Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan Transformatif Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Madiun

Authors

  • Sri Sunarni Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Purwoko Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khamidi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5754

Keywords:

Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Transformatif, Kinerja Guru, Kurikulum Merdeka

Abstract

Urgensi penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan implementasi Kurikulum Merdeka yang menuntut guru untuk mampu berinovasi, beradaptasi, dan memberikan pembelajaran yang bermakna secara fleksibel. Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan kesenjangan antara tuntutan kebijakan dengan kapasitas guru di lapangan, baik dari segi pemahaman substansi kurikulum, tingkat motivasi kerja, maupun efektivitas kepemimpinan kepala sekolah sebagai agen perubahan. Kinerja guru menjadi indikator krusial yang mencerminkan keberhasilan transformasi pendidikan di tingkat sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemahaman kurikulum, motivasi kerja, dan kepemimpinan transformatif terhadap kinerja guru SMP Negeri di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif dan metode survei korelasional. Sampel terdiri atas 235 guru SMP Negeri yang dipilih secara acak dari populasi sebanyak 571 guru, menggunakan rumus Slovin. Instrumen berupa kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, disebarkan secara daring melalui Google Form. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 29.0, mencakup uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa pemahaman kurikulum (X₁), motivasi kerja (X₂), dan kepemimpinan transformatif (X₃) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y), baik secara parsial maupun simultan, dengan nilai Adjusted R² sebesar 0,617. Kepemimpinan transformatif memiliki pengaruh dominan (β = 0,411). Hasil ini memberikan implikasi praktis bagi pemangku kepentingan pendidikan untuk memperkuat kapasitas guru dan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan, sistem insentif yang adil, serta kepemimpinan yang inspiratif dan partisipatif dalam mendukung keberhasilan Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, C., Fadila, L., Aini, N., & Rosiana, W. N. (2024). Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Perubahan Zaman pada Era Digital di SMP Negeri 27 Medan. Journal Social Society, 4(2), 127–137. https://doi.org/10.54065/jss.4.2.2024.502

Azijah, S. N., Rahmawati, R., Wahyudin, C., & Lydon, N. A. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Governansi, 10(1), 1-14. https://doi.org/10.30997/jgs.v10i1.11009

Benu, I. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar se-Kecamatan Takari Kabupaten Kupang. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 2(2), 82-93. https://doi.org/10.26740/jdmp.v2n2.p82-93

Fahrudi, E., & Zaini, A. (2019). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Iklim Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada SMK YPM 12 Tuban. Tadris: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 13(2), 86-102. https://doi.org/10.51675/jt.v13i2.68

Hafitriani, S. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi pedagogik guru serta implikasinya terhadap kinerja guru. Indonesian Journal of Digital Business, 1(1), 11-29. https://doi.org/10.17509/ijdb.v1i1.34383

Hanafi, S., & Faturohman, N. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di Gugus 2 SDN Kecamatan Baros Serang. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 9(1). https://dx.doi.org/10.62870/jtppm.v9i1.17556

Harmendi, M., Lian, B., & Wardarita, R. (2021). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. PRODU: Prokurasi Edukasi Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i2.2589

Hidayah, H., Abdullah, A., & Hasyim, S. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Literasi Siswa SMAN 9 Luwu melalui Modul Ajar Berbasis Budaya Luwu. Jurnal Dieksis ID, 4(2), 75–88. https://doi.org/10.54065/dieksis.4.2.2024.522

Marliyani, T., Irianto, D. M., & Prihantini, P. (2023). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 154-160. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v8i1.3927

Mukaddamah, I. (2024). Peran Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 5(01), 438-448. https://doi.org/10.37680/almikraj.v5i01.5834

Oupen, S. M., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 32-41. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Pakaja, R. S., Aneta, A., & Pakaya, A. R. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smp Di Wilayah Kabupaten Bone Bolango. Normalita (Jurnal Pendidikan), 9(1).

Resmiati, A. R., Supriyanto, S., & Rachman, T. (2024). The Influence Of Transformational Leadership Style And Work Motivation On Teacher Performance Mediated By Work Discipline On Teachers Of MTs Al-Fathimiyah Karawang. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 12(3), 2529-2538. https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i3.5839

Salmita, H., Novita, R., & Zahraini, Z. (2024). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Di Gugus V Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 6(4), 1160-1168. https://doi.org/10.38035/rrj.v6i4.932

Saputra, D., Nataniel, R., Renaldi, R., & Jumarti, J. (2024). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Pt. Alonzo Tri Mulya Desa Rante Balla Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu. Journal Social Society, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.54065/jss.4.1.2024.504

Suhada, M. M. (2021). Pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya sekolah, dan lingkungan sekolah terhadap kinerja guru di MI Islamiyah Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah. IBTIDA-Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 1(1), 67-89. https://doi.org/10.33507/ibtida.v1i1.194

Widjaja, Y. R., & Ginanjar, A. (2022). Pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 47-56. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.692

Widyaningshih, M., & Haryani, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Iklim Kerja Terhadap Kinerjka Guru Dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 249-265. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16072

Windiawan, W., Hartinah, S., & Habibi, B. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SD. Journal of Education Research, 5(3), 2892-2903. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1387

Wulandari, D., Nugroho, E., Alifa, M. N., Aulia, P. K., & Aryani, V. (2022). The Influence of Work Motivation on Teacher's Pedagogical Competence. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 8(02), 264-270. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v8i02.6694

Zahir, A., & Supriadi , S. . (2023). Refleksi Akhir Tahun Menggunakan Model 4F Berbasis Data Rapor Pendidikan Sekolah Penggerak. Jurnal Literasi Digital, 3(2), 51–63. https://doi.org/10.54065/jld.3.2.2023.278

Published

2025-05-18

How to Cite

Sunarni, S., Purwoko, B., Hazin, M., & Khamidi, A. (2025). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, dan Kepemimpinan Transformatif Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kota Madiun. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 8(1), 471–487. https://doi.org/10.30605/jsgp.8.1.2025.5754

Issue

Section

Regular Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.