Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbahasa Dayak Ngaju di Sekolah Dasar Kota Sampit

Authors

  • Abdul Aziz Fakultas Ilmu Komputer Universitas Darwan Ali Sampit
  • Dwi Ardi Wicaksana Putra Fakultas Bisnis Universitas Darwan Ali Sampit
  • Depi Rusda Fakultas Ilmu Komputer Universitas Darwan Ali Sampit

Keywords:

Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Pepatah-Petitih Bahasa Dayak Ngaju, Model Design Thinking

Abstract

Karakter generasi muda merupakan salah satu bekal masa depan untuk kemajuan negara. Kemunduran karakter baik terlihat dari banyaknya kasus yang melibatkan para generasi muda termasuk di kota Sampit. Hal ini yang mendasari pendidikan karakter perlu digiatkan guna menanamkan nilai-nilai karakter baik. Penanaman karakter dapat dilakukan dengan memanfaatkan kearifan lokal. Penelitian ini merupakan salah satu alternatif penanaman karakter melalui penerapan model pendidikan karakter yang memanfaatkan Bahasa Dayak Ngaju. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara pada subjek penelitian yang merupakan siswa-siswi sekolah dasar di kota Sampit yang dipilih menggunakan purposive sampling. Penelitian pengembangan model pendidikan karakter ini melalui beberapa tahapan yaitu: (1)  mengidentifikasi nilai-nilai karakter kearifan lokal pepatah-petitih bahasa Dayak Ngaju; (2)  membuat model untuk pengembangan pendidikan karakter melalui penggalian nilai-nilai kearifan  lokal pepatah-pepitih bahasa Dayak Ngaju; (3) penerapan model pengembangan pendidikan karakter melalui penggalian nilai-nilai kearifan lokal pepatah-pepitih bahasa Dayak Ngaju; (4) evaluasi hasil penerapan model pengembangan pendidikan karakter melalui penggalian nilai-nilai kearifan lokal pepatah-pepitih bahasa Dayak Ngaju. Hasil dari penelitian ini adalah pigura “design thinking” dan sampul “design thinking” yang dapat menanamkan karakter baik pada anak didik. Nilai-nilai karakter yang muncul diantaranya jujur, berani, disiplin, sopan, pekerja keras, dan gemar membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriati, N. (2012). Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran Disekolah. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora Vol. 3 No. 2, 106-118.

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Statistik Kriminal 2020. from https://www.bps.go.id/publication/2020/11/17/0f2dfc46761281f68f11afb1/statistik-kriminal-2020.html

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Pionir Vol.5 No. 2, 2016.

Hendarman. (2019). Pendidkan Karakter Era Milenial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mazid, S., Prasetyo, D., & Farikah. (2020). Nilai-Nilai Kearifan Lokal sebagai Pembentuk Karakter Masyarakat. Jurnal Pendidikan Karakter No 2 (2020), 249-262, from doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.34099

Moleong, L. J. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Primadata, A. P. (2018). Tindakan Orangtua Dalam Menyekolahkan Anak Berkebutuhan Khusus Pada Layanan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri 1 Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kota Purwokerto. Jurnal Analisa Sosiologi, 4.

Rachmadyanti, Putri. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. JPSD Vol. 2 No. 2, September 2017.

Rukiyati & Purwastuti, Andriyani L. (2016). Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Dasar di Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter April 2016, Th. VI, No.1, 130-142, from doi: https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10743

Sadjim, Umar M. (2015). “Revitalisasi Nilai-Nilai Bhinneka Tunggal Ika dan Ke-arifan Lokal berbasis Learning Society Pascakonflik Sosial di Ternate”. Ring-kasan Disertasi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Saihu, S. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal (Studi Di Jembrana Bali). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(01), 69-90.

Soegiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Soegiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Alfabeta

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supeni, Siti. (2015). Strategi Pengembangan Model Pembelajaran Melalui Tembang Dolanan Jawa Sebagai Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Bumi 2 No 205 Laweyan di Surakarta. Eksplorasi Volume XVIII No. 1, Agustus 2015.

Permendikbud 2018 No 20, Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Published

2021-03-23

How to Cite

Aziz, A., Putra, D. A. W., & Rusda, D. (2021). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbahasa Dayak Ngaju di Sekolah Dasar Kota Sampit . Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 95–104. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/jsgp/article/view/526

Issue

Section

Regular Articles

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.