https://doi.org/10.46306/jas.v1i2
Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/jecie.v1i1.25
Ardiyana, R. D., Akbar, Z., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi intrinsik dengan kepercayaan diri anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 494–505. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.253
Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939-944. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.515
Asep Supena, Y. N. K. (2021). Peningkatan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini melalui Kegiatan Jurnal Pagi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2250–2258. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1109
Asti, D., Maryani, E., Arif, S., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik Membangun Motivasi Belajar Anak Usia Dini di TK Bina Tunas Bangsa (Vol. 6, Issue 6). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2083
Astuti, N. P., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Menggunakan Model Bermain Asyik Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2141. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2141-2150.2022
Dini, J. P. A. U. (2022). Inovasi pembelajaran dimasa pendemi: implementasi pembelajaran berbasis proyek pendekatan destinasi imajinasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3901-3910. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886
Feka, F., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2849-2854. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.773
Haqiyah, A., & Abidin, D. (2020). Pengaruh Kekuatan Otot Tungkai, Keseimbangan, dan Self Talk Terhadap Hasil Belajar Jurus Tunggal Pencak Silat Tangan Kosong. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 11(1), 12-22. https://doi.org/https://doi.org/10.33558/motion.v11i1.2053
Indraharsani, I. S., & Budisetyani, I. W. (2017). Efektivitas self-talk positif untuk meningkatkan performa atlet basket. Jurnal Psikologi Udayana, 4(2), 367-378. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i02.p12
Juairiyah, J., & Watini, S. (2022). Penerapan Reward Asyik Dalam Meningkatkan Kemampuan Emosional Anak Dengan Permainan Uno Stacko. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2095-2102. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.3.2095-2102.2022
Mahmudah, S. (2019). Academic Self Management Ditinjau dari Self-talk pada Sasntri Pondok Pesantren Darussalam Pakal Surabaya. Skripsi S1., Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. https://doi.org/https://core.ac.uk/reader/199187220
Maria Marlena Naif, & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Gabriel Manek Bekasi. 4(5), 1729–1736. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6849
Maulina, I., & Budiyono, A. (2021). Peran Keluarga dalam Pengelolaan Emosi Anak Usia Golden Age di Desa Gambarsari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 21-28. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404
Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.782
Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702-1708. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1700
Prastika, I., Ratna Ningsih, R., Sugiarti, S., Albasari, D., & Watini, S. (2023). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di KB Bunga Rampai. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1558
Rahayuliana, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak di RA Nurul Hidayah Batam. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1659. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1659-1666.2022
Rini, M. T., Hardika, B. D., & Suryani, K. (2020). Penurunan Berat Badan pada Remaja Obesitas Menggunakan Hipnoterapi. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 135–141. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1604
Rohmah, K. (2022). Mendidik Anak Generasi Alpha Di Keluarga. Braz Dent J., 33(1), 1–12. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.118
Sri Wartini. (2020). HKI.
Sri Watini. (2016). MODUL BERMAIN “ASYIK” UNTUK ANAK USIA DINI (T. C. I. Bandung, Ed.; Pertama). Cahaya Ilmu Bandung.
Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1915-1926.2022
Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077-2084. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.2077-2084.2022
Udjir, N., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Permainan Kartu Bergambar di RA Iftitah Al-Ikhlas Ambon. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1861. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1861-1872.2022
Ulfa, R. A. (2019). Hypnoparenting; Sebuah Metode Menjinakkan Alligator’s Brains Pada Anak Usia Dini. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 39-49. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/scaffolding.v1i2.118
Ummah, S. A., & Fitri, N. A. N. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap perkembangan sosial Emosional Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 6(1), 84-88. https://doi.org/10.29062/seling.v6i1.624
Verawaty, V., & Izzati, I. (2020). Hubungan Pemberian Reward terhadap Perilaku Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1278–1287. https://doi.org/2614-6754
Wahyuningsih, N., Hafidah, R., & Pudyaningtyas, A. R. Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 11-22. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.32156
Watini, S. (2022). Problematika Pembelajaran Daring berbasis Teknologi Informasi pada PAUD di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5564–5574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3161
Wibawati, K. A., & Watini, S. (2022). Implementasi Reward Asyik dalam Meningkatkan Percaya Diri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 24 Kayu Putih Pulo Gadung Jakarta Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3090–3095. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.811
Yunita, & Watini, S. (2022). Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini melalui TV Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2603–2608. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.729
Yusuf, A., & Haslinda, H. (2019). Implementasi Teknik Self Talk Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Di Smp Negeri 1 Pangkep. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 158. https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.330
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.