Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan Transformatif Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5754Keywords:
Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformatif, Kinerja Guru, Kurikulum MerdekaAbstract
Urgensi penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan implementasi Kurikulum Merdeka yang menuntut guru untuk mampu berinovasi, beradaptasi, dan memberikan pembelajaran yang bermakna secara fleksibel. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan kesenjangan antara tuntutan kebijakan dengan kapasitas guru di lapangan, baik dari segi pemahaman substansi kurikulum, tingkat motivasi kerja, maupun efektivitas kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan. Kinerja guru menjadi indikator krusial yang mencerminkan keberhasilan transformasi pendidikan di tingkat sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman kurikulum, motivasi kerja, dan kepemimpinan transformatif terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif dan metode survei korelasional. Sampel terdiri atas 235 guru SMP Negeri yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 571 guru, menggunakan rumus Slovin. Instrumen berupa kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, disebarkan secara daring melalui Google Form. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 29.0, mencakup uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman kurikulum (X₁), motivasi kerja (X₂), dan kepemimpinan transformatif (X₃) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y), baik secara parsial maupun simultan, dengan nilai Adjusted R² sebesar 0,617. Kepemimpinan transformatif memiliki pengaruh dominan (β = 0,411). Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi pemangku kepentingan pendidikan untuk memperkuat kapasitas guru dan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan, sistem insentif yang adil, serta kepemimpinan yang inspiratif dan partisipatif dalam mendukung keberhasilan Kurikulum Merdeka.
Downloads
References
Amelia, C., Fadila, L., Aini, N., & Rosiana, W. N. (2024). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Perubahan Zaman pada Era Digital di SMP Negeri 27 Medan. Journal Social Society, 4(2), 127–137. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.502
Azijah, S. N., Rahmawati, R., Wahyudin, C., & Lydon, N. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Governansi, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.11009
Benu, I. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar se-Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 82-93. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p82-93
Fahrudi, E., & Zaini, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Iklim Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMK YPM 12 Tuban. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 86-102. https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.68
Hafitriani, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru serta implikasinya terhadap kinerja guru. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 11-29. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34383
Hanafi, S., & Faturohman, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus 2 SDN Kecamatan Baros Serang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 9(1). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v9i1.17556
Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2589
Hidayah, H., Abdullah, A., & Hasyim, S. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522
Marliyani, T., Irianto, D. M., & Prihantini, P. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 154-160. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927
Mukaddamah, I. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 5(01), 438-448. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5834
Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167
Pakaja, R. S., Aneta, A., & Pakaya, A. R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Di Wilayah Kabupaten Bone Bolango. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9(1).
Resmiati, A. R., Supriyanto, S., & Rachman, T. (2024). The Influence Of Transformational Leadership Style And Work Motivation On Teacher Performance Mediated By Work Discipline On Teachers Of MTs Al-Fathimiyah Karawang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 2529-2538. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i3.5839
Salmita, H., Novita, R., & Zahraini, Z. (2024). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Di Gugus V Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1160-1168. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.932
Saputra, D., Nataniel, R., Renaldi, R., & Jumarti, J. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Pt. Alonzo Tri Mulya Desa Rante Balla Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Journal Social Society, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.54065/jss.4.1.2024.504
Suhada, M. M. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di MI Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67-89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194
Widjaja, Y. R., & Ginanjar, A. (2022). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 47-56. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.692
Widyaningshih, M., & Haryani, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerjka Guru Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 249-265. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16072
Windiawan, W., Hartinah, S., & Habibi, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Journal of Education Research, 5(3), 2892-2903. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1387
Wulandari, D., Nugroho, E., Alifa, M. N., Aulia, P. K., & Aryani, V. (2022). The Influence of Work Motivation on Teacher's Pedagogical Competence. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 264-270. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.6694
Zahir, A., & Supriadi , S. . (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with JSGP agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.