KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BERPIKIR ACAK ABSTRAK DAN SEKUENSIAL ABSTRAK

Authors

  • Nurhami Nurhami SMA Negeri 9 Luwu
  • Suaedi Suaedi Universitas Cokroaminoto Palopo
  • Ma'rufi Ma'rufi Universitas Cokroaminoto Palopo

DOI:

https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1390

Keywords:

Komunikasi, Gaya Berpikir

Abstract

Penelitian ini bertujuan unntuk menggambarkan kemampuan komunikasi matematika siswa berdasarkan gaya berpikir yang dimiliki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMAN 9 Luwu. Subjek penelitian yaitu 1 siswa yang memiiki gaya berpikir acak abstrak dan 1 siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak. Instrumen dalam penelitian in yaitu peneliti sebagai instrumen utama,  serta ter gaya berpikir, tes kemampuan komunikasi dan pedoman wawancara sebagai instrumen pendukung. Teknik triangulasi yang digunakan adalah triangulasi metode. Data yang diperoleh dianalisis mengacu pada teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini yaitu: 1) subjek acak abstrak dalam memahami wacana mampu menyampaikan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada masalah secara lisan, namun tidak menuliskan informasi yang ditanyakan, dan tidak mampu menyampaikan kesimpulan hasil penyelesaian. Kemampuan tata bahasa, subjek menggunakan simbol dan istilah matematika yang kurang sesuai. Kemampuan strategis, subjek mampu menyampaikan metode penyelesaian dengan menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut tapi tidak selesai. Sehingga tidak memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematika, dan 2) subjek sekuensial abstrak dalam memahami wacana mampu menyampaikan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada masalah secara lisan dan tertulis dan mampu menyampaikan kesimpulan hasil penyelesaian secara lisan dan tertulis. Kemampuan tata bahasa, subjek menggunakan simbol dan istilah matematika yang sesuai. Kemampuan strategis, subjek mampu menyampaikan metode penyelesaian dengan menuliskan langkah-langkah penyelesaian secara runtut dan benar. Sehingga memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fauzi, F. A., Ratnaningsih, N., Rustina, R., & Nimah, K. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari gaya berpikir gregorc. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(2), 96-107.

Kurniawati, W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menurut Polya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Berpikir Gregorc Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Gondang Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Lestanti,M.M., Isnarto & Supriono (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 16-23.

Moleong, L, J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja. Rosdakarya

Muflihah, I. S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya berpikir peserta didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1).

Permata, Kartono, & Sunarmi. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Pada Model Pembelajaran Tsts Dengan Pendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2), 127– 133.

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv. Journal On Education, 1(2), 344–352.

Santrock, J. W. (2004). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.

Sudjana, D. (2005). Strategi Pembelajaran. Bandung: Falah Production.

Zakir, M. (2015). Description Of Logical Reasoning In Solving Mathematics Problemss Based On Students’thinking Style Of Students At SMPN 2 Pinrang. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 152-165.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Nurhami, N., Suaedi, S., & Ma'rufi, M. (2022). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN GAYA BERPIKIR ACAK ABSTRAK DAN SEKUENSIAL ABSTRAK. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49–56. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1390

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>