KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muawwanah Muawwanah Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Nurdin Nurdin

Keywords:

Kepercayaan Diri, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh korelasi antara
kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD di kecamatan Burau.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah dasar yang ada di kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur pada semester
genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik Pengambilan subjek yaitu teknik sampling acak. Instrumen penelitian yaitu
angket kepercayaan diri, angket kemandirian belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh
dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu terdapat korelasi yang positif
antara 1) kepercayaan diri terhadap hasil belajar matematika, 2) kemandirian belajar terhadap hasil belajar
matemantika, 3) kepercayaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil bejalar matematika siswa kelas 5 SD di
kecamatan Burau babupaten Luwu Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. JIPMat, 1(2). 158-164.
Arends. (2008). Learning to Teach, Belajar untuk Mengajar Edisi-7. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN 1 Cihampleas. Journal On Education, 1(2), 382–389.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembanagan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Egok, A. S. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 186.
Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64.
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal on Education, 1(2), 288-296.
Fitriani, N. (2015). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Self Confidence Siswa SMP yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Euclid, 2(2), 251–365.
Hendriana, H. (2014). Membangun kepercayaan diri siswa melalui pembelajaran matematika humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60.
Ilyas, M. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Ilyas, M. (2011). Komparasi Proses dan Hasil Belajar Matematika yang Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Tipe TPS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Palopo. Jurnal Dinamika, 02(1), 51–61.
Jumarniati. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kreativitas Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X se Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125.
Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73-84.
Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 143–158.
Pratiwi, K. H., & Subanti, S. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Numbered Heads Together ( NHT ) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Pada Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik SMA Se – Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(5), 469–478.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administasi. Bandung: Alfabeta
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39.
Sumarmo, U. (2004). Kemandirian belajar: apa, mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. In Makalah pada Seminar Tingkat Nasional. FPMIPA UNY Yogyakarta.
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45
Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3).
Wahdaniah, W., Rahman, U., & Sulateri, S. (2017). Pengaruh Efikasi Diri, Harga Diri Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. MaPan, 5(1), 68–81. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a5
Zamsir, Masi, L., & Fajrin, P. (2015). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170–181.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Muawwanah, M., Ma'rufi, M., & Nurdin, N. (2020). KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 1–15. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/480

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>