PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503Keywords:
Media Pembelajaran, GeoGebra, Pemahaman KonsepAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Datok Sulaiman Palopo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D) yang dikembangkan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination). Subyek uji coba penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sebanyak 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media pembelajaran berbasis GeoGebra melalui 4 tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Hasil pengembangan berupa media pembelajaran berbasis GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil validasi ahli media 3,53 dan ahli materi 3,47 berada pada kategori tinggi dengan tingkat kevalidan valid. Hasil observasi keterlaksanaan penggunaan media sebesar 3,69 dengan rata-rata 89% media pembelajaran dapat dilaksanakan masuk kategori tinggi dengan tingkat kepraktisan praktis. Hasil tes penguasaan materi 81,81% siswa mencapai ketuntasan belajar dengan kemampuan pemahaman konsep 71,47% berada pada kategori cukup dengan nilai gain rata-rata 0,6 berada pada kategori sedang dan 94,27 siswa merespon positif sehingga memenuhi kriteria efektif.Downloads
Download data is not yet available.
References
Agung, S., Ma’rufi, M., & Ilyas, M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Media Aplikasi Geogebra Pada Materi Geometri Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills Siswa. MaPan, 7(2), 194–210. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n2a3
Asryana, A., Sanapiah, S., & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836
Bayu, W., Zulkifli, D., & Syaputra, A. (2018, January). Pacu Berfikir Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Media Pustakawan, 8, 1–56. Retrieved from https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Layout-Majalah-Ristekdikti-I-2018-Update-Page-20180426.pdf
Hadiyanti, R. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra untuk Pembelajaran Matematika. Jogyakarta: PPPPTK Matematika.
Hobri. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.
Marufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67.
NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics Overview. Reston, Virginia: The NCTM, Inc.
Novianti, R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra pada Materi Kubus dan Balok. Universitas Negeri Makassar.
Parta, I. N. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru Melalui Pengajuan Pertanyaan. UNESA.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.
Ramdhani, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak GeoGebra. JES-MAT, 3(2), 95–110.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafitri, Q., Mujib, M., Netriwati, N., Anwar, C., & Wawan, W. (2018). The Mathematics Learning Media Uses Geogebra on the Basic Material of Linear Equations. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2160
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Asryana, A., Sanapiah, S., & Kinasih, I. P. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Media Pendidikan Matematika, 5(2), 107. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1836
Bayu, W., Zulkifli, D., & Syaputra, A. (2018, January). Pacu Berfikir Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Media Pustakawan, 8, 1–56. Retrieved from https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Layout-Majalah-Ristekdikti-I-2018-Update-Page-20180426.pdf
Hadiyanti, R. (2012). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education., 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.262
Hidayat, F. N., & Tamimuddin, M. (2015). Pemanfaatan Aplikasi GeoGebra untuk Pembelajaran Matematika. Jogyakarta: PPPPTK Matematika.
Hobri. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.
Marufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman konsep geometri mahasiswa berdasarkan gaya kognitif mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 56–67.
NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics Overview. Reston, Virginia: The NCTM, Inc.
Novianti, R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra pada Materi Kubus dan Balok. Universitas Negeri Makassar.
Parta, I. N. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry untuk Penghalusan Pengetahuan Matematika Mahasiswa Calon Guru Melalui Pengajuan Pertanyaan. UNESA.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan GeoGebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122.
Ramdhani, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak GeoGebra. JES-MAT, 3(2), 95–110.
Rochmad. (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(1), 59–72.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafitri, Q., Mujib, M., Netriwati, N., Anwar, C., & Wawan, W. (2018). The Mathematics Learning Media Uses Geogebra on the Basic Material of Linear Equations. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/ajpm.v9i1.2160
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra (Program Aplikasi Pembelajaran Matematika). Palembang: NoerFikri Offset.
Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.
Downloads
Published
2021-02-28
How to Cite
Anggraeni, E. R. ., Ma'rufi, M., & Suaedi, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 43–55. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.503
Issue
Section
Articles
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal.
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
License and Copyright Agreement
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.